Sangihe

Pemkab Dorong Sejumlah Program Unggulan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 06 January 2018 18:28   108 kali

TAHUNA (BK): Sejumlah program unggulan terus didorong Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe di tahun 2018, dan diakomodir melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe yang menyentuh angka lebih dari Rp1 trilyun.

 

Hal itu disampaikan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME.

 

Ia menyatakan, di tahun 2018 ini, program-program unggulan dimaksud yaitu seperti di bidang kesehatan. Pemkab memberikan dukungan anggaran kepada masyarakat pengguna BPJS, 100 persen dibiayai lewat dana APBD, sehingga masyarakat berobat tidak dipungut biaya apapun.

 


"Tadinya BPJS hanya melayani sekitar 29 ribu peserta di Kabupaten Sangihe. Sekarang sisanya yakni 43 ribu orang akan dilayani BPJS dan total dana yakni Rp 6,5 Milyar itu Pemkab bayar, " jelas Bupati. 
 

 

Kemudian di bidang pertanian, dalam rangka meningkatkan produksi jagung secara berkelanjutan maka gerakan penanaman jagung pada 20 ribu ha tersebar di 15 kecamatan dalam 2 kali penanaman. “Dan ini juga kami sudah sudah meminta para kapitalaung untuk menyiapkan lahan di masing- masing kampung/kelurahan,”ucap Bupati.
 

 

Selanjutnya, guna menjawab kebutuhan pangan dan konsumsi protein masyarakat. Di bidang kelautan perikanan juga, Pemkab terus meningkatkan produksi hasil perikanan dan kesejahteraan nelayan, seperti pemberian asuransi nelayan.
 

 

“Selain itu, ada juga peningkatan operasional pelayanan dari segenap tokoh- tokoh agama dan hamba Tuhan. Kemudian juga akselerasi penuntasan kemiskinan terus dilakukan lewat tim penanggulangan kemiskinan daerah yang secara berkala terus melakukan evaluasi. Serta peningkatan dan pengembangan sarana dan praarana, infrastruktur, sumber daya yang ada merupakan program- progrm strategis dalam perwujudan visi dan misi pembangunan,” kata Bupati. 
 

 

Ditambahkannya, dalam mencapai visi dan misi bersama tentu ada peran serta masyarakat dalam mendukung berbagai program yang sedang dilakukan daerah. “Oleh karena itu saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus meneguhkan komitmen bersama mencegah dan melawan berbagai aksi yang menganggu ketenangan dan ketentraman daerah kita,” pungkas Bupati.

 

Sementara itu,  jangkauan yang sama berlaku bagi seluruh kewilayahan untuk membangun daerah secara bersama dan bertahap, termasuk didukung oleh komponen terkait untuk berkarya sesuai potensi masing-masing agar dikelola. Yakni memiliki keragaman sumber daya alam (SDA) setempat, agar optimalisasi pengelolaannya mampu dilaksanakan, di dalamnya penting memfokuskannya pada kemandirian dan kemajuan daerah secara utuh.

 

Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe Helmud Hontong SE menjelaskan, penerapan yang cocok dan tepat juga bisa diterapkan agar penerapannya benar-benar memberikan nilai tahap demi tahap.

 

"Cakupannya luas dan mampu didorong tindaklanjutnya agar sejalan dengan program yang dilaksanakan. Tiap wilayah mampu berperan aktif dan berkontribusi kongkrit bagi pembangunan daerah," tandasnya.

 

(fad/bk-1)  

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
15 Sep 2018 / dibaca 235 kali
TAHUNA (BK): Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME mengatakan, kuota CPNS tahun 2019 di...
Sangihe
15 Sep 2018 / dibaca 194 kali
TAHUNA (BK): Kepala Bagian Ekonomi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Johanis Pilat melalui Kasubag Lingkungan Hidup Donny Tamboto...
Sangihe
14 Sep 2018 / dibaca 172 kali
TAHUNA (BK): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe melalui Dinas Sosial (Dinsos) bekerja sama dengan Kementerian (Kemensos) akan...
Sangihe
14 Sep 2018 / dibaca 178 kali
TAHUNA (BK): Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME mengatakan, bersama Pemerintah Provinsi...
Sangihe
14 Sep 2018 / dibaca 271 kali
TAHUNA (BK):  Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dr Joppy Thungari, mengatakan sebanyak 60 warga...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.