Sangihe

Gubernur-Wagup Sulut Hadiri HUT Daerah Kepulauan Sangihe ke 595

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 01 February 2020 06:52   217 kali
TAHUNA (BK): Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe melaksanakan 
Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam rangka hari ulang tahun (HUT)Daerah Kepulauan Sangihe ke 595, 
Petahendung Ellong Penanara Karatuang U Tampungang Lawo Ka 595 Ne Su Taunge, Jumat (31/01/2020), sekitar pukul 10.47 Wita, di gedung DPRD setempat. 
 
Pelaksanaannya dipimpin oleh Ketua DPRD Josephus Kakondo, turut hadir Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey bersama ibu dan Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw bersama ibu, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe Helmud Hontong SE, Sekretaris Provinsi  Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen, Forkopimda Provinsi Sulawesi Utara dan utusan atau perwakilan, Bupati Kepulauan Sangihe periode 2011-2016 Drs Winsulangi Salindeho, aggota DPRD Provinsi Sulut Toni Supit, anggota DPRD Kabupaten Sangihe, instansi atau lembaga terkait, tokoh agama tokoh masyarakat dan tokoh adat, serta undangan. 
 
Tarian sasambo ditampilkan saat akan memulai kegiatan tersebut. 
Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe Josephus Kakondo menyampaikannya dalam bahasa daerah Sangihe dan bahasa Indonesia, yakni ketika kita dalam suasana tahun baru dan merayakan hari ulang tahun (HUT) Daerah Kepulauan Sangihe ke 595, harus mengalami ujian, tanggal 3 Januari 2020, sejumlah kampung ditimpa banjir bandang dan tanah longsor, kehilangan harta benda dan kerusakan lingkungan. Ini merupakan peringatan dan hikmah dari Tuhan, semoga diberikan kekuatan dan ketabahan. 
 
"Terima kasih kepada Badan Penanggulangan Bencana Nasional, Gubernur Sulawesi Utara melalui Asisten yang turun langsung ke lokasi bencana, Walikota Manado GSV Lumentut, dan semua pihak yang telah berpartisipasi aktif, kiranya meringankan beban yang dialami," kata dia. 
 
Lanjut dijelaskan, peringatan HUT Daerah Kepulauan Sangihe ke 595 merupakan eksistensi penduhulu kita, agar menjadi generasi masa kini, dan punya semangat patriotisme. 
 
"Momentum ini demi pembangunan NKRI, berprestasi demi meraih cita-cita yang lebih baik. Program Presiden Joko Widodo, membangun dari pinggiran, pemerintah Sulawesi Utara (Sulut) juga dapat menunjang pembangunan demi kesejahteraan rakyat. Serta sejumlah penghargaan pemerintah daerah tahun 2019 telah.yang diraih," tambah dia. 
 
Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dalam sambutannya menyampaikan, seperti diketahui, hari Jumat, dilaksanakan program konsumsi makanan lokal, serta agenda pelayanan publik dan pemerintahan menggunakan bahasa daerah. 
 
"Mari kita menyembah berterima kasih kepada Tuhan, kita dipertemukan di gedung DPRD dalam rangka HUT Daerah Kepulauan Sangihe ke 595. Wujud terima kasih kepada Tuhan," kata dia.
 
Pula Bupati berterima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur yang telah hadir, para rombongan dari provinsi Sulawesi Utara (Sulut), selamat datang bagi kita semua di Kabupaten Kepulauan Sangihe. 
 
"Juga terima kasih kepada pemerintah pusat, TNI-Polri, dan instansi atau lembaga terkait. Kabupaten Kepulauan Sangihe di wilayah perbatasan NKRI," terang dia.
 
Juga Bupati menyampaikan sejumlah prestasi yang diraih tahun 2019, diantaranya lenghargaan WTP Tahun 2019, Adipura, penghargaan PWI, piala wahana tata nugraha, JKN, RSD Liun Kemfahe Terakreditasi, penghargaan HAM, Porprov di Bitung sejumlah medali. 
 
"Selamat HUT Daerah Kepulauan Sangihe atau Tampungan Lawo ke 595. Kebaikan dan pertolongan Tuhan. Tuhan memberikan kekuatan bagi kita semua," tutup Bupati. 
 
Sementara itu Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menyampaikan pujian syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dalam perjalanan dan telah hadir di sini, dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Daerah Kepulauan Sangihe ke 595, dalam rapat paripurna istimewa, dalam keadaan sehat. 
 
"Semua karena kasih dan karunia Tuhan. Hadir lengkap, hampir 4 tahun pemerintahan, baru kali ini hadir lengkap. HUT Daerah Kepulauan Sangihe ke 595 menjadi momentum bagi kita semua rakyat Sulawesi Utara (Sulut), khususnya di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Ini tahun yang baik, pembangunan ke depan Sulut, termasuk di Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan beberapa daerah, Minut Bolmong. Tuhan berpihak kepada Sulawesi Utara (Sulut)," ucapnya. 
 
