Sangihe

Peringati HPSN, Pemkab Sangihe, TNI Polri dan Instansi Terkait Laksanakan Kerja Bakti Massal

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 24 February 2021 21:18   112 kali
TAHUNA (BK) : Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada hari minggu (21/02/2021) lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe beserta seluruh jajarannya, TNI Polri, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri Tahuna dan BUMN/BUMD di Kabupaten Kepulauan Sangihe melaksanakan kerja bakti masal secara serentak, Rabu (24/02/2021), sekitar pukul 08.00 Wita.  
 
 
Pelaksanaan kerja bakti massal tersebut diperkirakan berlangsung pada 98 lokasi, dalam kegiatan bertajuk "Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi" ini, mencakup daerah pesisir pantai dan aliran sungai, pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga rumah-rumah ibadah di wilayah Kota Tahuna dan sekitarnya.  
 
 
Kepada awak media, di kawasan Pelabuhan Tua (Peltu) Tahuna, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Daerah Pemkab Kepulauan Sangihe Ronald Izaak menjelaskan, sebenarnya di Sangihe sendiri ada banyak jenis sampah, baik organik maupun non organik yang seyogyanya dapat dimanfaatkan sebagai penunjang perekonomian di tengah pandemi Covid 19.  
 
 
"Sesuai tema HPSN 2021, sampah-sampah tersebut sebenarnya dapat diolah menjadi bahan baku bernilai ekonomi dengan inovasi-inovasi yang kian berkembang seperti pengolahan pupuk dan kerajinan tangan. Pun hasil produk berbahan baku sampah yang lain yang sudah dibuktikan oleh banyak pihak," jelasnya. 
 
 
Pula disampaikan, dari pada sekedar menggelar kegiatan seremonial, akan lebih berguna jika HPSN diperingati dengan turun langsung membersihkan sampah. 
 
 
"Sampah yang telah dikumpulkan, nantinya akan coba diolah kembali sesuai dengan jenis dan fungsinya. Hal ini sekaligus menjadi kampanye terkait kebersihan lingkungan," terangnya lagi. 
 
 
Dia juga menghimbau masyarakat, agar dapat tetap memperhatikan kebersihan di tengah pandemi Covid 19. Karena belakangan acap kali ditemukan sampah-sampah medis yang dibuang di tempat-tempat sampah umum, terutama di pusat-pusat keramaian.  
 
 
"Jadi selain sampah yang masih sering kedapatan dibuang ke sungai dan laut, belakangan mulai banyak juga sampah medis. Sebaiknya, sampah-sampah seperti masker, faceshield, maupun tissue bekas pakai dibuang di tempat dan atau kantong khusus dan jangan dibuang sembarang untuk menghindari penyebaran Covid 19," tutup dia. 
 
 
(fad/bk-10)   
 
 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
14 Apr 2021 / dibaca 70 kali
TAHUNA (BK) : Babinsa Koramil 1301-05/Tahuna Sertu Hendra M melaksanakan melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) membantu Keluarga Rolando...
Sangihe
14 Apr 2021 / dibaca 84 kali
TAHUNA (BK) : Jalin komunikasi yang baik bersama seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, personil Babinsa...
Sangihe
13 Apr 2021 / dibaca 108 kali
TAHUNA (BK) : Kondisi hujan deras berlangsung di Kota Tahuna dan sekitarnya, Selasa (13/04/2021). Menyebabkan muka air di sungai naik tinggi dan...
Sangihe
13 Apr 2021 / dibaca 86 kali
TAHUNA (BK) : Babinsa Koramil 1301-01/Tagulandang Serda Heston Tatontos, mengajak generasi muda yang ada di Kampung Buha Kecamatan Tagulandang...
Sangihe
13 Apr 2021 / dibaca 217 kali
TAHUNA (BK) : Komandan Kodim (Dandim) 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP ambil apel seluruh prajuritnya di hari pertama menjalankan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.