Sangihe

Pasca Bencana Sangihe, Pos Pelayanan Kesehatan Tetap Dibuka

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 22 January 2020 12:41   100 kali

TAHUNA (BK): Pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kampung Lebo dan Kampung Belengang Kecamatan Manganitu, 3 Januari 2020 lalu, penanganan terhadap dampak yang ditimbulkan, masih tetap dilakukan TNI-Polri, pemerintah daerah, instansi atau lembaga terkait serta masyarakat.
Termasuk di dalamnya terhadap pelayanan kesehatan bagi para masyarakat pengungsi setempat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe dr Joppy Thungari MKes, yakni pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang mengungsi karena bencana banjir dan tanah longsor, masih tetap berlaku.

"Tetap dilaksanakan pelayanan kesehatan untuk masyarakat pengungsi akibat bencana alam. Ada 3 pos kesehatan yang masih disediakan yaitu di Kampung Lebo, Kampung Belengang, dan Kampung Ulung Peliang," terangnya.

Lanjut dijelaskan, pelayanan kesehatan yang disediakan yakni 1x24 jam, dan ada petugas medis yang selalu siaga di pos kesehatan setempat.

"Kalau ada masyarakat pengungsi yang memeriksa dan berobat, maka teman-teman medis dari Puskesmas setempat akan tetap membuka pelayanan kesehatan. Tenaga medis yang bertugas tentunya akan saling bergantian," tandasnya.

Dia juga menambahkan, untuk jenis penyakit yang umum diderita oleh masyarakat pengungsi, tak ada yang berat, namun ada yang menderita darah tinggi.
"Biasanya yang kita takutkan, kalau usai bencana banjir, kalau ada penyakit diare, namun ternyata tak ada. Pula penyakit DBD, tak ada. Namun kita tetap melakukan pelayanan kesehatan yang terbaik," terangnya.

Pula ditambahkan, untuk pelayanan kesehatan tetap dilaksanakan, dan bila kondisi sudah normal, maka selama 1 minggu ke depannya, akan diperhatikan lagi.

(fad/bk-10)  

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
25 Mar 2020 / dibaca 35 kali
TAHUNA (BK) : Berbagai upaya yang dilakukan guna mewujudkan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, para Bintara Pembina Desa (Babinsa) melakukan...
Sangihe
25 Mar 2020 / dibaca 66 kali
TAHUNA (BK) : Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan alat maupun cara Babinsa dalam menyampaikan himbauan maupun ajakan kepada masyarakat di...
Sangihe
25 Mar 2020 / dibaca 59 kali
TAHUNA (BK) : Anggota Babinsa Koramil 1301-06/Kendahe, Kopka Charles Takasihaeng bersama tim kesehatan dari Puskesmas Kendahe, melaksanakan...
Sangihe
25 Mar 2020 / dibaca 46 kali
TAHUNA (BK) : Babinsa Koramil 04/Manganitu  Kodim 1301/Sangihe, Serda Suryanto, bersama dengan warga Kampung Barangka Kecamatan Manganitu...
Sangihe
25 Mar 2020 / dibaca 64 kali
TAHUNA (BK) : Berbagai langkah pencegahan dan penanganan wabah virus corona atau covid 19 di berbagai wilayah terus dilakukan, seperti halnya...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.