Sangihe

Masyarakat Pulau Kalama Konsumsi Air Hujan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 17 October 2019 20:30   129 kali

TAHUNA (BK): Kemarau panjang masih terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Dampaknya, yakni krisis air bersih melanda di sejumlah wilayah, salah satunya di Pulau Kalama Kacamatan Kepulauan Tatoareng yang memiliki jumlah kepala keluarga (KK) 480 dan jumlah penduduk 1.227 jiwa.


Kapitalaung Pulau Kalama, Arnike Lahope mengatakan, bahwa saat ini masyarakat Kalama sangat membutuhkan ketersediaan air bersih.


"Kami sangat membutuhkan air bersih. Saat ini masyarakat hanya berharap dengan air hujan untuk kebutuhan tiap hari," kata dia kepada awak media, belum lama ini.
Dia juga menjelaskan9 sebenarnya di Pulau Kalama ada sumur yang dapat membantu masyarakat untuk konsumsi sehari-hari, serta untuk keperluan seperti cuci baju dan lainya.


"Memang ada sumur disini, tetapi kalau musim kemarau seperti ini sumurnya juga kering. Berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, agar dapat memperhatikan apa yang sedang dirasakan masyarakat Kalama. Kami sangat berharap sentuhan dari pemerintah, untuk dapat memperhatikan keadaan yang sedang kami alami," tambahnya.


Senada juga disampaikan masyarakat Pulau Kalama, Explandriks Kahimpong, yakni krisis air bersih sudah terjadi sejak empat bulan belakangan ini.


"Dimohon kepada pemerintah yang ada, untuk dapat memperhatikan keadaan Pulau Kalama yang saat ini sedang dilanda krisis air bersih.  Karena masyarakat sangat membutuhkan air untuk kehidupan setiap hari," kata dia.


Lanjut disampaikannya, meminta agar instansi terkait Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, sekiranya dapat mencari jalan keluarnya, atau bisa memberikan bantuan seperti pompa air.


"Kami juga berharap kepada pemerintah agar dapat memberikan bantuan seperti pompa air. Dengan adanya pompa air masyarakat pastinya dapat terbantu, dan minimal tiap lindongan diberikan satu dari lima lindongan," jelasnya.


Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rivo Pudihang mengatakan, pihaknya akan membantu mendistribusikan air bersih wilayah pulau-pulau, termasuk Kalama.


"Kami siap membantu. Rencana distribusi air bersih ke Pulau Kalama Kecamatan Kepulauan Tatoareng akan berlangsung Jumat dan Sabtu (18 dan 19 Oktober 2019)," kata dia, Kamis (17/10/2019).


(fad/bk-10)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
20 Feb 2020 / dibaca 37 kali
TAHUNA (BK): Dalam rangka mewujudkan kedekatan antara TNI dengan rakyat, Babinsa Desa Pempalaraeng Koramil 06/Kendahe Kodim 1301/Sangihe Serda...
Sangihe
20 Feb 2020 / dibaca 45 kali
TAHUNA (BK): Dandim 1301/Sangihe, perintahkan jajaran dalam Program Karya Bhakti harus terus digalakkan, karena sangat membantu masyarakat....
Sangihe
20 Feb 2020 / dibaca 89 kali
TAHUNA (BK) : Warga di Kampung Bahu lindongan 1 Kecamatan Tabukan Utara (Tabut), dibuat heboh. Pasalnya, telah ditemukan sesosok tubuh yang...
Sangihe
20 Feb 2020 / dibaca 34 kali
TAHUNA (BK): Babinsa Koramil 1301-05/Tahuna Serda Marnes Tupelu, membantu masyarakat dalam pembuatan teras rumah milik Abe Tandaunusa, di...
Sangihe
20 Feb 2020 / dibaca 69 kali
TAHUNA (BK): Pdt Gilbert Lumoindong bersama isteri dan Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiani Eugenia Paruntu (CEP) mengunjungi warga...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.