Sangihe

Perhatikan Anak Usia Sekolah

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 21 August 2018 06:33   210 kali
Edwin Roring SE ME.

TAHUNA (BK): Sebagai bagian dari upaya mendorong sektor pendidikan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe turut menunjang pelaksanaannya secara jelas dan tepat di lapangan, yakni dengan memperhatikan anak usia sekolah di tiap wilayah melalui topangan bersama.

 

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Edwin Roring SE ME.

 

Ia menyatakan, mengakomodirnya melalui program pendidikan yang juga disediakan dan diterapkan oleh instansi terkait sesuai prosesnya untuk dilaksanakan secara bersama. "Salah satunya melalui Program Keluarga Harapan (PKH) oleh Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker). Program ini juga mengakomodir anak-anak yang putus sekolah di wilayah-wilayah," kata Sekda. 

 

Pula dilanjutkannya, untuk tahun 2017 lalu, memang sempat ada anak-anak yang putus sekolah diakomodir melalui program PKH dimaksud. 

 

"Tahun 2018 belum ada. Meski begitu, pemerintah daerah tetap berupaya mengkoordinasikannya dengan instansi terkait dan wilayah guna memastikan kalau masih ada anak-anak yang putus sekolah," jelasnya. 

 

Sekda juga menambahkan, pemerintah daerah tentunya berkomitmen untuk mendukung peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui sektor pendidikan bagi anak didik, dan memastikan pendidikan dasar yang ditentukan bisa diberlakukan secara jelas serta tepat. 

 

"Namanya anak usia sekolah harus sekolah, bukan bekerja. Hal ini jangan diabaikan dan membutuhkan kesadaran orangtua untuk menyekolahkan anak-anaknya," tandasnya. 

 

Lagipula dalam tindaklanjutnya, pemerintah daerah berharap agar guru-guru di tiap sekolah juga berinisiatif memperhatikannya kalau ada anak-anak yang sudah putus sekolah, dan ini pula merupakan tanggungjawab dari pemerintah daerah. 

 

"Agar program ini dapat dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Juga di Dinas Pendidikan Nasional disediakan bidang Pendidikan Luar Sekolah," tutupnya.

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
05 Nov 2018 / dibaca 91 kali
TAHUNA (BK): Setelah diberikan penambahan waktu lagi pelaksanaan selama sebulan terhadap Immunisasi Campak dan Rubbela bagi anak usia 9 bulan...
Sangihe
05 Nov 2018 / dibaca 97 kali
TAHUNA (BK): Upaya mendorong kemandirian berkarya bagi para tenaga kerja yang berpotensi turut diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten...
Sangihe
05 Nov 2018 / dibaca 120 kali
TAHUNA (BK): Pemerataan terhadap pembangunan tentunya penting untuk diberlakukan bagi seluruh wilayah yang mencakup keseluruhannya, termasuk...
Sangihe
04 Nov 2018 / dibaca 158 kali
TAHUNA (BK): Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Sangihe menangkap lelaki berinisial MAT alias Amir,...
Sangihe
04 Nov 2018 / dibaca 134 kali
TAHUNA (BK): Jefry Moghodatu (25), warga Kampung Basau Kecamatan Tabukan Selatan (Tabsel), dilarikan ke Rumah Sakit Daerah (RSD) Liun Kendage...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.