Sangihe

Pemkab Sangihe dan BPJS Ketenagakerjaan Teken MoU

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 07 July 2020 22:45   108 kali
TAHUNA (BK) : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe menjalin kerja sama operasional dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yakni melalui video conference (vidcon) penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati Kepulauan Sangihe, Selasa (07/07/20).   
 
 
 
Turut hadir Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Kepulauan Sangihe Harry Wolf, Kaban KPSDMD Steven Lawendatu, Kadis Lingungan Hidup Ronald Izaak, Kaban Keuangan Femmy Montang, dan Kabag Kerja  Sama Daerah Viva Masoa, dan Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan di Sangihe.    
 
 
Penandatanganan MoU dilakukan kedua pihak, untuk memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi sekira 2400 Tenaga Harian Lepas (THL), Perangkat Kampung, Kepaka Lingkungan, Ketua RT dan Petugas Kebersihan seluruh Kabupaten Kepulauan Sangihe.  
 
 
Dalam sambutannya, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Sulut, Hendrayanto SE MM, menyampaikan apresiasinya terhadap Pemkab Kepulauan Sangihe yang sudah mengambil langkah protektif, dengan mendukung perlindungan terhadap setiap pekerja, baik di dalam maupun di luar lingkup pemerintahan.   
 
 
"Perlu diketahui, sebelumnya sudah ada kurang lebih 1000-an pekerja yang juga sudah terlindungi. Artinya, di Sangihe sudah ada sekira 3400 pekerja, yang apabila mengalami kecelakaan kerja, resikonya terbebankan ke BPJS Ketenagakerjaan," kata Hendrayanto.     
 
 
Dia juga menjelaskan, mengharapkan ke depannya akan ada lebih banyak lagi pekerja yang bisa terakomodir jaminan sosial ketenagakerjaannya.   
 
 
"Sehingga setelah data-data, baik personal pekerja maupun iurannya masuk ke BPJS Ketenagakerjaan, secara otomatis seluruh pekerja yang ada bisa kita lindungi," tambah dia.     
 
 
Sementara itu, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME menyampaikan, langkah ini dilakukan sebagai tindakan responsif Pemkab Kepulauan Sangihe, dalam memproteksi potensi kecelakaan yang bisa dialami pekerja lintas profesi, sekaligus menjawab kerinduan pekerja untuk mendapat jaminan keselamatan dalam bekerja.  
 
 
"Dengan dibagikannya BPJS Ketenagakerjaan bagi sejumlah pekerja informal sebelumnya, sudah lebih banyak pekerja yang rindu dan termotivasi untuk memiliki fasilitas keselamatan yang ditawarkan. Hal itulah yang menjadi dorongan semangat untuk kami, dalam mengakomodir kepentingan masyarakat Sangihe, terlebih khusus pekerja, baik sektor informal, maupun formal," tuturnya.
 
 
Bupati juga mengatakan, Pemkab Kepulauan Sangihe melalui Dinas Tenaga Kerja Daerah (Disnakerda) bakal berusaha memfasilitasi kebijakan-kebijakan seperti ini, sehingga ada jaminan bagi seluruh tenaga kerja lintas sektor, di Kabupaten Kepulauan Sangihe. 
 
 
Usai penandatanganan MoU, Kepala Disnakerda Pemkab Kepulauan Sangihe Drs Dokta Pangandaheng menyebutkan bahwa, dari data yang ada, untuk THL sendiri tinggal 1638 orang, sebab sejumlah THL sudah resmi menyandang status Aparatur Sipil Negara (ASN) setelah lolos seleksi pengangkatan.   
 
 
"Sehingga, untuk memenuhi target 2400 orang, pihaknya mengakomodir perangkat kampung meskipun belum terakomodir secara keseluruhan. Untuk perangkat kampung yang nantinya diberikan BPJS Ketenagakerjaan yakni Kapitalaung, Sekretaris Kampung, serta Kepala Urusan (KAUR). Sementara untuk pembiayaan iuran bulanan, akan difasilitasi Pemkab Kepulauan Sangihe melalui Disnakerda," terang dia.    
 
 
(fad/bk-10)    
 
 
 
 

 

 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
06 Aug 2020 / dibaca 107 kali
TAHUNA (BK) : Koramil 1301-06/Kendahe bersama  masyarakat melaksanakan kerja bakti membuka akses jalan akibat tertimbun tanah longsor yang...
Sangihe
06 Aug 2020 / dibaca 60 kali
TAHUNA (BK) : Tingginya curah hujan yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe, menimbulkan dampak di titik-titik rawan bencana. Komandan Kodim...
Sangihe
06 Aug 2020 / dibaca 105 kali
TAHUNA (BK) : Keikutsertaan Kodim 1301/Sangihe dalam mensukseskan swasembada pangan khususnya di tengah pandemi Covid 19 akan terus dilakukan...
Sangihe
06 Aug 2020 / dibaca 62 kali
TAHUNA (BK) : Langkah antisipasi terjadinya banjir, normalisasi pengerukan dan pelebaran sungai terus dilakukan. Anggota Babinsa Koramil...
Sangihe
06 Aug 2020 / dibaca 87 kali
TAHUNA (BK) : Selalu berada di tengah-tengah masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh warga di wilayah binaanya, Babinsa...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.