Sangihe

Iuran BPJS Kesehatan Bakal Naik

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 18 September 2019 21:04   104 kali

TAHUNA (BK): Adanya kemungkinan kenaikan iuran BPJS Kesehatan di  seluruh wilayah tanah air, tentunya juga diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe yang selama ini tetap mengakomodir publik atau masyarakat setempat.


Menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Kepulauan Sangihe, Drs Tajudian Sainkadir, terhadap kenaikan iuran BPJS Kesehatan tersebut, tentunya tak berpengaruh dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat.


"Kecuali BPJS Kesehatan peserta mandiri, dimungkinkan akan kenaikan iurannya. Tapi dengar-dengar iuran kelas III BPJS Kesehatan tak ada kenaikan," tandasnya.


Lanjut dijelaskan, untuk BPJS Kesehatan ini ada yang ditanggung oleh yang ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).


"Dinas Sosial (Dinsos) yang menangani BPJS yang dibiayai oleh APBN. Yang diutamakan adalah pelayanan kesehatan untuk masyarakat tetap optimal," kata dia.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Kepulauan Sangihe dr Joppy Thungari MKes mengatakan untuk BPJS Kesehatan rencananya akan ada kenaikan oleh pemerintah, namun berapa kenaikannya belum diketahui dengan pasti.


"Perpres belum keluar, dan berapa kenaikannya belum keluar. Wacana ini diusulkan, namun kita akan menyesuaikan," jelasnya.


Pula disampaikan, kalaupun sudah ada Perpres, maka bisa saja berlaku 1 Januari 2020 mendatang. Maka iuran yang tetap, berlaku hingga Desember 2019.


"BPJS Kesehatan yang ditanggung APBD sebanyak 50 ribu peserta, dengan alokasi anggaran di tahun 2019 senilai Rp16 milyar. Kalaupun memang akan naik 100 persen iuran BPJS Kesehatan, maka bisa-bisa anggaran di tahun 2020 mencapai Rp30 milyar," terangnya.


Dia juga menambahkan, meski begitu, sudah dikonsultasikan ke Tim Anggaran, dan hingga kini masih menunggu Perpres.



(fad/bk-10) 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
09 Oct 2019 / dibaca 76 kali
 TAHUNA (BK): Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten kepulauan Sangihe melaksanakan kegiatan manasik haji cilik (MHC), Rabu...
Sangihe
09 Oct 2019 / dibaca 80 kali
TAHUNA (BK): Diduga karena penerapan harga bahan bakar minyak berupa avtur (bahan bakar pesawat) terlalu tinggi di Bandara Soekarno-Hatta hanya...
Sangihe
09 Oct 2019 / dibaca 89 kali
TAHUNA (BK)Pelaksanaan upacara bendera yang rutin dilaksanakan kodim 1301/Sangihe setiap hari senin bertempat di lapangan upacara Makodim kali...
Sangihe
08 Oct 2019 / dibaca 98 kali
TAHUNA (BK): Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, Ernist Unas SPi MSi mengatakan, untuk...
Sangihe
08 Oct 2019 / dibaca 105 kali
TAHUNA (BK): Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME, dangan tegas mewarning para Camat....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.