Sangihe

Pencarian Dana Desa Dilakukan Bertahap

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 12 February 2018 20:49   150 kali

TAHUNA (BK): Proses pencarian dana desa tahun 2018 bertahap dan memperhatikan berbagai kelengkapan yang diperlukan yakni sesuai dengan aturan dan ketentuan untuk dipenuhi oleh masing-masing kampung atau desa.

 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs T Kawasa kepada wartawan, Senin (12/2/2018), di ruang kerjanya.

 

Ia menyatakan, penerapannya berlaku sama dan tetap terkoordinasi dengan baik satu sama lain. "Tentunya harus bertahap, dan sesuai dengan UU dari Menteri Keuangan No 225 tahun 2017  yakni pencarian dana desa tiga tahap. Yaitu tahap pertama 20 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 40 persen," jelas dia.

 

Lebih lanjut disampaikannya, guna melengkapi pelaksanaannya di lapangan, yakni dilengkapi dengan Peraturan Bupati (Perbup) yang sudah ditetapkan dan disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 

“Untuk tahap pertama pencairan dana desa 20 persen sudah dimulai Januari 2018 dengan melengkapi persyaratan yakni Rencana Kerja Pemerintah Desa (RJPM),” jelas dia.

 

Sementara itu, tahap kedua dana desa yakni 40 persen juga haruslah melengkapi persyaratan SPJ terhadap dana desa tahun 2017. Sedangkan tahap ketiga dana desa yakni 40 persen, juga harus melengkapi sejumlah persyaratan yang diperlukan.  

 

"Ada sejumlah kriteria yang diterapkan untuk pengelolaan dana desa tahun 2018. Untuk Sulawesi Utara (Sulut) mengalami penurunan yakni salah satunya penurunan masyarakat atau warga miskin. Indikator masyarakat miskin mencakup 30 persen dari dana desa," ungkapnya.

 

Pula ditambahkan dia, sejumlah kriteria lain yang diberlakukan pada dana desa yaitu jumlah penduduk, tingkat kemiskinan, tingkat kesulitan dan beberapa kriteria lainnya.

 

"Sumber dana desa yaitu dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yakni 10 persen dari APBN sebagai dana sharing.

 

"Tiap kampung atau desa berbeda nominal dana desanya, sesuai dengan jumlah warga miskin. Untuk tiap kampung, perkiraan nominal dana desa, terendah sekitar Rp998 juta, sedangkan yang tertinggi Rp1,1 Milyar," pungkasnya.

 

(fad/bk-1)  

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
13 Aug 2018 / dibaca 116 kali
TAHUNA (BK): Memiliki wilayah yang luas dan beragam potensi turut menjadi perhatian pemerintah daerah untuk mengembangkannya secara maksimal,...
Sangihe
13 Aug 2018 / dibaca 118 kali
TAHUNA (BK): Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar Seminar Deteksi Dini pada Penyakit Jantung, di pendopo rumah...
Sangihe
11 Aug 2018 / dibaca 174 kali
TAHUNA (BK): Sebanyak 13 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Kepulauan Sangihe tiba di Pelabuhan Laut Manado, Jumat (10/8/2018). Sebelum itu...
Sangihe
11 Aug 2018 / dibaca 169 kali
TAHUNA (BK): Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar Open Tournamen Catur sejak Selasa ...
Sangihe
10 Aug 2018 / dibaca 194 kali
TAHUNA (BK): Green House bantuan Bank Indonesia (BI) untuk petani di Kecamatan Tahuna Barat diresmikan penggunaannya oleh Deputi Kepala...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.