Sangihe

Penjelajah Asal Latvia Terdampar di Sangihe

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 12 November 2019 22:06   189 kali

TAHUNA (BK): Kurang lebih dua pekan di pantai Kampung Kulur Kecamatan Tabukan Tengah, Kabupaten Kepulauan Sangihe, seorang pelaut asal negara Latvia diamankan pihak Imigrasi Tahuna, Sabtu akhir pekan lalu.


Diamankannya pelaut yang belakangan bernama Karlis Barelis (34) bersama kapal pesiar kecilnya, juga karena adanya laporan masyarakat setempat. Meski diamankan, warga asing tersebut tak bisa ditindaki melanggar aturan, sebab yang bersangkutan ternyata memliki dokumen administrasi yang lengkap.


Pihak Kantor Imigrasi Kelas II Tahuna membenarkannya ketika dikonfirmasi melalui Kepala Seksi Teknologi Informasi Keimigrasian Boyke Pangabean, Selasa (12/11/2019).


“Kemarin, warga Latvia sudah datang ke sini. Dan kami sudah menindaklanjuti laporan masyarakat, sekaligus sudah dilakukan pemeriksaan terhadap warga Latvia, dan yang bersangkutan memiliki dokumen yang lengkap,” jelasnya.


Lebih lanjut dijelaskan, karena memiliki dokumen yang lengkap dan disesuaikan dengan regulasi yang berlaku, pihak Imigrasi Kelas  II Tahun akan memberikan ijin tinggal kepada warga Latvia tersebut selama 30 hari ke depan, sebelum melanjutkan petualangannya, sekaligus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.


”Kami telah berkoordinasi dengan pimpinan. Dan kemungkinan kepada warga Latvia itu, akan diberikan ijin tinggal selama 30 hari ke depan, sebelum yang bersangkutan berlayar menuju negara tujuan,”ujarnya.


Sementara dari hasil pemeriksaan pihak Imigrasi, warga Latvia tersebut mengawali pelayarannya dari Papua Nugini dengan negara tujuan Vietnam, akan tetapi diperhadapkan dengan cuaca ekstrim, ia akhirnya mengalihkan arah pelayaran dan terdampar di pantai Kampung Kulur.


”Tujuan pelayaran warga Latvia ini sebenarnya ke Vietnam. Tapi karena faktor cuaca dan tiupan angin, ia akhirnya terdampar di pantai Kulur,” tambahnya.


(fad/bk-10)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
30 Nov 2019 / dibaca 64 kali
TAHUNA (BK): Sebagai salah satu bentuk kepedulian bagi masyarakat, Babinsa Koramil 1301-04/Manganitu, terus bergotong royong bersama warga untuk...
Sangihe
30 Nov 2019 / dibaca 95 kali
TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan SangihebJabes Ezar Gaghana SE, bersama Asisten II Harry Wolf, mengunjungi kantor Kementrian Koodinator Bidang...
Sangihe
30 Nov 2019 / dibaca 62 kali
TAHUNA (BK): Kabupaten Kepulauan Sangihe menjadi satu-satunya kabupaten/kota yang menjadi perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menerima...
Sangihe
29 Nov 2019 / dibaca 84 kali
TAHUNA (BK): Guna menunjang pelaksanaan tugas dan tanggungjawab Tentara Nasional Indonesia (TNI), maka diperlukan juga pembinaan komunikasi...
Sangihe
29 Nov 2019 / dibaca 54 kali
TAHUNA (BK): Dalam rangka mendukung program pemerintah tentang jambanisasi bagi masyarakat kurang mampu serta menunjang kesehatan di lingkungan,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.