Sangihe

Jangan Buang Sampah Sembarang Tempat

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 14 February 2020 16:05   232 kali
TAHUNA (BK): Babinsa Koramil 1301-10/Marore Sertu Jon Kaelung  menghimbau warga tentang  pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan ke dalam selokan (drainase) , di Kampung Pulau Marore Kecamatan Kepulauan Marore, Kamis (13/02/2020).    
 
Saat Babinsa berkunjung di kampung yang merupakan wilayah binaan , Babinsa melihat pemandangan tak sedap mata saat melintas jalan di Lindongan 1 Kampung Pulau Marore, terlihat tumpukan sampah, mulai dari sampah popok, kulit durian, sampah plastik dan sampah rumah tangga lainnya yang dibuang disana.   Tentunya pemandangan seperti ini akan menimbulkan aroma yang tak sedap dan dapat menimbulkan penyakit dari tumpukan sampah itu. 
 
Dedi Barahama, salah-satu warga setempat yang tinggal tak jauh dari tempat itu mengaku, resah dengan banyaknya warga yang membuang sampah sembarangan.    
 
“Setahu saya tidak boleh buang sampah sembarangan, apalagi disini tidak ada tong sampah yang disiapkan khusus oleh pemerintah.  Apabila musim hujan, berdampak terjadinya penyumbatan saluran air dan menimbulkan air naik ke jalan perkampungan," kata dia.    
 
Sementara itu,  Babinsa Babinsa Koramil 1301-10/Marore Sertu Jon Kaelung mengatakan, musim penghujan saat ini, tumpukan sampah bisa menjadi sarang nyamuk dan sumber penyakit lain.   
 
“Kalau dibiarkan terus kan bisa jadi sarang nyamuk. Apalagi tempatnya yang dekat dengan perumahan bisa saja nyamuknya DBD juga ikut menyebar,” ucapnya.   
 
Dia juga menambahkan, kalau hal ini dibiarkan, pasti warga menganggap diperbolehkan buang sampah di sini dan akan semakin banyak sampah yang menumpuk.     
 
"Saya akan berkoordinasi dengan kepala kampung untuk bagaimana solusi terbaiknya, atau kalau boleh disiapkan bak sampah,” tambah Babinsa.
 
(fad/bk-10)
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
30 Jul 2020 / dibaca 83 kali
TAHUNA (BK) : Guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19, aktivitas belajar mengajar di sekolah pun diliburkan. Sebagai solusinya proses...
Sangihe
30 Jul 2020 / dibaca 63 kali
TAHUNA (BK) : Curah hujan tinggi yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe beberapa pekan terakhir mengakibatkan longsoran tanah di beberapa...
Sangihe
29 Jul 2020 / dibaca 94 kali
TAHUNA (BK) : Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr Joppy F Thungari MKes...
Sangihe
29 Jul 2020 / dibaca 148 kali
TAHUNA (BK) : Kepedulian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) yakni Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw...
Sangihe
29 Jul 2020 / dibaca 125 kali
TAHUNA (BK) : Demi keamanan dan ketertiban Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap IV, di Kampung Bira Kecamatan Tabukan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.