Sangihe

Menkeu, Menkominfo Kunker di Sangihe

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 19 January 2019 07:18   701 kali

TAHUNA (BK): Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia (RI) Srimulyani dan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jumat (18/01/2019).

 

Kunker tersebut didampingi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, Dirut PT PPI Arman Darmawan, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME. Sejumlah Pejabat Pemkab Sangihe hadir pada acara itu.

 

Setibanya di Bandara Naha Kepulauan Sangihe, Kecamatan Tabukan Utara (Tabut), Menkeu, Menkominfo, Gubernur Sulut dan rombongan menuju Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negeri (KPPN) Tahuna, di Kelurahan Soatalora Dua Kecamatan Tahuna, sekitar pukul 10.30 Wita. 

 

Rombongan disambut baik dan meriah. Tak hanya meninjau langsung KPPN Tahuna, juga Menkeu Srimulyani berdialog dengan para karyawan atau pegawai. Pada hari itu juga, rombongan ke Kantor Pajak Pratama Tahuna di Kelurahan Manente Kecamatan Tahuna. 

 

Sekitar pukul 10.58 Wita, kegiatan dimulai Signal Test Proyek Palapa Ring Tengah Kepulauan Sangihe, dan sambutan secara bergilir. 

 

Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan terima kasih atas kunjungan dua menteri yakni Menkeu Srimulyani dan Menkominfo Rudiantara yang sudah datang di Kabupaten Kepulauan Sangihe. "Kedua menteri sudah datang, yakni dalam pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati. Mudah-mudahan pemerintahan tetap berjalan terus. Berterima kasih juga kepada Presiden Pak Jokowi yang telah menunjang pembangunan di Kabupaten Kepulauan Sangihe menjadi lebih baik dan maju melalui infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) lebih baik lagi," kata Gubernur singkat.

 

Selanjutnya, Direktur Utama (Dirut) PT PPI, Arman Darmawan mengatakan untuk PT PPI juga untuk memfasilitasi pembangunan infrastruktur dimana anggaran sudah tersedia dan sudah 15 tahun beroperasi.

 

"Kepulauan Sangihe menjadi target prioritas bagi kami. Dua tahun setelah diresmikan, agar di Kepulauan Sangihe terkoneksi dan juga di seluruh Indonesia. Berkomitmen, pulau terluar harus jadi prioritas. Ini merupakan inisiasi dari Kementrian Keuangan RI, juga Kementrian Komunikasi dan Informasi, agar membuat Sulut hebat dapat tercapai," jelasnya.

 

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkoinfo), Rudiantara mengatakan, Palapa Ring membangum tol laut dan tol langit, dimana bagian barat sudah beroperasi, bagian tengah sudah test. Kenapa disebut ring. Karena terhubung satu dengan lainnya. Kalau telkom sudah putus misalnya, tentunya sudah putus. Kalaupun di Kota Tahuna terputus koneksi, maka bisa lewat Talaud dan Morotai. 

 

"Kenapa palapa ring, nomor satu sinyal kita bicara internet, harga terjangkau atau murah, bisa digunakan pada ponsel ada pasca bayar atau prabayar. Pertengahan tahun semua diintegrasikan, 30 lebih kota seperti Manado juga menggunakan. Ini perintah Pak Jokowi dan Pak JK. Ini tol laut dan tol udara. Lintas Arta dan Telkomsel sudah tarik. Koneksi di Tahuna sudah ada," jelasnya. 

 

Lebih lanjut disampaikannya, akan bangun jalan tol,  75 akses internet di Sangihe, prioritas sekolah puskesmas, kantor desa, kantor layanan publik, agar masyarakat juga senang. Dan di tahun 2020, seua desa akses internet. Lebih dari itu pemerintahan Jokowi agar punya satelit. Lima ribu puskesmas belum terhubung dengan internet. 

 

"Ini dilakukan, infrastrukturnya sudah ada. Suatu saat dokter bila jauh bisa digunakan untuk melayani pasien. Ini bukan ide baru, ide tahun 2005, konsorsium tahun 2005, akhirnya sekarang bisa kita eksekusi, setelah 74 merdeka, kita merdeka internet," tutupnya. 

 

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Srimulyani mengatakan, saat dalam perjalanan ke Kota Tahuna jalannya bagus dan bersih. Lalu mengunjungi KPPN Tahuna dan Kantor Pajak Pratama Tahuna. Kurang lebih 1 bulan berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia yakni dari pinggiran, masalah geografis namun tetap bersatu. Tekad dari Presiden Jokowi, baik dengan APBN maupun non APBN. 

 


"Hari ini, test palapa ring. Pula didukung instrumen fiskal, membangun tak hanya APBN tapi juga instrumen lainnya. APBN seluruh bagi pemerintahan. Selama 15 tahun untuk kepastian pembayaran. Sehingga proyek ini tidak harus menunggu 15 tahun, ada sumber daya dari swasta, suatu pembangunan infrastruktur di Indonesia," tandasnya. 
 

 

Dia juga menjelaskan, ada tol langit, tol laut, tol darat. Dimana keinginan Presiden Jokowi membangun sumber daya manusia (SDM), tidak hanya SDM tanpa infrastruktur, maka mudah ditunjang koneksivitas, 900 milyar 50 satker 30 kabupaten mengurus pembagiannya. 
"Terima kasih Rudiantara, membantu kami Kemenkeu, kita memiliki ribuan puskesmas, kebutuhan melayani kesehatan dan pendidikan akan lebih mudah dengan ada konektivitas tersebut. Terus membangun sesuai nawacita dari Presiden Jokowi. Pak Rudiantara, sangat membantu dan membangun, mencari cara tuk membangun. Terima kasih kepada Pak Gubernur, ternyata Sulut mengalami peningkatan pembangunan, hari ini di pulau hampir terluar. Terima kasih kepada semua pihak, dirjen pajak, hari ini menengok kantor pajak pratama di Tahuna ini. Kami terus siap sedia membangun negara," tutup Menkeu. 
 

 

Selain itu, juga dilangsungkan telekonferens Menkeu, Menkominfo, Gubernur, Bupati kepada Menkes, Kapuspen TNI, dan beberapa lembaga terkait. Usai pelaksanaannya, rombongan menuju ke stasiun pusat Palapa Ring di Kelurahan Pananekeng Kecamatan Tahuna Barat. 

 

(fad/bk-1)

 

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
19 Jan 2023 / dibaca 90 kali
TAHUNA (BK) : Turut membantu kesulitan warga binaan termasuk yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 1301/Sangihe. Begitupun dengan...
Sangihe
19 Jan 2023 / dibaca 70 kali
TAHUNA (BK) : Karya bakti merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI dan rakyat. Penerapannya seperti yang dilakukan Sertu Nisuba Horman ...
Sangihe
18 Jan 2023 / dibaca 101 kali
TAHUNA (BK) : Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan bersama Forkopimda Kabupaten Kepulauan Sangihe menghadiri Rapat...
Sangihe
18 Jan 2023 / dibaca 96 kali
TAHUNA (BK) : Salah satu bagian tugas pokok seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) yaitu melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) dengan...
Sangihe
18 Jan 2023 / dibaca 86 kali
TAHUNA (BK) : Selalu Aktif dalam setiap kegiatan sehari-hari di tengah warga binaannya. Itulah yang dilakukan Babinsa Koramil...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2023 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.