Sangihe

Pemkab Sangihe Upayakan Pemeliharaan Pelabuhan Ferry Pananaru

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 11 November 2019 05:34   120 kali

TAHUNA (BK): Kondisi pelabuhan ferry yang ada di Pananaru Kecamatan Tamako, diduga sangat memprihatikan.
Pasalnya, pelabuhan penyebrangan untuk kendaraan roda empat (R4) dan roda dua (R2) maupun kendaraan bongkar muat tersebut, rusak berat, untuk bantalan penyeberangan kendaraan tinggal memakai batang pohon kelapa.


Terkait hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe melalui Dinas Perhubungan (Dishub), berupaya untuk melakukan pemeliharaan terhadap pelabuhan ferry Pananaru ini.


Kepala Dishub Pemkab Kepulauan Sangihe, Frans Purowow mengatakan, bahwa untuk tanggungjawab pemeliharaan pelabuhan ferry Pananaru itu merupakan tanggung jawab Kementerian.


"Jadi sampai dengan saat ini tanggung jawab pemeliharaan pelabuhan itu dari Kementrian, dalam hal ini dari Dirjen Darat. Sehingga kita sudah beberapa kali menyurat ke Dirjen darat untuk transportasi angkutan darat agar dapat mendatangi kami disini agar dapat melihat kondisi pelabuhan," ungkapnya kepada awak media, belum lama ini.


Dijelaskannya, memang kendalanya juga bahwa dari Kementerian bisa menerima apabila pelabuhan sudah menjadi aset Kementerian dalam hal ini Dirjen Darat, dan dirinya tidak tahu bagaimana sejarahnya. Setelah dia menjabat Kadis Perhubungan dilakukan crosscheck di lapangan ternyata aset yang ada di pelabuhan Pananaru itu tidak jelas status kepemilikan, karena diduga tidak tercatat di aset Pemkab Kepulauan Sangihe, di Provinsi dan di Kementerian.


"Sehingga tahun ini, saya berinisiatif agar status kepemilikan tanah itu supaya jelas saya mulai dari baru, sehingga saat ini pelabuhan sudah tercatat menjadi aset Pemkab Sangihe dan sertifikatnya sudah ada," jelas Porowow.


Pula ditambahkannya,
Yang diinginkan, yakni perpanjangan tangan dari Kementeian agar datang disini, agar sertifikat pelabuhan akan diserahkan Pemkab Kepulauan Sangihe kepada Kementerian.


"Supaya aset tersebut menjadi milik dari Kementerian dan semua pemeliharaan di pelabuhan itu menjadi tenggung jawab Kementerian bukan lagi Pemkab Kepulauan Sangihe. Tetapi pengelolaanya dari Pemkab Kepulauan Sangihe, supaya ada kontribusi untuk daerah," tambahnya.


(fad/bk-10) 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
15 Jan 2020 / dibaca 68 kali
TAHUNA (BK): Bencana banjir bandang yang juga melanda Kecamatan Tamako Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jumat (03/01/2020) lalu menyimpan rasa...
Sangihe
15 Jan 2020 / dibaca 56 kali
TAHUNA (BK): Babinsa Koramil 1301-02/Siau, Serda Fransisco Bataha melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan Kepala Desa Karalung yakni...
Sangihe
15 Jan 2020 / dibaca 67 kali
TAHUNA (BK): Guna menjalin Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, Serka Nixon Londo Koramil 1301-02/Siau melaksanakan komunikasi sosial (Komsos)...
Sangihe
15 Jan 2020 / dibaca 62 kali
TAHUNA (BK):Dalam rangka mewujudkan kedekatan antara TNI dengan rakyat, Babinsa Koramil 1301-02/Siau Babinsa Sertu Edi Santoso dan Serda Junnedi...
Sangihe
15 Jan 2020 / dibaca 59 kali
TAHUNA (BK): Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Steven Lawendatu memperingatkan Aparatur Sipil Negeri (ASN) di...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.