Sangihe

Perbankan Turut Me'Daseng

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 01 July 2018 20:05   410 kali

TAHUNA (BK): Sebagai bagian dari layanan publik atau masyarakat, sejumlah perbankan turut hadir dalam kegiatan Me'Daseng, Jumat (29/6/2018), di pendopo Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST) jemaat Imanuel Behongang, Kecamatan Kepulauan Tatoareng.

 

Perbankan diberikan kesempatan untuk menyampaikan program-program kepada publik atau masyarakat setempat. 
Giliran perdana dari Bank BRI Cabang Tahuna, melalui utusan atau perwakilan, yakni sebelumnya memohon maaf karena Kepala BRI Cabang Tahuna tak bisa hadir. 
 

 

Untuk program yang disampaikan yakni kredit usaha rakyat (KUR) saat ini perbankan juga melayani, terhitung hingga 31 Mei 2018 senilai Rp98 milyar yang mencakup wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dan Kabupaten Kepulauan Talaud. Dan sebanyak 90 ribu debitur, termasuk di wilayah Kecamatan Kepulauan Tatoareng. Layanan KUR ini juga berlaku bagi Bank BRI di Tamako, termasuk BRI di Tidore dan BRI Sawangbendar. 
 

 

Dia menambahkan, ada prsrayatan yang dipenuhi, harus miliki usaha produktif, sektor pertanian dan perikanan, surat keterangan usaha, besaran KUR yakni Rp25 juta dengan suku bunga 0,4 tiap bulan, jangka waktu khusus modal kerja 3 tahun. Untuk kredit investasi bisa dilayani sampai 5 tahun karena perluasan usaha. 
 

 

"Pula ada produk Briling BRI, dan sudah ada dua agen Briling BRI di Tatoareng yakni penyetoran atau transfer, ada alat diberikan perbankan untuk layani transaksi perbankan di sini, Briling via android, Briling mobile 530 orang, tiga kabupaten yakni Sangihe Sitaro dan Talaud, juga kendala dialami karena keterbatasan alat,” ungkap dia.

 

 
Kendala yang dialami terhadap dana desa di Bank BRI, tentunya tetap dilayani. Termasuk menyertakan rekening koran terhadap dana desa, dimana yang bersangkutan meminta langsung ke bank, apalagi rekening simpanan, juga anggaran dana desa, nanti akan konfirmasi ke kepala cabang agar tak ada nasabah yang dipersulit lagi, tapi tetap dilayani dengan baik. 

 


Materi kedua yakni utusan atau perwakilan Bank Sulutgo Cabang Tahuna, Kristian Manopo, tentunya dalam pelayanan lebih dekat lagi dengan publik atau masyarakat baik Bank Sulutgo Cabang di Tahuna dan seluruh Bank Sulutgo unit. 
 

 

"Secara umum mendukung program pemerintah baik di pusat maupun di daerah, dan mengumpulkan dana dari nasabah di Bank Sulutgo. Ada produk unggulan yaitu kredit dan tabungan. Sudah salurkan sebanyak 360 kredit. Dan untuk produk tabungan berupa simpeda, juga ada persyaratan, turut menawarkan fitur-fityr bank, online system, pelayanan dilengkapi dengan ATM, juga berhak ikut undian, kepala Bank Sulutgo Tahuna ikut undian hari ini (Jumat (29/6/2018) di di Manado," jelas dia. 
 

 

Dijelaskannya, untuk deposito, juga ada suku bunga. Termasuk disediakan ATM seluruh cabang, dan juga ditawarkan tabungan Bohusami. Untuk deposito penarikannya bisa 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan bahkan setahun. Pula ada Tabungan Bunaken, tiap saat bisa ditarik, sasaran yakni menengah ke atas, dan pelayanannya tetap prima. 
 

 

"Dipikirkan kendala di wilayah Tatoareng, ada berbasis android, yakni kalo ada anak-anak di luar daerah bisa lakukan di sini. Juga bisa bayar pulsa, telepon dan listrik, tentunya tak perlu lagi datang ke bank. Bisa sms bangking, transaksi transfer di Manado atau luar daerah. Gerakan ayo menabung dan tetap dukung program pemerintah," pungkasnya. 
 

 

Sementara itu, Bank BNI Cabang Tahuna, disampaikan oleh utusan atau perwakilan, yakni Welmar Makpal, juga menyampaikan permohonan maaf karena pimpinan tak bisa hadir, karena akhir bulan, banyak tugas dan tanggungjawab yang dikerjakan. 
 

 

"Produk yang ditawarkan yakni agen 46, hampir sama dengan BRI yakni Briling BRI. Untuk agen 46, bisa transfer ke bank lain, pulsa, handphone listrik. Di wilayah Kecamatan Kepulauan Tatoareng memang tak ada agen 46, tentunya siapa yang berminat bisa melakukannya. Melalui agen 46 yakni transkaksi android, keuntungan didapat agen 46, bila transfer ke bank lain, maka ada fee diterima. Dalam penerapannya membutuhkan internet, juga bisa sms banking. Mohon maaf, kami BNI masih belum bisa salurkan kredit karena tak ada debitur, dan tunggu dr pusat," kata dia.

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
11 Sep 2018 / dibaca 188 kali
TAHUNA (BK): Bagian Perbatasan yang ada di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe bakal akan berganti...
Sangihe
10 Sep 2018 / dibaca 183 kali
TAHUNA (BK): Pelaksanaan penutupan iven tahunan Festival Pesona Sangihe (FPS) sejak tanggal 4-8 September 2018, berlangsung aman tertib lancar...
Sangihe
10 Sep 2018 / dibaca 169 kali
TAHUNA (BK): Mensyukuri berkat ketambahan usia, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME menggelar ibadah syukur hari ulang...
Sangihe
08 Sep 2018 / dibaca 234 kali
TAHUNA (BK): Berbagai kegiatan diselenggarakan saat iven tahunan Festival Pesona Sangihe (FPS) digelar 4-8 September 2018, di Kawasan...
Sangihe
08 Sep 2018 / dibaca 243 kali
TAHUNA (BK): Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe membuka pelayanan Kartu Identitas Anak...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.