Sangihe

Pemkab Sangihe Gelar Rakor Evaluasi dan Pelaksanaan Program Tahun 2020

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 12 February 2020 21:27   68 kali
TAHUNA (BK): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi dan dan Pelaksanaan Program/Kegiatan TA 2020, ruang serbaguna kantor bupati, Rabu (12/02/2020), sekitar pukul 10.27 Wita. 
 
Pelaksanaannya dipimpin Asisten III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Dra Olga Makasidamo, turut dihadiri Kabag Pembangunan Joppie Warouw, beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), Inspektur Pemkab Kepulauan Sangihe NRE Pande SH, sejumlah camat dan para lurah.  
 
Menurut Asisten III Pemkab Kepulauan Sangihe Dra Olga Makasidamo, kegiatan ini pertama kali dilaksanakan tahun 2020, dan ini sangat penting dalam rangka melaksanakan kegiatan di tahun 2020, mengecek bersama camat dan lurah. 
 
"Kami berharap materi ini dapat diikuti dengan baik, kami harapkan diseriusi dengan baik dan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya. Terkait paket kerja, laporan EPRA (Evaluasi Program dan Anggaran) Tahun 2019, kecamatan yang sudah, sebagai pijakan. Sarana prasarana kelurahan tahun 2019. Tolong percepatan tiap kecamatan, seyogyanya laporan bulan Januari 2020. Laporan EPRA semester 2, ada juga beberapa belum, Desember 2019," kata dia. 
 
Lanjut disampaikannya, alokasi dana kelurahan, masih baru, penyesuaian, berkaitan dengan aturan, berkoordinasi dengan keuangan apalagi bisa beresiko hukum, dan jangan malu bertanya. Laporan program kegiatan, tiap kelurahan tolong terbuka, bisa berkoordinasi dengan Tim EPRA, kalau ada kendala. 
 
"Kami berharap wadah konsultasi bagian bisa ditindaklanjuti ini, terbuka di bagian pembangunan. Kewajiban lurah melaporkan ke kecamatan, suka atau tidak suka, merupakan tanggungjawab lurah. Dalam rangka pemeriksaan BPK terhadap keuangan tahun 2019, melaporkan keuangan tahun 2019.. Laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2019, BPK sudah ada di Tahuna, pemeriksaan keuangan awal," jelasnya. 
 
Pula disampaikan, kalau ada kendala silahkan konsultasi dengan Inspektur. Kalau ada hasil, pekerjaan fisik, kontrak, foto kemajuan pekerjaan, terutama dokumen pekerjaan. Juga pengelolaan keuangan dana kelurahan, ini barang baru, selalu ada penyesuaian, kalau ada masalah teknis selalu berkoordinasi dengan Tim EPRA. Untuk dana kelurahan tahun 2020 yakni Rp708.508.000," terangnya. 
 
Dia juga menjelaskan, Rencana Umum Pengadaaan (RUP), kalau ada kesulitan, ada Tim EPRA dan pembangunnan, dan persiapan kegiatan APBD tahun 2020. Pengadaan barang dan jasa tahun 2020, ada pembekalan teknis, koordinasi dengan bagian keuangan serta barang dan jasa. Laporan berjenjang, lurah ke camat lalu ke bupati.  
 
Kabag Pembangunan Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, Jopie Warouw mengatakan, laporan EPRA tiap kecamatan belum semua, diharapkan laporan EPRA dapat dilaksanakan tiap kecamatan. 
 
Sementara itu, Inspektur Pemkab Kepulauan Sangihe NRE Pande SH menjelaskan, mari kita taat aturan, aturan mendasar yang harus kita taati, ikut aturan. Juga sudah ada tunjangan kerja, untuk menunjang kinerja, sehingga bisa nyaman bekerja. 
 
"Ada kejadian, apa fungsional terhadap masyarakat. Terkait konsultas koordinasi kita terbuka. Banyak berkonsultasi, bapak ibu lurah sama-sama Bekrja, jangan harapkan keutungan dari itu. Bekerja dengan baik, administrasi tolong dibenahi, teman-teman lurah tolong pelajari aturan," ucap dia.
 
(fad/bk-10)
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
16 Feb 2020 / dibaca 384 kali
TAHUNA (BK): Guna menyikapi himbauan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, tentang pelaporan dan transparansi dana Bantuan...
Sangihe
15 Feb 2020 / dibaca 77 kali
TAHUNA (BK): Kerjasama dan kekompakan Babinsa dan warga, nampak seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 1301-05/Tahuna Kopda Gustaf bersama...
Sangihe
15 Feb 2020 / dibaca 47 kali
TAHUNA (BK): Babinsa Koramil 1301-01/Tagulandang, Serda Joni bersama warga membantu pembangunan rumah Keluarga Agris- Mangoto, di Desa Kisihang...
Sangihe
15 Feb 2020 / dibaca 70 kali
TAHUNA (BK): Babinsa Koramil 1301-06/Kendahe, Kopka Charles Takasiaheng melaksanakan pendampingan kegiatan posyandu di Kampung Kendahe I...
Sangihe
15 Feb 2020 / dibaca 65 kali
TAHUNA (BK): Babinsa Koramil 1301-04/Manganitu Sertu Vanderwyn Benjamin bersama masyarakat membantu mengangkat pasir milik Keluarga...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.