Sangihe

Penanaman 3.000 Bibit Mangrove di Sangihe

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 07 October 2019 21:02   94 kali

TAHUNA (BK): Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke 74 Tentara Nasional Indonesia (TNI), diperkirakan sebanyak 3.000 bibit  mangrove ditanam. Penanaman bibit mangrove ini diselenggaran Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna, dipusatkan di kawasan Pertamina Tahuna, Kelurahan Tapuang Kecamatan Tahuna Timur, Senin (7/10/2019).


Turut hadir Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME,
Komandan Lanal (Danlanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Donny Aribowo, Kapolres Kepulauan Sangihe dan mencakup wilayah Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) AKBP Sudung Ferdinan Napitu SIK, pula sejumlah instansi terkait yakni Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna, Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Tahuna, Pengawasan Sumber Daya Kelautan (PSDKP) Tahuna dan para siswa/siswi SMA.


Komandan Lanal (Danlanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Donny Aribowo mengatakan, kegiatan penanaman mangrove ini merupakan perintah langsung dari Panglima TNI, dalam rangkaian kegiatan HUT ke 74 TNI.


"Tujuan dari kegiatan ini utamanya adalah menyelamatkan anak cucu kita. Sebenarnya mangrov ini memiliki banyak manfaat. Bila mangrov akan besar maka bisa dijadikan tempat wisata," kata dia.


Pula disampaikan, karena manfaat manggrov itu tidak hanya menahan abrasi, tetapi bisa sebagai destinasi pariwisata. Untuk penanaman hari ini sebanyak 500 bibit saja, sisanya nanti akan dilanjutkan.


"Hari ini ditanam sekitar 500 bibit manggrov, selanjutnya akan diteruskan oleh TNI dalam hal ini Lanal Tahuna dan masyarakat sampai 3.000 bibit. Karena semuanya di seluruh Indonesia sebanyak 300.074 bibit," jelasnya.


Sementara itu Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME menyatakan, kegiatan menanam mangrove ini merupakan gerakan yang memberikan pemahaman. Bahwa betapa pentingnya penghijauan, betapa pentingnya penanaman pohon dan dimulai dari pantai sampai ke gunung.


"Ini adalah sebuah komitmen kita dalam kerangka HUT TNI seperti tema menyelamatkan bumi. Tentu sebagai pemerintah daerah, kami sangat berterima kasih atas partisipasi aktif dari TNI dan Polri, untuk sama-sama kita yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, untuk mengambil bagian gerakan penanaman pohon khususnya bakau di wilayah ini," ucap Bupati.


Lanjutnya, berharap penanamam mangrove ini akan terus dilakukan oleh masyarakat.
"Mudah diikuti oleh komponen yang lain, untuk mampu melihat betapa pentingan penghijauan. Ini adalah menjadi sebuah kepentingan kita semua yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe," tandasnya.


(fad/bk-10) 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
12 Nov 2019 / dibaca 77 kali
TAHUNA (BK): Atlet panjat tebing Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Gerry Cristian siap berlaga di Pekan...
Sangihe
12 Nov 2019 / dibaca 89 kali
TAHUNA (BK): Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME menjadi inspektur upacara (irup) pada memperingati Hari Pahlawan, di...
Sangihe
11 Nov 2019 / dibaca 66 kali
TAHUNA (BK): Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tahuna langsung menindaklanjuti Keluhan warga Kecamatan Tahuna Timur yang sudah beberapa hari...
Sangihe
11 Nov 2019 / dibaca 78 kali
TAHUNA (BK): Kondisi pelabuhan ferry yang ada di Pananaru Kecamatan Tamako, diduga sangat memprihatikan. Pasalnya, pelabuhan penyebrangan...
Sangihe
10 Nov 2019 / dibaca 60 kali
TAHUNA (BK): Warga di Kampung Pinebetengan Kecamatan Manganitu sempat dibuat heboh. Pasalnya, seorang pria, teridentifikasi berinisial AM (66),...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.