Sangihe

KKP, Forkopimda, Perbankan Sampaikan Materi Me'Daseng

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 21 May 2019 07:41   115 kali

TAHUNA (BK): Selain menghadiri kegiatan Me'Daseng di Pulau Matutuang Kecamatan Kepulauan Marore, Sabtu-Minggu (18-19 Mei) 2019, utusan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan perbankan, turut menyampaikan materi Me'Daseng.

 

Diawali dari utusan KKP RI bernama Pingkan, menyampaikan untuk pulau-pulau terluar, akan dikelola pemerintah pusat, mencakup pemanfaatan ruang, laut adalah zonasi, semua diatur oleh pemerintah pusat. 

 

"Kedatangan kami dari percakapan yang sudah ada, dan sudah ditampung semua. Ada survei, masukan, perlu ada komunikasi pemerintah daerah dan masyarakat. Banyak rencana yang kita dapatkan. Juga hadir pak Arief Setiawan dari KKP RI yang khusus membuat zonasi yakni sudah sebanyak 25 zonasi pulau terluar di Indonesia," katanya singkat. 

 

Selanjutnya, Kapolres Kepulauan Sangihe dan mencakup wilayah Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) AKBP Sudung Ferdinan Napitu SIK yang menyampaikan terima kasih bagi warga masyarakat terselenggaranya pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019, yakni Pilpres dan Pileg, telah terlaksana dengan baik, sukses dan aman. 

 

"Ini bukan karena kuat gagah TNI-Polri, tapi karena berkat kerjasama kita semua. Sehingga boleh berlangsung dengan baik," kata dia. 

 

Lebih lanjut disampaikannya, agar masyarakat tidak terprovokasi dengan adanya people power, namun sebaliknya agar secara bersama-sana menjaga keamanan, menjaga persatuan dan kesatuan, termasuk di wilayah perbatasan. 

 

"Menyikapi kondisi Pulau Matutuang, perbatasan dengan Filipina, dan juga ada satu warga yang pernah melaksanakan Me'Daseng dan masih hidup. Pula wilayah Pulau Marore merupakan akses pintu masuk, tempat pergeseran orang dan barang," jelasnya. 
 

Pula disampaikan dia, beberapa waktu lalu, di Marawi Filipina terjadi aksi pemberontakan dan radikalisme, namun tidak tahu, apa kondisi sudah pulih atau belum.

 

"Tolong informasikan kepada TNI - Polri, untuk deteksi awal. Peran bapak ibu sekalian, juga bagi yang melaut bisa membantu. Terkait lalu lintas orang dan barang agar bisa diperhatikan," tandasnya. 

 

Dia juga menambahkan, bagi yang mencari nafkah di laut, diperkirakan hingga November laut bisa tenang, namun bisa berubah sewaktu-waktu, agar memperhatikan perlengkapan di kapal yang dibutuhkan. 

 

Kemudian Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tahuna Kolonol Laut (P) Donny Aribowo menyampaikan, terima kasih kepada Pingkan dari KKP RI yang telah datang menyelaraskan pengelolaan wilayah perbatasan, termasuk wilayah Pulau Marore yang rawan abrasi pantai. 
 

"Untuk pertahanan caranya agar dipagar yakni dibangun talud, keliling talud, itu baik, juga untuk tambatan perahu. Dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawab TNI-Polri keduanya saling mendukung," kata Danlanal singkat. 

 

Sementara itu, Kepala Bank Sulut Gorontalo (BSG) Cabang Tahuna, Albert Tamaringgi mengatakan, sudah 5 bulan bertugas di Sangihe, dan melihat keindahan di pulau Sangihe, dan bersyukur di bangsal tempat Me'Daseng.

 

"Bersyukur tiba di sini, sangat indah. PT BSG milik pemerintah daerah dan masyarakat, yakni Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), 51 cabang BSG. Inilah kami, inilah bank BSG. Punya kredit, tabungan, deposito, ATM. Juga bisa menpergunakan sms banking, tentunya satu genggaman ponsel," ucapnya.

 

(fad/bk-1) 

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
09 Oct 2019 / dibaca 77 kali
 TAHUNA (BK): Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten kepulauan Sangihe melaksanakan kegiatan manasik haji cilik (MHC), Rabu...
Sangihe
09 Oct 2019 / dibaca 80 kali
TAHUNA (BK): Diduga karena penerapan harga bahan bakar minyak berupa avtur (bahan bakar pesawat) terlalu tinggi di Bandara Soekarno-Hatta hanya...
Sangihe
09 Oct 2019 / dibaca 89 kali
TAHUNA (BK)Pelaksanaan upacara bendera yang rutin dilaksanakan kodim 1301/Sangihe setiap hari senin bertempat di lapangan upacara Makodim kali...
Sangihe
08 Oct 2019 / dibaca 98 kali
TAHUNA (BK): Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, Ernist Unas SPi MSi mengatakan, untuk...
Sangihe
08 Oct 2019 / dibaca 105 kali
TAHUNA (BK): Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME, dangan tegas mewarning para Camat....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.