Sangihe

Hari Ketiga Bahas Anggaran RAPBD Tahun 2020

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 23 November 2019 06:01   167 kali

TAHUNA (BK): Memasuki hari ketiga, rapat agenda pembahasan Rancangan Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2020, masih tetap alot, eksekutif legislatif dan Badan Anggaran (Banggar), Jumat (22/11/2019), di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Maikel Thungari, serta turut dihadiri Ketua DPRD Josephus Kakondo, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME, serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).

Dalam pembahasan tersebut, berlangsung tanya jawab pada beberapa OPD terkait mengenai alokasi anggaran yang disiapkan.

Salah satunya Frijon Sampakang, anggota DPRD setempat yakni menanyakan tentang honor guru di tiap sekolah serta sekolah-sekolah yang tidak ada tenaga pengajar atau guru.

"Tolong baigmana anak-anak kita di, kebanyakan tak ada guru. Apa solusi, penambahan guru tiap sekolah sangat membutuhkan, kalau sekolah inpres, negeri. Ada juga sekolah guru kelas satu hanya satu," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Kepulauan Sangihe, Djoli Mandak menjelaskan, akan berupaya menindaklanjutinya secara optimal.

Selanjutnya, pembahasan terhadap anggaran di Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Kepulauan Sangihe,  oleh salah satu anggota DPRD setempat, D Gaghana, yakni menanyakan tentang perjalanan dinas (jaldis) luar daerah dan dalam daerah agar bisa dirinci.

Menanggapinya, Kepala Dinkes Pemkab Kepulauan Sangihe dr Joppy Thungari MKes menjelaskan, anggaran yang ada mencakup puskesmas dan Rumah Sakit (RS) Liun Paduli.

"Untuk Puskesmas Rp6 milyar lebih, Dinkes Rp1,9 milyar, bersumber dari Dana Operasional Kesehatan (DOK) ,juga untuk promosi kesehatan dan pencegahan penyakit, yakni posyandu, pelayanan anak sekolah.  Guna penuhi standar pelayanan kesehatan, menunjang kegiatan puskesmas," jelas dia.

Pula ditambahkan, perjalan dinas luar daerah Rp2,5 milyar, Dinkes 1 milyar lebih, karena tahun depan 5 puskesmas yang akan diakreditasi.

"Juga pengambilan obat vaksin di Manado, pelayajan kesehatan DOK, prohram Indonesia sehat peningkatan keluarga," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Maikel Thungari mengatakan, puskesmas laksanakan perjalanan daerah, juga perlu adanya pengawasan instansi terkait dan menjadi perhatian bersama.

Pula Ketua DPRD Josephus Kakondo menjelaskan, perlunya agar bisa ukur kinerja puskesmas, belanja modal yang ditetapkan juga bersama lokasi. Terhadap pembahasan Dinkes tersebut, Frijon Sampakang, salah anggota DPRD mengatakan kalau untuk pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) bisa dibangun melalui dana alokasi umum (DAU).

Rapat pembahasan diskors pukul 11.00 Wita, dan dilanjutkan pukul 13.00 Wita.
Pada pembahasan berikutnya yakni Ketua DPRD Josephus Kakondo, mengusulkan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemkab Kepulauan Sangihe terhadap pembangunan infrastruktur yang belum optimal agar didorong, dan sudah yang dibangun namun belum dimanfaatkan.

Menanggapi usulan tersebut, Kadis PUPR setempat, G Londo menjelaskan, anggaran yang tersedia, diantaranya akan digunakan untuk pembangunan jalan dan perbaikan jalan, jaringan irigasi, jalan raya Kampung Dalokaweng-Lehupu.
Hingga pukul 15.00 Wita, agenda pembahasan masih berlangsung.

(fad/bk-10)    

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
02 Apr 2020 / dibaca 31 kali
TAHUNA (BK) : Guna memastikan penerapan harga kebutuhan pokok di wilayah-wilayah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemerintah...
Sangihe
01 Apr 2020 / dibaca 64 kali
TAHUNA (BK) : Segala upaya pencegahan penyebaran wabah virus corona atau covid 19, terus dilakukan di setiap daerah, salah satunya yang...
Sangihe
01 Apr 2020 / dibaca 40 kali
TAHUNA (BK) : Guna menghindari penyebaran virus corona atau covid 19, Babinsa Koramil 1301-07/Tabut, Serda Hayat, melaksanakan pendampingan...
Sangihe
01 Apr 2020 / dibaca 53 kali
TAHUNA (BK) : Dalam rangka menyambut Hari Raya Paskah, Babinsa Koramil 1301-07/Tabut, Serka Ridatson, bersama warga jemaat GMIST Rehobot Mala...
Sangihe
01 Apr 2020 / dibaca 57 kali
TAHUNA (BK) : Guna mencegah penyebaran virus corona atau covid 19, anggota Kodim 1301/Sangihe melaksanakan olahraga ringan dan dilanjutkan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.