Sangihe

Polres, Lanal, Bulog, Sampaikan Materi Me'Daseng di Tatoareng

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 01 July 2018 19:43   376 kali

TAHUNA (BK): Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melalui perwakilan, Badan Urusan Logistik (Bulog) serta Stasiun Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (SPSKP) turut menyampaikan materi Me'Daseng di wilayah Kecamatan Kepulauan Tatoareng, yakni di pendopo Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST) jemaat Imanuel Behongang, Jumat (29/6/2018).

 

Polres Sangihe disampaikan Kasat Bimbingan Masyarakat (Binmas) AKP M Kasombang, materi yang disampaikan yakni kekerasan dalam rumah tangga berujung perceraian.  Perbuatan secara fisik dan non fisik, perbuatan ini paling banyak bapak-bapak sebagai kepala keluarga. Kenapa ini, diangkat dalam materi, karena paling banyak laporan di Polres Sangihe yakni miras, judi dan selingkuh. Juga ada ancaman hukuman, kalau merasa tertekan bisa 5 tahun dan kalau terluka bisa 10 tahun.

 

"Mengecek laporan yang masuk, dari Polsek Tamako, apa tidak ada atau tak dilapor. Untuk wilayah Tatoareng tak ada laporan, merupakan yang paling aman, tak ada kejadian. Paling amana. Mohon maaf Pak Kapolres Sangihe sebenarnya ingin hadir di Me'Daseng, namun karena masih melaksanakan pengamanan Pemilih Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro)," ucap dia.

 

Pula dikatakannya, kondisi yang aman merupakan salah satu barometer juga peran serta kapitalaung dan masyarakat yakni atak ada gejolak dan masih bisa diantisipasi, dan kepolisian tentunya berterimakasih dan menitipkan anggota Polres Sangihe di Tatoareng. Untuk nomenklatur Polres Sangihe menjadi Polres Kepulauan Sangihe. 

 

"Jauhi minuman keras (miras). Tak ada laporan sampai di Polres, perjudian tak ada, tak afa kasus kriminal. Dilarang jual miras, ada prosedur, salah satunya captikus yakni minuman keras yang memabukan, ada zat ganggu saraf.Dihimbau agar tak minum miras, ada yang sudah ketergantungan. Agar masyarakat tak menjual miras. Jadilah polisi bagi diri sendiri dan keluarga dan jaga keamanan bersama. Kalau menyelenggarakan acara, jangan sampai latut, hanya sampai tengah malam lalu berhenti. Jangan berdisco sebab menjadi tempat setan. Karena sangat mengganggu, ini kami sampaikan. Jaga kerukukan keluarga, jadi masyarakat yang sejahtera," kata Kasombang. 

 

Utusan atau perwakilan dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) yakni seorang perwira, menyampaikan materi saat Me'Daseng berlangsung. "Komandan Lanal Tahuna tak hadir, karena melaksanakan serah terima di Lantamal Manado. Pelaksanaan tugas dan tanggungjawab Lanal Tahuna yakni memberikan dukungan administrasi dan logistik, juga pertahanan dan keamananan. Pengamanan secara faktual di wilayah perbatasan, didukung kapal-kapal patroli untuk menangani illegal fishing dan kejahatan lainnya di wilayah perairan laut," tandasnya. 

 

Selanjutnya penyampaian dari Bulog Sangihe oleh Medi H Wongkar, yakni program yang dilaksanakan turut mendukung pemerintah daerah untuk menyalurkan bantuan daerah berupa beras sejahtera (rasra).

 

"Untuk wilayah Kecamatan Tatoareng belum disalurkan bulan Januari hingga Mei 2018. Pelaksanaannya juga demi mendukung penanganan kemiskinan dan ketersediaan pangan. Pemerintah setempat yakni kampung yang belum disalurkan guna dukungan menyalurkannya. Terima kasih juga bagi pemerintah daerah yang telah melaksanakan pasar murah beberapa waktu lalu, tentunya turut menunjang gerakan stabilisasi harga," kata dia. 

 

Wongkar juga menambahkan, ada beberapa kampung atau desa belum disalurkan, dan biasanya kalu ada kapitalaung dan disediakan perahu, Bulog sediakan biaya transportasi, agar bisa langsung antar di pulau. 

 

Sementara itu, utusan atau perwakilan Stasiun Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (SPSKP) Kabupaten Kepulauan Sangihe disampaikan oleh Steven Bataha menjelaskan, yakni mengawasu serta melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang ada di bidang kelautan dan prrikanan. 

 

"Mengawasi sumber daya perikanan, sumber daya laut, pulau-pulau kecil, peraturan layak operasi sebelum kapal perikanan laksanakan penangkapan ikan. Ada surat ijin penangkapan ikan, pengawasan dari darat, memberantas ilegal fishing. Juga mengawasi ijin penangkapan ikan tapi tidak tahu dibawa kemana, surat keterangan asal ikan, mengawasi kapal ikan penampung ikan di laut. Beberapa waktu laku ada 2 kapal ikan filipina ditangkap," terang dia. 

 

Lebih lanjut disampaikannya, sesuai fungsi pengawasan dimaksud juga turut melindungi perikanan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, melindungi terumbu karang dan ikan-ikan yang dilindungi, misalnya penyu merupakan hewan yang dilindungi.  Juga ada duyung dan paus, ada di beberapa wilayah. Kalau ada, agar bisa dilaporkan kepada kami agar ditangani, itu hewan-hewan yang dilindungi. Kalau menangkap hiu tak boleh diekspor, dan tentunya bila memerlukan informasi bisa hubungi kami," jelasnya. 

 

Juga ditambahkannya, yakni tidak boleh ada pemboman ikan, itu dilarang, itu pidana. Pula membebaskan biaya dari ijin, di bawah 10 GT bebas ijin dan bila lebih tentunya ijinya di provinsi. Selain itu, bila ada kapal tenggelam masa lalu, juga dilindungi, karena bisa saja ada barang-barang berharga yang turut dilindungi di lapangan.

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
14 Mar 2019 / dibaca 42 kali
TAHUNA (BK): Tentara Nasional Indonesia (TNI) di wiliyah perbatasan Kabupaten Kepulauan Sangihe TA 2019 melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos)...
Sangihe
13 Mar 2019 / dibaca 84 kali
TAHUNA (BK): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah...
Sangihe
12 Mar 2019 / dibaca 76 kali
TAHUNA (BK): Sudah sepekan ini warga Kabupaten Kepulauan Sangihe mengeluh dengan kekosongan minyak tanah (MT) di semua pangkalan. Sejumlah...
Sangihe
12 Mar 2019 / dibaca 69 kali
TAHUNA (BK): Bantuan Pajeko (kapal ikan,red) tahun 2015 bagi para nelayan di Kabupaten Kepulauan Sangihe mengalami permasalahan. Pasalnya,...
Sangihe
12 Mar 2019 / dibaca 57 kali
TAHUNA (BK): Proses pelipatan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.