Sangihe

Kodim 1301/Sangihe Gelar Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 94 Tahun 2022

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 28 October 2022 13:39   196 kali
Kodim 1301/Sangihe menggelar upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 94 Tahun 2022.
TAHUNA (BK) : Personil Kodim 1301/Sangihe menggelar upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 94 Tahun 2022, di lapangan upacara Makodim, Jalan Tatehe, Kelurahan Bungalawang Kecamatan Tahuna, Jumat (28/10/2022).  
 
 
Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1301/Sangihe Mayor Inf Rasmul Tamalawe, Komandan Upacara Letda Inf  Steven Teddy Joseph, Pengibaran Bendera Sertu Zet M, Serda Nikodemus, Serda Haryanto, dan Pengucapan UUD 1945 Serda F Ladi, pembacaan doa Koptu Julfikar S, dan pelaksanaan upacara diikuti oleh seluruh personil Kodim 1301/Sangihe, baik staf maupun Koramil jajarannya. 
 
 
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Staf Kodim 1301/Sangihe Mayor Inf Rasmul Tamalawe selaku Inspektur Upacara membacakan Amanat Sumpah Pemuda. Dikatakannya, Assalamualaikum wr wb, atas rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, pada hari ini tanggal 28 Oktober 2022 kita bersama-sama memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 94, dengan Tema Pemersatu Membangun Bangsa. Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah maju menuju bangsa visi bangsa yang besar. 
 
 
"Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, memberikan pelajaran bagi kita, bagaimana menyikapi perbedaan sikap, menyikapi perbedaan suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan, menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan peran pemuda mempelopori membangun visi bangsa dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan pergerakan telah mengantarkan pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan Tinta Emas di sepanjang masa. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting, karena ancaman-ancaman terhadap persatuan Indonesia selalu ada kesamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia," tuturnya. 
 
 
Lanjut disampaikan, tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah bersatu membangun bangsa. Tema yang memberikan pesan bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan dan menjadi kekuatan untuk membangun ketangguhan dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang umum. 
 
 
"Tema Sumpah Pemuda  dalam konteks kekinian dan yang akan datang untuk merumuskan perjuangan kemerdekaan memutuskan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun indonesia yang merdeka berdaulat, bersatu, adil dan makmur serta dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah. Pemuda hari ini adalah tokoh tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan di masa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan diatas segala-galanya memandang keberagaman sebagai anugrah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai Indonesia emas 2045 tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa," jelas dia lagi. 
 
 
Pula ditambahkan, ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa  pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia hanya bangsa yang yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras.
 
 
"Jika melihat kondisi pemuda tercatat terdapat optimisme yang penuh harapan, masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan. Kita patut bersyukur melihat Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi di berbagai bidang membanggakan, baik pada level nasional dan internasional. Hal ini menjadi keunggulan Indonesia di masa yang akan datang, namun kita juga khawatir bahwa pemuda indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindak," tutupnya. 
 
(fad/bk-10)  
 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
17 Nov 2022 / dibaca 110 kali
TAHUNA (BK) : Kodim 1301/Sangihe kembali melaksanakan upacara bendera setiap tanggal 17, di lapangan upacara Markas Komando Distrik Militer...
Sangihe
16 Nov 2022 / dibaca 150 kali
TAHUNA (BK) : Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayah Kodim 1301/Sangihe turut memperhatikan kebersihan lingkungan. Salah satunya yang...
Sangihe
15 Nov 2022 / dibaca 148 kali
TAHUNA (BK) : Komando Distrik Militer (Kodim) 1301/Sangihe menggelar kegiatan Pembinaan Antisipasi Bahaya Laten Komunis (Balatkom) dan Paham...
Sangihe
14 Nov 2022 / dibaca 174 kali
TAHUNA (BK) : Tetap menunjukan kepeduliannya terhadap warga binaan, Serda F Bataha, Babinsa Koramil 1301-02/Siau, bersama masyarakat...
Sangihe
12 Nov 2022 / dibaca 166 kali
TAHUNA (BK) : Putri daerah yang satu ini, telah mengharumkan nama Sangihe dengan sejumlah prestasi nasional hingga ke tingkat internasional,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.