Sangihe

Kampung Hesang Deklarasikan Stop BABS

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 20 September 2019 21:16   87 kali

TAHUNA (BK): Tim Verifikasi Kabupaten Sehat dan Kampung Sehat dari Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Dalam Negeri, didampingi Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe Helmud Hontong SE beserta rombongan menghadiri acara Deklarasi Stop  Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang digelar Rabu, (18/9/2019) di Kampung Hesang, Kecamatan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe.


Dalam hal ini Stop BABS merupakan salah satu poin dari program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Hal itu merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku hieginis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat, dengan cara pemicuan dimana penyelenggaraan STBM bertujuan untuk mewujudkan perilaku masyarakat yang hieginis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya.


Kampung Hesang sendiri merupakan salah satu kampung di kecamatan Tamako yang melaksanakan program gerakan STBM pada pilar pertama yaitu Stop BABS dan pelaksanaan nya sudah dilakukan semenjak tahun 2017.


Menurut Kapitalaung Kampung Hesang, Yeni Tely Mahengkeng, data yang diperoleh dari rapat pleno bersama tim verifikasi dan masyarakat di Kampung Hesang menunjukkan bahwa sudah tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan.


"Dari total 93 KK telah memiliki fasilitas jamban sehat permanen, semi permanen, sharing dan sederhana," ungkapnya.


Secara keseluruhan, Kampung Hesang dinilai siap untuk deklarasi Stop BABS.
Kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat Hesang ini mendapat respon positif dari Staf Kementerian Kesehatan RI, Lucky Aris suryono SKM MKES.


Aris Suryono sendiri mengapresiasi pencapaian Sangihe sebagai satu-satunya Kabupaten Kepulauan yang berada pada tahapan tatanan tertinggi Wisnara di Indonesia. 


"Sangihe mampu merubah wajah keterbatasan pulau terluar dan memberi contoh nyata untuk daerah kepulauan lainnya. Tujuan utama program kabupaten sehat yaitu untuk mewujudkan masyarakat yang aman, nyaman, bersih dan sehat," kata dia.


Kampung Hesang juga, melalui Perkumpulan Sadar Wisata Mehengke Nusa Sangihe telah memiliki Bank Sampah yang berfokus pada tata kelola lingkungan yang baik serta edukasi limbah berbasis masyarakat.


Hal ini menjadi nilai tambah serta mendapat dukungan penuh dari Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe.


(fad/bk-10) 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
08 Oct 2019 / dibaca 105 kali
TAHUNA (BK): Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME, dangan tegas mewarning para Camat....
Sangihe
08 Oct 2019 / dibaca 76 kali
TAHUNA (BK): Setelah melalui pembahasan yang alot dan lobi-lobi politik, akhirnya Selasa (8/10/2019) Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di Dewan...
Sangihe
08 Oct 2019 / dibaca 55 kali
TAHUNA (BK)-Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, Ronald Izhak, mengatakan pihaknya akan...
Sangihe
07 Oct 2019 / dibaca 77 kali
TAHUNA (BK): Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke 74 Tentara Nasional Indonesia (TNI), diperkirakan sebanyak 3.000 bibit ...
Sangihe
07 Oct 2019 / dibaca 60 kali
TAHUNA (BK): Sebagai generasi milenial yang punya rasa kepedulian terhadap warga miskin, anggota CRTeam yang giat bergelut di bidang olah...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.