Sangihe

Konjen Filipina Temui Bupati Sangihe

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 05 September 2017 08:18   121 kali

TAHUNA (BK): Konsulat Jenderal (Konjen) Filipina di Manado Oscar G Orcine, menemui Bupati Kepulauan Kabupaten Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME, di Ruang Rapat Kantor Bupati Kepulauan Sangihe, Senin (4/9/2017).

 

Pertemuan tersebut merupakan ketiga kalinya yang dilakukan Konjen. Kali ini dengan Bupati Kepulauan Sangihe baru.

 

Di awal jumpa, Konjen mengucapkan selamat atas terpilih Gaghana sebagai bupati Kepulauan Sangihe pilihan masyarakat. "Satu kebanggaan bagi kami, dimana dapat diterima di Tahuna. Kami ucapkan apresiasi tinggi kepada bapak Bupati yang telah sambut dengan baik. Mungkin kunjungan ini sudah ketiga kali. Tetapi saya yakin hal ini merupakan awal baru ketika ada Bupati yang baru," ucap Orcine.

 

Lebih lanjit, disampaikan Orcine, sedikit mengenai konflik di Kota Marawi yang berada di sebelah kanan perbatasan. Dimana tiga bulan lalu diambil alih kelompok radikal ISIS .

 

"Dari 300 teroris menjadi sekitar 40-an teroris. Saat ini, mereka ada di dalam mesjid Kota Marawi. Tentu saja Presiden kami tidak ingin rusak masjid. Mereka juga sandera 50 orang. Dan militer kami jamin tidak lama lagi mereka akan rebut kembali Kota Marawi," papar dia.

 

Ia menambahkan, jika Bupati Kepulauan Sangihe ingin meminta bantuan bertemu dengan pejabat yang ada di Negara Filipina langsung konsultasi dengannya. "Kami akan siap bantu bapak Bupati jika ingin lakukan kunjungan ke negara Filipina," tukasnya.

 

Sementara itu, dalam sambutannya Gaghana menuturkan, dalam mengelola wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe dapat membangun komunikasi, kebersamaan dan melaksanakan berbagai hal yang menguntungkan dua negara berbatasan itu.

 

"Sebagai wilayah perbatasan yang dapat memanfaatkan  potensi  inilah langkah yang kita ambil untuk kepentingan daerah dan masyarakat begitu juga dengan Filipina," harap Bupati.

 

Ia menyatakan, pertemuan tersebut merupakan peluang bagi pemerintah daerah ketika dikunjungi Konjen. "Kita akan sampaikan potensi yang ada di Sangihe selama ini menjadi dambaan untuk mengekspor potensi-potensi yang ada secara khusus bagi negara tetangga Filipina," tambahnya.

 

Gaghana juga memperhatikan mengenai penandatanganan MoU JAGS City pada tahun 2009 di bidang pendidikan, perikanan dan perdagangan. "Kita akan buka kembali dokumen MoU JAGS City, sehingga nanti kita bisa kembangkan lagi. Supaya ke depan apa yang kita bisa jual ke Filipina dapat memanfaatkan potensi yang ada seperti sektor pariwisata, pertanian dan perikanan. Bahkan mungkin ada kerja sama yang lain khususnya mendorong pariwisata di Sangihe maupun di Filipina," pungkasnya.

 

(fad/bk-1)  

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
16 Nov 2017 / dibaca 45 kali
TAHUNA (BK): Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar lokakarya tentang sinergi kebijakan dan kolaborasi stakeholder bagi pengelolaan...
Sangihe
16 Nov 2017 / dibaca 39 kali
TAHUNA (BK): Sebanyak 1.060 pengendara yang menggunakan kendaraan bermotor (ranmor) berhasil ditilang oleh aparat Kepolisian Resor...
Sangihe
15 Nov 2017 / dibaca 0 kali
TAHUNA (BK): Terhadap kemajuan daerah yang terus didorong, kewilayahan secara utuh pastinya juga punya peran penting untuk menunjang program...
Sangihe
15 Nov 2017 / dibaca 44 kali
TAHUNA (BK): Guna mengakomodir penduduk penghayat kepercayaan, pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik...
Sangihe
13 Nov 2017 / dibaca 45 kali
TAHUNA (BK): Komponen terkait yang  mendukung peningkatan pembangunan tentunya turut diakomodir secara maksimal dengan memperhatikan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.