Sangihe

Pemadaman Listrik Sering Terjadi di Tabteng

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 18 July 2019 06:38   147 kali

TAHUNA (BK): Pemadaman Listrik di wilayah Kecamatan Tabukan Tengah (Tabteng) belakangan ini menuai protes masyarakat setempat. Pasalnya, listrik padam sejak pagi hingga malam hari.

 

Menanggapi hal itu, Maneger Bagian Jaringan PT PLN UP3 Tahuna, Marthen Salmon, mengatakan, penyebab sering terjadinya pemadaman listrik diakibatkan pohon milik warga terlalu dekat dengan jaringan. Saat ini ada jadwal pemadaman karena dilaksanakan pemeliharaan pemangkasan dan pembersihan pohon yang dekat jaringan 20kv di Kampung Lesabe, Kecamatan Tabukan Selatan. 

 

"Mengenai pemadaman di wilayah Tabteng itu, disebabkan oleh pembersihan pohon yang jaraknya sangat berdekatan dengan jaringan 20kv. Dimulai sejak tanggal 10 Juli lalu di Kampung Lesabe. Sehingga tentunya tindakan pemadaman listrik harus dilakukan agar tidak menyebabkan hal yang tidak diinginkan bagi pekerja," jelas Salmon, kepada awak media, di ruang kerjanya, Selasa (16/7/2019).

 

Lanjutnya, untuk pemadaman ada dua tipe, yaitu pemadaman terencana dan pemadaman tidak terencana. "Kalau terencana pemeliharaan jaringan konstruksi SUTM dan pemeliharaan pemangkasan pohon yang dekat jaringan 20kv. Sebelum pelaksanaan kami pihak PLN memberikan pengumuman kepada masyarakat bahwa akan ada pemadaman lewat RRI untuk daerah daerah yang kena jadwal pemadaman. Sedangkan untuk pemadaman tidak terencana itu cuaca extrem, misalnya angin kencang sehingga pohon yang dekat dengan jaringan itu tersentuh, pohon roboh dijaringan 20kv sehingga mengakibatkan pemadaman," terang dia. 

 

Hari ini juga ada pemadaman terencana, ada pekerjaan pemasangan PMT di kantor Petta dan penarikan jaringan SUTM untuk feder kendar dan mainline didepan kantor PLN Petta.
 

"Dengan dipasangnya peralatan PMT bisa mempercepat penormalan dan bisa diketahui feder mana yang  ada indikasi gangguan jaringan. Sehingga pemadaman tidak dilakukan untuk semua wilayah, tapi hanya untuk area yang mengalami gangguan jaringan," tandasnya. 

 

Senada juga disampaikan Maneger PT PLN UP3 Tahuna, Mulke Gal Tumanken, yakni pemadaman listrik itu tidak disengaja dilakukan oleh petugas PLN. "Terkait pemadaman itu tidak disengaja, karena tidak mungkin petugas PLN sengaja memadamkan listrik. Untuk pemadaman di Tabteng saat ini ada perbaikan untuk penggantian kubikel dengan opstiq kabel di rayon Petta," bebernya. 

 

Dia juga menghimbau agar masyarakat dapat bekerja sama, untuk dapat memberikan ijin kepada pihak PLN dalam melakukan pemangkasan pohon dekat jaringan, sehingga tidak terjadi kendala saat melakukan pembersihan jaringan.
 

"Kami selaku pimpinan PLN Tahuna, berharap kedepannya  bila masyarakat yang memiliki pohon yang dekat dengan jaringan untuk dapat memberikan pohon mereka dipangkas, dan juga pohon kelapa untuk ditebang, tentu nantinya pihak PLN sendiri yang akan memangkas dan menebang jika sudah diijikan oleh masyarakat, dengan demikian masalah pemadaman ini tidak terus berkelanjutan karena harus membersikan jaringan agar tidak terjadi gangguan," tutupnya.

 

(fad/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
10 Aug 2019 / dibaca 81 kali
TAHUNA (BK): Dinas Kesehatan Kabupaten Sangihe tetap memperhatikan distribusi obat-obatan ke Puskesmas. Karena hal tersebut sangat menunjang...
Sangihe
09 Aug 2019 / dibaca 60 kali
TAHUNA (BK): Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Sangihe melalui Kasi Intelijen Erwan Budi Herianto SH membekali pemahaman Anti Korupsi sejak...
Sangihe
09 Aug 2019 / dibaca 133 kali
TAHUNA (BK): Pihak pengelola hotel dan penginapan wajib melaporkan kedatangan tamu Warga Negara Asing (WNA) ke Kantor Imigrasi Tahuna....
Sangihe
08 Aug 2019 / dibaca 120 kali
TAHUNA (BK): Selama berapa bulan terakhir ini, puluhan orang mendatangi Dinas Pendidikan (Dispend) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan...
Sangihe
08 Aug 2019 / dibaca 80 kali
TAHUNA (BK): Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, dr Joppy Thungari MKes mengatakan, Sangihe masih...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.