Sangihe

Jotri Diduga Hilang di Perairan Sangihe

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 14 January 2018 18:50   300 kali

TAHUNA (BK): Pergi memancing di laut, seorang nelayan bernama Jotri Mandiangan (30), warga Kelurahan Kolongan Akembawi Kecamatan Tahuna Barat, diduga dinyatakan hilang di perairan laut Sangihe, sejak Sabtu (13/1/2018).

 

Guna membantu proses pencarian terhadap korban, keluarga Boy Kaontole dan Ratna Dalope, didampingi beberapa kerabat  dan teman, serta Lurah Kolongan Akembawi Kecamatan Tahuna Barat Romel Mose Hanibe, secara bersama melapor di Markas Komando (Mako) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna, Minggu (14/1/2018), sekitar pukul 09.50 Wita. 

 

Kedatangan keluarga disambut baik Palaksa Lanal Tahuna Letkol laut (KH) Sutarto Wilson SH MH, Lettu Dirmanto (Kaurpamgal), dan Letda laut (P) Abdul Hadi (Paga Divisi). 
 

Dari informasi yang disampaikan keluarga, bisa diperoleh identitas dan ciri-ciri korban yakni bernama lengkap Jotri Mandiangan, berumur 30 tahun, warga Kelurahan Akembawi Kecamatan Tahuna Barat, beragama Kristen Protestan, dan memiliki ciri-ciri kulit putih, tinggi 160 cm, badan kurus, memakai sweater biru dan kaos putih, menggunakan perahu pakura biru dan lis putih. 
 

Menurut informasi yang disampaikan pihak keluarga selaku pelapor korban bernama Jotri Mandiangan, berangkat melaut sekitar pukul 07.00 Wita, Sabtu (13/1/2018), yakni dari pesisir pantai Kolongan Akengbawi.
 

Pula diperoleh informasi terhadap saksi berna Epang Langit (26), warga Kelurahan Akembawi Kecamatan Tahuna Barat yang berprofesi sebagai nelayan, pun pernah bertemu korban, yakni sebelum korban hilang di laut.

 

Sekitar pukul 12.05 Wita  Epang Langit memancing di laut, dan bertemu dengan korban Jotri Mandiangan, dan berkomunikasi. Sempat diajak Epang Mandiangan untuk pulang, dikarenakan sudah hari sudah siang. Namun korban menyampaikan kepada Epang Mandiangan akan melanjutkan memancing menuju Rompon 3 yang jaraknya kurang lebih 12 mil dari daratan.

 

Pada Minggu (14/1/2018),keluarga korban resah karena semenjak Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 07.00 Wita, sampai saat ini belum tiba atau pulang. Lalu melaporkan kejadian tersebut ke Basarnas maupun Lanal Tahuna.
 

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Setiyo Widodo SE MSi melalui Palaksa Lanal Tahuna Letkol Laut (KH) Sutarto Wilson SH MH membenarkan kejadian itu. 

 

"Tindakan yang diambil pihak Lanal Tahuna yaitu melaksanakan SAR menggunakan Kal PSH 1-8-31, menggunakan pantauan Satradar Posal Bungalawang. Keluarga korban beserta pelapor akan ikut onboat menggunakan Kal PSH 1-8-31 untuk melaksanakan SAR," kata dia.

 

Sementara itu, informasi dari Polsek Tahuna terkait info orang hilang di laut, yakni sekitar pukul 22.45 Wita melakukan koordinasi dengan pihak keluarga Mandiangan-Kaontole di Kelurahan Kolongan Akembawi Kecamatan Tahuna Barat, yakni seorang pria bernama Jotri Doni Mandiangan, umur 29 Tahun, warga Kelurahan Kolongan Akembawi Kecamatan Tahuna Barat.

 

Berdasarkan keterangan istri Jotri Doni Mandiangan bernama Sigrid Stella Kaontole (31), warga yang sama, bahwa sejak Sabtu (13/1/2018), sekitar pukul 07.00 Wita, suaminya pergi memancing ke laut dengan menggunakan perahu jenis Pakura, sampai dengan saat ini belum kembali/pulang ke rumah.

 

Tindakan yang dilakukan keluarga yaitu mencari lelaki Jotri Doni Mandiangan dengan menggunakan 2 perahu jenis pambut, sampai saat ini masih di lakukan pencarian. 

 

Kapolres Sangihe dan mencakup wilayah Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) AKBP I Dewa Made Adnyana SIK SH melalui Paur Humas Ipda Nur membenarkan kejadian dimaksud. 
"Tindakan Polsek Tahuna meminta kerja sama dengan babinsa Kolongan Akembawi untuk memberikan informasi jika sudah ada perkembangan lanjut dari pihak keluarga," jelasnya.

 

(fad/bk-1)   

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
14 Jun 2018 / dibaca 445 kali
TAHUNA (BK): Meski masih beberapa hari lagi hari raya Idul Fitri 1439 H akan dirayakan, ternyata ada juga bahan makanan yang mengalami...
Sangihe
13 Jun 2018 / dibaca 493 kali
TAHUNA (BK): Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liun Kendage Tahuna membutuhkan dua dokter spesialis Patalogi.   Hal ini disampaikan...
Sangihe
13 Jun 2018 / dibaca 489 kali
TAHUNA (BK): Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong SE menghadiri penutupan Hari Pekabaran Injil (HPI) ke 161 tahun dan Hari...
Sangihe
13 Jun 2018 / dibaca 0 kali
TAHUNA (BK): Mengakomodir komponen-komponen terkait untuk memacu percepatan pembangunan tentunya memerlukan dukungan bersama untuk memberikan...
Sangihe
13 Jun 2018 / dibaca 517 kali
TAHUNA (BK): Tak hanya ditangani pemerintah daerah, namun penting untuk selalu mengakomodir komponen terkait untuk menunjang kemajuan daerah...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.