Sangihe

Jangan Buang Sampah Sembarang Tempat

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 14 February 2020 16:05   66 kali
TAHUNA (BK): Babinsa Koramil 1301-10/Marore Sertu Jon Kaelung  menghimbau warga tentang  pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan ke dalam selokan (drainase) , di Kampung Pulau Marore Kecamatan Kepulauan Marore, Kamis (13/02/2020).    
 
Saat Babinsa berkunjung di kampung yang merupakan wilayah binaan , Babinsa melihat pemandangan tak sedap mata saat melintas jalan di Lindongan 1 Kampung Pulau Marore, terlihat tumpukan sampah, mulai dari sampah popok, kulit durian, sampah plastik dan sampah rumah tangga lainnya yang dibuang disana.   Tentunya pemandangan seperti ini akan menimbulkan aroma yang tak sedap dan dapat menimbulkan penyakit dari tumpukan sampah itu. 
 
Dedi Barahama, salah-satu warga setempat yang tinggal tak jauh dari tempat itu mengaku, resah dengan banyaknya warga yang membuang sampah sembarangan.    
 
“Setahu saya tidak boleh buang sampah sembarangan, apalagi disini tidak ada tong sampah yang disiapkan khusus oleh pemerintah.  Apabila musim hujan, berdampak terjadinya penyumbatan saluran air dan menimbulkan air naik ke jalan perkampungan," kata dia.    
 
Sementara itu,  Babinsa Babinsa Koramil 1301-10/Marore Sertu Jon Kaelung mengatakan, musim penghujan saat ini, tumpukan sampah bisa menjadi sarang nyamuk dan sumber penyakit lain.   
 
“Kalau dibiarkan terus kan bisa jadi sarang nyamuk. Apalagi tempatnya yang dekat dengan perumahan bisa saja nyamuknya DBD juga ikut menyebar,” ucapnya.   
 
Dia juga menambahkan, kalau hal ini dibiarkan, pasti warga menganggap diperbolehkan buang sampah di sini dan akan semakin banyak sampah yang menumpuk.     
 
"Saya akan berkoordinasi dengan kepala kampung untuk bagaimana solusi terbaiknya, atau kalau boleh disiapkan bak sampah,” tambah Babinsa.
 
(fad/bk-10)
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
16 Feb 2020 / dibaca 383 kali
TAHUNA (BK): Guna menyikapi himbauan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, tentang pelaporan dan transparansi dana Bantuan...
Sangihe
15 Feb 2020 / dibaca 77 kali
TAHUNA (BK): Kerjasama dan kekompakan Babinsa dan warga, nampak seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 1301-05/Tahuna Kopda Gustaf bersama...
Sangihe
15 Feb 2020 / dibaca 47 kali
TAHUNA (BK): Babinsa Koramil 1301-01/Tagulandang, Serda Joni bersama warga membantu pembangunan rumah Keluarga Agris- Mangoto, di Desa Kisihang...
Sangihe
15 Feb 2020 / dibaca 70 kali
TAHUNA (BK): Babinsa Koramil 1301-06/Kendahe, Kopka Charles Takasiaheng melaksanakan pendampingan kegiatan posyandu di Kampung Kendahe I...
Sangihe
15 Feb 2020 / dibaca 65 kali
TAHUNA (BK): Babinsa Koramil 1301-04/Manganitu Sertu Vanderwyn Benjamin bersama masyarakat membantu mengangkat pasir milik Keluarga...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.