Sangihe

PCNU Sangihe Gelar Nuzulul Qur'an Ramadhan 1439 H

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 05 June 2018 07:31   143 kali

TAHUNA (BK): Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar peringati Nuzulul Qur'an Ramadhan 1439 Hijriah.

 

Dengan mengambil tema "Nuzulul Qur'an sebagai momentum muhasabah diri dan menjadikan Al'Quran sebagai pedoman hidup untuk membentengi diri dari pengaruh perkembangan teknologi, informasi dan globalisasi", yakni bertempat di Mesjid Agung AT-Taqwa Kelurahan Tidore Kecamatan Tahuna Timur, Sabtu (02/1/2018), sekitar pukul 21.00 Wita. 
 

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, pengurus PCNU Kabupaten Kepulauan Sangihe, Imam besar Mesjid Agung AT-Taqwa Sangihe bersama pegawai shara, Rois PCNU Sangihe KH Drs Muhammad Allimuksin, Ketua Tanfitziah Taufit Abast berasama pengurus, para pejabat sipil, TNI/Polri, Ketua PC Muslimad, Ketua BKMT bersama pengurus, Pengurus wakil cabang NU, pengurus PHBI Sangihe, anggota DPRD Sangihe Jamal Manopo, perwakilan kantor Kementrian Agama Sangihe, Jamaah, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. 
 

 

Acara Nuzul Qur'an tersebut diawali pembacaan ayat-ayat suci Al Qur-an dan dilanjutkan dengan Sholawat badar oleh para jamaah.
 

 

KH Drs Muhammad Allimuksin selaku penceramah agama mengatakan, merayakan  dimana turunnya al-Qur'an. Karena dimana ayat yang pertama kali di turunkan ke dunia khususnya kepada orang yang beriman yaitu Al-Qur'an surat Al alak ayat 1-5, diturunkannya pertama kali surat Al Alak ini Karena mangandung beberapa hal pokok.

 

Di antaranya, pertama mengenai orang yang beriman, yang kedua yaitu orang yang berakhlak dan ketiga manusia yang berakhlak.
Allimuksin menjelaskan, berikutnya manusia yang bermuamalah, apabila manusia bisa menghafal Al-Qur'an maka langit, malaikat dan bumi ini akan menangis.

 

"Dan apabila kita sebagai umat manusia Semakin kita dekat dengan al Qur'an maka kita akan semakin dekat dengan isi dan makna dari Al Qur'an tersebut," jelasnya.

 

Sedangkan, menurut ketua panitia Juraid Rumiki, maksud dan tujuan di laksanakannnya peringatan Nuzul Quran PCNU ini yaitu. "Untuk kembali mengingatkan kepada kita sekalian umat manusia tentang kalimat Bacalah yang tidak hanya secara tekstual tapi juga secara kontekstual dalam membaca al Quran, karena ayat-ayat Allah di samping dinukilkan dalam al-Quran juga banyak bertebaran di jagad raya ini, sehingga tema dari perayaan Nuzul Quran tahun ini adalah sebagai mumentum muhasabah diri dan menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup untuk membentuk diri dari pengaruh perkembangan teknologi, informasi dan globalisasi," kata Rumiki.

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
15 Aug 2018 / dibaca 147 kali
TAHUNA (BK): Tentara Nasional Indonesia (TNI) yakni Komando Distrik Militer (Kodim) 1301 Sangihe menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif...
Sangihe
15 Aug 2018 / dibaca 133 kali
TAHUNA (BK): Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia (RI) menggelar Sosialisasi Pemetaan Partisipatif Kebencanaan di...
Sangihe
14 Aug 2018 / dibaca 139 kali
TAHUNA (BK): Penyelenggaraan pembangunan daerah terus didorong pelaksanaannya sesuai dengan program yang ditetapkan, termasuk tindaklanjut di...
Sangihe
14 Aug 2018 / dibaca 141 kali
TAHUNA (BK): Dukungan terhadap pengembangan potensi bisa turut melengkapi kemandirian seluruh kewilayahan sesuai kondisi setempat, meskipun...
Sangihe
14 Aug 2018 / dibaca 140 kali
TAHUNA (BK): Upaya untuk terus menopang peran serta sektor-sektor memerlukan tindaklanjut kongkrit terhadap pelaksanaan program pembangunan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.