Sangihe

Kampung Naha I Genjot Pembuatan Masker Kain Gratis

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 10 April 2020 12:27   100 kali
TAHUNA (BK) : Guna mencegah penyebaran virus corona atau covid 19, Pemerintah Kampung Naha I Kecamatan Tabukan Utara (Tabut) Kabupaten Kepulauan Sangihe berinovasi dalam pembuatan masker kain. Setelah salah satu standar Alat Pelindung Diri (APD) tersebut mulai sukar ditemukan, bahkan kian naik harganya.    
 
Untuk itu, sekitar 500 lembar masker kain digenjot Pemerintah Kampung Naha I tersebut, yakni memberdayakan para penjahit lokal, nantinya masker-masker tersebut akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat.     
 
Jublius Mendome, Kapitalaung atau Kepala Kampung Naha I, kepada awak media, Selasa (08/04/2020), mengatakan, langkah yang diambilnya ini, untuk menunjang usaha Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe yang mulai menggenjot pengadaan masker di Sangihe.  
 
"Sejak wabah ini viral, Pemerintah Kampung Naha I sedianya telah menganggarkan sekitar Rp100 Juta dari Anggaran Dana Desa (ADD).  Untuk penanganan pencegahan covid 19, mulai dari usaha penyemprotan disinfektan, persiapan bantuan sembako, bahkan dana cadangan, yang hari ini dialihkan menjadi pembuatan masker kain," tuturnya.   
 
Lebih lanjut disampaikan, Kampung Naha I, merupakan salah satu desa yang cukup ramai di hari-hari tertentu, karena ada pasar rakyat. Sehingga, selain mendukung imbauan pemerintah, kamipun harus bertindak cepat mengamankan masyarakat kami.   
 
"Jika memungkinkan masker yang diproduksi penjahit-penjahit di kampung tersebut, akan turut dibagikan ke pengguna pasar setempat. Tapi kita lihat dulu, apakah jumlahnya memadai untuk dibagikan keluar. Tapi kami masih mengutamakan masyarakat di desa kami," jelasnya.   
 
Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah (PMDD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, Jeffry Gaghana SH MH mengapresiasi langkah tersebut.  
 
"Usaha seperti ini, merupakan langkah konstruktif, dalam usaha mengantisipasi covid 19. Kegiatan Padat Karya Tunai, harus bisa menjangkau kepentingan masyarakat. Baik untuk mengamankan masyarakat, maupun memberdayakan UKM-UKM yang ada di desa," terangnya.    
 
Dia berharap, hal serupa bisa menjadi pilot project yang bisa diikuti pemerintah kampung lain untuk menyokong usaha Pemkab dan Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19.   
 
"Langkah kecil, terkadang tidak terpikirkan. Tapi, langkah kecil jika memiliki dampak yang besar, maka harus kita topang bersama," tandasnya.  
 
Dia juga menghimbau agar selain ada usaha dari pemerintah kampung, masyarakatpun diharapkan bisa memanfaatkan pengadaan masker kain tersebut dengan bijak, agar tidak mubazir.     
 
(fad/bk-10)     
 
 
 
 
 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
08 May 2020 / dibaca 86 kali
TAHUNA (BK) : Sebagai wujud kepeduliaan bagi warga yang terdampak virus corona atau covid 19, maka Bank SulutGo (BSG) Cabang Tahuna dan...
Sangihe
08 May 2020 / dibaca 85 kali
TAHUNA (BK) : Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, Tadjudin Sainkadir mengatakan, sebanyak 9.400 Kepala...
Sangihe
08 May 2020 / dibaca 82 kali
TAHUNA (BK) : Dalam rangka mengantisipasi arus mudik jelang Lebaran, dan mencegah penyebaran wabah virus corona atau covid 19, Babinsa Koramil...
Sangihe
08 May 2020 / dibaca 84 kali
TAHUNA (BK) : Sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah virus corona atau covid 19, Babinsa jajaran Kodim 1301/Sangihe terus meningkatkan...
Sangihe
08 May 2020 / dibaca 83 kali
TAHUNA (BK) : Kegiatan Operasi Teritorial Kodim 1301/Sangihe  yang di laksanakan di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro),...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.