Sangihe

Kembangkan Pariwisata Desa di Sangihe

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 26 October 2017 21:23   426 kali

TAHUNA (BK): Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia (RI) bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar bimtek peningkatan kapasitas bidang tata kelola destinasi yakni program asistensi tata kelola destinasi pariwisata khusus cluster Sangihe, di Hotel Medinah Tahuna, Kamis (26/10/2017) padi tadi.

 

Turut hadir Kepala Bidang tata kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Pariwisata Republik Indonesia yakni Kusnoto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Jeffry S Tilaar SE ME, pelaku usaha bidang bahari Banyuwangi Sukirno, para pemerhati kebudayaan dan lingkungan, Lembaga Sosial Masyarakat (LSM), serta utusan ataupun perwakilan dari kampung atau desa.
 

 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang tata kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Pariwisata Republik Indonesia yakni Kusnoto mengatakan, pelaksanaan kegiatan dimaksud merupakan kelanjutan pertemuan sebelumnya yakni 10 April 2017 lalu.

 

"Ada tiga bagian penting yang perlu diperhatikan untuk mengelola sektor pariwisata,yakni destinasi, kelembagaan dan industri, serta kelembagaan.Komitmen pemerintah pusat menunjang pariwisata daerah, masyarakat lokal harus menjadi fokus, pariwisata berbasis masyarakat secara langsung peran aktif masyarakat yakni pemberdayaan masyarakat.

 

"Pengelolaan dana desa dengan mengembangkan sektor pariwisata, dan pengembangan desa pariwisata.Pendekatan strategik dan inovatif sesuai potensi masing-masing,"tambahnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Sangihe Jeffry S Tilaar SE ME mengatakan, kegiatan ini merupakan sinergitas dengan pemerintah pusat kepada pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, guna mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 

"Melalui promosi pariwisata yang terus digalakan serta dilengkapi sarana prasarana penunjang.Menyertakan sektor terkait untuk menunjangnya, begitupun masyarakat turut berperan, di dalamnya juga wisata kuliner. Banyak hal yang dilakukan untuk pengembangan sektor pariwisata," ungkap dia.

 

Lebih lanjut dijelaskan, guna menunjang penyiapan destinasi pariwisata, ada tiga hapl yang perlu dilaksanakan yakni atraksi yang menampilkan daya tarik baik alam maupun buatan, lalu aksesbilitas yang didukung sarana transportasi, serta amenitas mencakup sarana prasarana umum, listrik, hotel, homestay.

 

Secara terpisah, Sukirno, sebagai salah satu pelaku usaha dari Banyuwangi Jawa Timur (Jatim) yang diundang Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Sangihe menjelaskan, tentunya penting untuk mengembangkan sektor pariwisata berbasis masyarakat, yakni seperti yang diterapkan di daerah Banyuwangi.

 

"Semuanya yang ada di Banyuwangi sama dengan di Sangihe. Ada potensi laut, juga ada pegunungan. Diundang Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Sangihe Jeffry Tilaar yakni untuk bisa saling membagi ilmu guna mengembangkan sektor pariwisata. Yang perlu dilakukan yakni memperkuat masyarakat itu sendiri untuk mengelola sektor pariwisata berbasis masyarakat. Masyarakat sendiri yang mengelolanya sesuai potensi wilayah masing-masing," jelas dia.

 

(fad/bk-1) 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
10 Apr 2019 / dibaca 65 kali
TAHUNA (BK): Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar Rapar Koordinasi (Rakor) Sentra Penegakan Hukum Terpadu...
Sangihe
09 Apr 2019 / dibaca 144 kali
TAHUNA (BK): Harga tarif tiket kapal cepat KM Majestik Kawanua diduga terlalu mahal. Pasalnya, tarif dengan pelayaran menempuh Pulau...
Sangihe
09 Apr 2019 / dibaca 84 kali
TAHUNA (BK): Menjelang menjelang Pemilu 17 April 2019 mendatang, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Sangihe mengucap ikrar...
Sangihe
08 Apr 2019 / dibaca 458 kali
TAHUNA (BK): Dilaporkan, sekitar empat bulan tunjangan kinerja guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sangihe belum...
Sangihe
08 Apr 2019 / dibaca 90 kali
TAHUNA (BK): Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Dr R Sigit Hardjanto SH MSi melaksanakan kunjungan kerja (kunker) sehari di wilayah...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.