Sangihe

Pemkab Gelar Ibadah Syukur Dua Tahun Kepemimpinan JEG-HH

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 23 May 2019 07:19   99 kali

TAHUNA (BK): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe menggelar ibadah syukur Dua Tahun Kepemimpinan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana (JEG) SE ME dan Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong (HH) SE, di pendopo rumah jabatan Bupati, Rabu (22/5/2019).

 

 

Ibadah tersebut dihadiri, antara lain, Ketua Tim Penggerak PKK Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Ny Ririswati Gaghana Katamsi, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Ny Rahel Hontong Sasamu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Frijon Sampakang.

 

 
Pada kesempatan itu, dilaksanakan launching penggunaan lanang bango atau minyak kelapa lokal, penggunaan bahasa daerah Sangihe seminggu sekali tiap hari Jumat, dan penamaan pendopo rumah jabatan Bupati ke dalam bahasa daerah Sangihe yakni papanuhung santiago tampungang lawo.  


 

Juga dilangsungkan acara adat terhadap papanuhung santiago tampungang lawo pendopo rumah jabatan Bupati tersebut. Selanjutnya dilaksanakan ibadah bersama yang dipimpin Pdt Efraim Diamanis MTh, dengan pembacaan Alkitab kitab Keluaran 17 : 1-7 berjudul Di Masa dan Meriba. Dalam kotbahnya disampaikan, dua tahun kepemimpinan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Wabup Helmud Hontong SE, mensyukuri dan merayakan seperti ini, adalah masa lalu dan harapan masa depan. 

 


"Harapan pengembangan pembangunan banyak tantangan. Seperti dalam pembacaan Alkitab, kepahitan dan kepahitan di Masa dan Meriba yang menuju Kanaan. Berdoa, dan jangan takut, Tuhan bersama kita semua," kata dia. 


 

Sementara itu, Bupati dalam sambutannya mengatakan pemerintahan memasuki tahun kedua, patut disyukuri, terhadap perubahan dan kesejahteraan masyarakat Sangihe. Termasuk potensi yang dimiliki dan diupayakan secara maksimal dalam kepemimpinan memasuki tahun kedua, spirit pembangunan yang terus didorong. 
 

 

"Hari ini kita jadikan spirit untuk membangun Sangihe, semangat megahagho. Semangat membangun Sangihe yabg kita cintai, orang Sangihe yang memiliki semangar yang tak pernah padam," kata Bupati.
 

 

Lanjutnya, berbagai capaian kinerja, di antaranya bidang kesehatan yakni BPJS bagi masyarakat Sangihe, 12 puskesmas sudah terakreditasi, peningkatan kapasitas Rumah Sakit Daerah (RSD) Liun Kendage Tahuna, dan Rumah Sakit Rujukan Daerah. Bidang olahraga yakni pembangunan stadion di Manente, bidang pendidikan yakni berbagai prestasi yang sudah diraih, bidang lingkungan hidup yakni meraih Adipura. Pula bidang pengelolaan keuangan, pernah mendapat predikat WTP, dan berharap tahun 2018 dapat penilaian positif, dan selain itu penurunan angka pengangguran. 

 


"Kabupaten Kepulauan Sangihe punya DAK tertinggi di Sulawesi Utara (Sulut) yakni Rp174 milyar. Juga pembangunan hotel berbintang tiga, prestasi kita di sektor-sektor terkait. Meskipun kinerja selama dua tahun pemerintahan terus berlanjut, namun kita tidak boleh berpangku tangan, terus bekerja. Target capaian pembangunan yang bertahap dan berkelanjutan," jelasnya. 
 

 

Bupati juga menyampaikan, dicanangkannya penggunaan lanang bango atau minyak kelapa lokal, yakni alternatif adalah hari ini kita melaunching, yantlg harus dibeli dan dijual, ke toko-toko, kebijakan pemerintah bagi daerah adalah lanang bango, masih jauh dari menguntungkan masyarakat, masih 25 persen, jadi kelapa untuk dikelola menjadi lanang bango masih 75 persen belum dikelola. 
 

 

"Harga kelapa Rp2.200 di surabaya, hitung per konteiner 5.000 biji, salah satu altenatif masalah harga kelapa. Dengan mengkonsumsi lanang bango, bagi seluruh masyarakat Sangihe. Pelaku-pelaku ekonomi usaha kreatif digital, mau tidak mau harus kita sesuaikan," terang dia. 
 

 

Bupati juga menambahkan, launching penggunaan bahasa daerah Sangihe seminggu sekali tiap hari Jumat, agar dilaksanakan secara bersama-sama. "Kita harus lebih berani berbahasa Sangihe, kita telah deklarasi berbahasa Sangihe, menjaga peradaban bahasa Sangihe agar tidak punah. Dan ucapan syukur dua tahun kepemimpinan hari ini, sederhana. Kesederhanaan juga bersama saudara-saudara kita untuk merayakannya," tambah Bupati.

 

(fad/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
05 Jun 2019 / dibaca 63 kali
TAHUNA (BK): Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Sangihe menggelar kunjungan silaturahmi Idul Fitri 1440 H, kepada tokoh masyarakat dan agama...
Sangihe
05 Jun 2019 / dibaca 45 kali
TAHUNA (BK): Pelaksanaan Sholat Ied di Kabupaten Kepulauan Sangihe, saat hari raya Idul Fitri 1440 H, berlangsung aman, tertib dan lancer,...
Sangihe
05 Jun 2019 / dibaca 85 kali
TAHUNA (BK): Guna menunjang dan memaksimalkan pemerintahan dan pelayanan masyarakat, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab)...
Sangihe
05 Jun 2019 / dibaca 82 kali
TAHUNA (BK): Seluruh umat Islam di penjuru dunia merayakan kemenangan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, termasuk di Kabupaten Kepulauan...
Sangihe
05 Jun 2019 / dibaca 58 kali
TAHUNA (BK): Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Sangihe menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Pawai Takbiran, di Lapangan Apel Polres Kepulauan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.