Sangihe

Pencanangan Manente sebagai Kelurahan Sadar Kerukunan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 09 July 2019 07:31   124 kali

TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME menghadiri pencanangan Kelurahan Manente Kecamatan Tahuna sebagai Kelurahan Sadar Kerukunan dan dialog lintas agama, Senin (08/07/2019), sekitar pukul 14.30 Wita, di aula Teletabis Manente, Kelurahan Manente Kecamatan Tahuna.


Turut hadir Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe Helmud Hontong SE, Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Abdul Rasyid, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Kemenag Kabupaten Kepulauan Talaud, Kepala Kemenag Kabupaten Minahasa Utara (Minut), tokoh agama dan tokoh masyarakat.


Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kepulauan Sangihe Pdt Ambrosius Makasar MTh menyampaikan selamat datang bagi para tamu undangan termasuk Kepala Kemenag Sulut dan rombongan, bangga boleh mampir, beri inspirasi bagi kami sehingga dialog yang dibangun bisa membangun demi membangun Sangihe, dan terima kasih kehadiran Forkpimda.


"Pencanangan Kelurahan Manente sebagai Kelurahan Sadar Kerukunan, kami berbangga atas kepercayaan inu. Kami terus bekerja, membangun kerukunan, eksistensi kabupaten yang kabupaten yang benar, aman dan selalu beri arti dan warna tersendiri. Dalam rangka membangun Indonesia dan daerah yang kita cintai," kata dia.


Ketua Kemendag Sulut Dr Abdul Rasyid, menyampaikan panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dalam rangkaian Desa Sadar Kerukunan, di Kelurahan Manente Kecamatan Tahuna.


"Kegiatan Desa Sadar Kerukunan, sesuatu yang sangat penting di Sulut, mengingat Provinsi Sulut merupakan ukuran kerukunan antar umat beragama di Indonesia. Agar daerah ini meraih predikat toleran kerukunan antar umat beragama, termasuk indeks kesetaraan antar unat beragama, daerah paling toleran di Indonesia. Karena itu, pencanangan ini akan berikan dampak bisa meraih Harmoni Award, tidak main-main pilih daerah ini. Mudah-mudahan bisa menadi kujungan pariwsiara di Sulut," kata dia.


Pula ditambahkan, karena itu, kerukanan antar umat beragama sangat penting, terima kasih bagi Bupati, Wakil Bupati, FKUB, toleransi antar umat beragama sangat penting.


Sementara itu, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME mengatakan, kemajuan sebuah wilayah, termasuk negara selalu bertolak pada keamanan, harmonisasi. Tamu datang di sini, seringkali bertanya bagaiman keamanan, bagaimana kerukunanan di sini, terkait sosial kemasyarakatan.


"Hari ini sebuah langkah untuk ditempuh, harmonisasi kerukunan antar umat beragama. Ini hal yang harus kita jaga bersama. Sehebat apapun yang kita miliki kalau tidak aman, tidaklah bermanfaat. Terakhir Idul Fitri, malam takbiran, semua ikuti, halal bihalal, ini menandakan komunikasi yang terbangun boleh kita wujudkan impelementasikan," kata dia.


Lebih lanjut disampaikan, perjuangan kami, daerah kami mendapatkan Harmoni Award. Ukuranya lima agama, kita di sini hanya dua, perlu dievaluasi. Kita jaga sadar kerukanan, tentu kita tuju bukan reward, tapi dapatkan buahnya yang kita lakukan.


"Dialog ini perlu, kita tidak terlena pada zona-zona nyaman seperti ini, ada simpul-simpul yang perlu ditanya, juga ada teman-teman MUI yang bisa dibicarakan. Interaksi kita memberikan pemahaman, harus kita bicarakan terus, agar tak ada beban. Kita wujudkan bersama, sehingga dialog seperti ini dapat dilaksanakan, juga teman-teman pemuda, perlu kita tingkatkan terus," jelasnya.


Pula disampaikan, perhatian pemerintah daerah terhadap tokoh-tokoh agama, ini adalah kenyataan, pemerintah menjalankan tatanan pemerintahan. Keimanan yang kuat maka taat pada pemerintah, pemerintah bekerja tugas pemerintahan, dan juga melaksnakaan tugas kemasyarakatan tentunya sangat mahal.


"Tak hanya terlena pada zona nyaman, sehingga kita dininabobokan. Terima kasih FKUB, tokoh agama dan masyarakat. Tunjangan kepada tokoh agama, tidak sama, berdasarkan beban kerja, berdasarkan beban umat," tambahnya.


(fad/bk-10)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
09 Oct 2019 / dibaca 78 kali
 TAHUNA (BK): Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten kepulauan Sangihe melaksanakan kegiatan manasik haji cilik (MHC), Rabu...
Sangihe
09 Oct 2019 / dibaca 80 kali
TAHUNA (BK): Diduga karena penerapan harga bahan bakar minyak berupa avtur (bahan bakar pesawat) terlalu tinggi di Bandara Soekarno-Hatta hanya...
Sangihe
09 Oct 2019 / dibaca 90 kali
TAHUNA (BK)Pelaksanaan upacara bendera yang rutin dilaksanakan kodim 1301/Sangihe setiap hari senin bertempat di lapangan upacara Makodim kali...
Sangihe
08 Oct 2019 / dibaca 98 kali
TAHUNA (BK): Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, Ernist Unas SPi MSi mengatakan, untuk...
Sangihe
08 Oct 2019 / dibaca 105 kali
TAHUNA (BK): Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME, dangan tegas mewarning para Camat....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.