Lebih lanjut disampaikan, harga kopra naik, kita selalu bersyukur, kita percaya dan punya keyakinan, melakukan koreksi dan dukungan. Jabatan yang ada suaru kebijakam yang baik bagi manusia, yang dipercayakan Tuhan, ini menjadi tugas kita semua. 
 
"Bila mau maju kita haris kerjakan bersama-sama. Kesepakatan dalam setiap acara, makan makanan lokal, makan ubi, untuk tingkatkan ekonomi. Contoh sederhana, sumberdaya yang ada kita topang terus," terang dia. 
 
Pula dijelaskannya, tantangan jauh dari pusat pemerintahan, jangan terlalu manja, tapi karena ada tantangan, maka bisa berhasil, berhasil dari Sangihe, pulau. 
 
"Jangan merasa dianaktirikan, anak tiri tapi berhasil, orang pulau. Masyarakat harus tahu, bisa ajak pengusaha-pengusaha Jakarta asal Sangihe kembali ke Sangihe. Hambatan-hambatan kita kerjakan bersama. Seperti beberapa waktu lalu, Lion Air tak terbang selama 1 bulan, harus ada kerja sama. Kalau kita secara bersama, kita akan suskes," tukasnya. 
 
Gubernur juga menyampaikan, kebersamaan dalam pembangunan di Kabupaten Kepulauan Sangihe harus dilaksanakan, mensinergitkan pembangunan daerah, potensi belum digarap dengan baik. Pariwisata berdampak positif, juga di Kabupaten Kepulauan Sangihe, malah kalau bisa saya akan bawa pemerhati pariwisata ke Sangihe. 
 
"Mari kita poles menjadi tujuan pariwisata, perlihatkan sumberdaya. Hampir 150 orang Sulut di China berteriak mengeluh virus corona, ada yang belajar jadi perawat interpreter, pariwisata. Puji Tuhan, sudah 1 minggu, turis masuk dari China.  Masih 500 orang tinggal di Manado, sampai habis masa tinggal. Mudah-mudahan selesai, turis datang kemari," ungkap dia. 
 
Juga dijelaskan, dalam mempercepat pembangunan secara bersama-sama, tujuan bersama kita ciptakan, syukur-syukur kalau rakyat masih suka, kembali maju. Semua apa yang Tuhan berikan, kita semua ciptakan, kita saling berbaik hati, jangan mudah terprovokasi. 
 
"Kalau ada masalah langsung dikomunikasikan, juga sudah dijelaskan mengenai sejarah Sangihe. Jaga terus persatuan dan kesatuan, karena aparat keamanan sudah siap mengamankan. Nantinya bulan April 2020 akan ada penyelenggaraan Paskah Nasional di Sulawesi Utara (Sulut) dan Kongres Kerukanan Antar Umat Beragama. Kita jaga terus, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa menyertai kita semua dalam membangun daerah secara bersama-sama," tutup Gubernur. 
 
Di akhir kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe Josephus Kakondo mengatakan, dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, rapat paripurna istimewa telah selesai dan dinyatakan ditutup. 
 
Usai rapat paripurna istimewa DPRD tersebut, dilanjutkan dengan penandatanganan sejumlah prasasti oleh Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey. 
 
Juga dilangsungkan penyerahan bonus bagi para atlet yang telah meraih medali saat mengikuti ajang Porprov Sulut di Kota Bitung, beberapa waktu lalu. 
 
Tak hanya itu, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menyerahkan bantuan bagi para korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kampung Lebo Kacamatan Manganitu dan beberapa kampung lainnya berupa beras sebanyak 8.000 kilogram, dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan rombongan turun langsung ke lokasi bencana alam tersebut untuk memberikan bantuan bagi masyarakat korban bencana alam di Kampung Lebo Kecamatan Manganitu dan kampung lainnya. 
 
(fad/bk-10) 
 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
24 Nov 2020 / dibaca 135 kali
Kapolsek Tamako Ipda M Idwan Mahalieng menggunakan APD untuk memakamkan jenazah yang reaktif rapid tes di Kampung Menggawa, Kecamatan Tamako,...
Sangihe
24 Nov 2020 / dibaca 75 kali
TAHUNA (BK) : Dalam rangka menjaga keharmonisan dan kekompakan bersama warga binaan, Babinsa selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Seperti...
Sangihe
24 Nov 2020 / dibaca 87 kali
TAHUNA (BK) : Kegiatan interaksi secara langsung dengan masyarakat di desa binaan, merupakan salah satu bagian tugas Babinsa di bidang binter....
Sangihe
24 Nov 2020 / dibaca 57 kali
TAHUNA (BK) : Menjaga dan memelihara sarana dan prasarana di desa atau kampung merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat. Babinsa Koramil...
Sangihe
24 Nov 2020 / dibaca 62 kali
TAHUNA (BK) : Guna menjaga kemampuan fisik prajurit melalui Minggu Militer yang dilaksanakan pada minggu ke 4 setiap sebulan sekali, prajurit...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.