Sangihe

Pj Bupati Hadiri Rakernas XIV APKASI Tahun 2022

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 18 June 2022 16:19   303 kali
Pj Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan menghadiri Rakernas XIV APKASI Tahun 2022.
TAHUNA (BK) : Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Tahun 2022, di Hotel Pullman Vimala Ciawi, Kabupaten Bogor, Sabtu (18/06/2022). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof Drs H Muhammad Tito Karnavian MA PhD. 
 
 
Untuk Rakernas APKASI kali ini mengangkat tema "Dengan Semangat Kolaborasi, Kita Sukseskan KTT G20 untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional Yang Kuat dan Berkelanjutan".  APKASI merupakan wadah kerjasama Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia yang memiliki konsep yang jelas dan tujuan untuk membahas bersama, menyelesaikan berbagai kendala didaerah serta menyampaikan saran pertimbangan bahkan usul pada Presiden secara berjenjang. 
 
 
Pada kesempatan itu, laporan Ketua Umum APKASI, menyampaikan, melalui forum Rakernas, kami melaporkan kepada bapak Menteri bahwa salah satu tahun kepengurusan APKASI periode 2021-2026, kami telah melaksanakan 34 kegiatan besar yaitu kegiatan yang bersifat advokasi, penguatan kapasitas daerah, peningkatan ekonomi lokal dan kegiatan yang bersifat sosial.
 
 
"Untuk kegiatan yang bersifat advokasi, kami telah melakukan rapat dengan pendapat umum dengan DPR RI dan DPR RI terkait dengan kebijakan umum keuangan daerah. Kolaborasi antara APKASI dengan Kementerian Dalam Negeri berjalan sangat baik sekali dan harmonis," jelasnya.  
 
 
Lanjut disampaikan, tentu hal ini tidak terlepas dari peran dan arahan bapak Menteri yang menjadikan APKASI sebagai alat satu mitra diskusi dalam pengambilan kebijakan terkait dengan Pemerintahan Daerah. 
 
 
"Untuk itu, kami sangat berterima kasih kepada bapak yang telah memberikan perhatian khusus, ada beberapa hal yang selalu menjadi permasalahan setiap kami turun di seluruh wilayah di Indonesia. Saat ini yang menjadi konsen (Fokus) Kepala-Kepala Daerah adalah Peraturan Pemerintah nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja terkait dengan Penghapusan Pegawai Honor," tandasnya.  
 
 
Dia pula mengatakan, kami mohon melalui Menteri Dalam Negeri, untuk dapat memberikan masukan kepada para Pejabat Tinggi, terkait untuk ditunda, supaya ini tidak menjadi masalah di Kabupaten yang ada di seluruh Indonesia. 
 
 
"Kami sangatlah berharap melalui usul saran dalam pertemuan APKASI dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah dengan pemerintah pusat. Kami di APKASI hadir untuk memberikan solusi dan juga saran, supaya ini aturan-aturan tidak bertabrakan dan tidak menjadi permasalahan yang berkelanjutan di 416 daerah seluruh Indonesia," tambahnya. 
 
 
Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof Drs H Muhammad Tito Karnavian MA PhD mengucapkan, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat pagi menjelang siang salam sejahtera untuk kita semua om swastiastu namo budaya salam kebajikan. Dikatakannya, pertama-tama saya menyampaikan apresiasi kepada  Ketua APKASI yang juga merupakan Bupati Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE, dan teman-teman yang telah menginisiasi acara rapat kerja nasional ini. 
 
 
"Menunjukkan bahwa asosiasi ini memiliki konsep yang jelas dan terarah. Strong leaders, (pemimpin yang tangguh), memiliki 3 hal yaitu pertama, memiliki power (kekuasaan) tanpa kekuasaan enggak akan bisa menjadi kuat. Kedua, memiliki follower, memiliki pengikut. Ketiga, memiliki konsep," terang dia. 
 
(fad/bk-10)  
 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
21 Jan 2023 / dibaca 102 kali
TAHUNA (BK) : Keakraban bersama warga binaan merupakan tugas pokok Babinsa di wilayah Kodim 1301/Sangihe. Salah satunya yaitu dengan melakukan...
Sangihe
21 Jan 2023 / dibaca 95 kali
TAHUNA (BK) : Dengan semangat gotong-royong Sertu Johanis Tarontong Babinsa Koramil 1301-04/Manganitu terus membangun kemanunggalan TNI bersama...
Sangihe
19 Jan 2023 / dibaca 120 kali
TAHUNA (BK) : Prada Leo Dos Santos, Babinsa Koramil 1301-02/Siau, melaksanakan kegiatan pengumpulan data teritorial (Puldater) di Kampung Bukide...
Sangihe
19 Jan 2023 / dibaca 112 kali
TAHUNA (BK) : Koptu Julius Tatulus Babinsa Koramil 1301-08/Tabteng melaksanakan kerja bakti membantu penggalian pondasi rumah di Keluarga...
Sangihe
19 Jan 2023 / dibaca 91 kali
TAHUNA (BK) : Babinsa Koramil 1301-10/Marore Serda Sparman Naung selaku Babinsa Kampung Marore Kecamatan Marore bersama masyarakat bahu-membahu...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2023 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.