Sangihe

Rapat Bersama Menkopolhukam dan Mendagri, Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan Turut Hadir

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 24 May 2022 13:05   511 kali
Menkopolhukam dan Mendagri melaksanakan rapat bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, juga turut Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinn
TAHUNA (BK) : Rapat bersama telah dilaksanakan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia (RI) Prof Dr H Mohammad Mahfud Mahmodin SH SU MIP dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Jenderal Polisi (Purn) Prof Drs H Muhammad Tito Karnavian MA PhD bersama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Steven O Kandouw, Forkopimda Provinsi Sulut, Bupati/Wali Kota seluruh Sulut, Forkopimda Kabupaten/Kota seluruh Sulut, beserta Camat dan Forkopimca wilayah Lokpri Perbatasan. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Kota Manado Provinsi Sulut, Senin (23/05/2022), sekitar pukul 20.00 Wita. 
 
 
Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan juga turut menghadiri kegiatan yang dimaksud bersama Forkopimda Kabupaten Kepulauan Sangihe, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kaban Perbatasan, Kaban Kesbangpol, Forkopimca dan Camat Tahuna, Tabut, Kendahe serta Nusa Tabukan. Sedangkan Camat Marore sebagai salah satu lokpri terluar wilayah Sangihe sudah berangkat ke Miangas untuk mengikuti agenda kegiatan selanjutnya dari Kedua Menteri, yang dilaksanakan hari Selasa tanggal 24 Mei 2022, yakni Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2022 dihelat Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) di Miangas. 
 
 
Pada kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Jenderal Polisi (Purn) Prof Drs H Muhammad Tito Karnavian MA PhD, dalam arahannya menyampaikan, saya ingin setiap daerah melaksanakan survei serologi untuk mengetahui presentase populasi yang sudah memiliki antibodi. 
 
 
"Pandemi terkendali dan ekonomi harus melompat dengan cara realisasi belanja APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Satgas Pangan agar betul-betul memonitor perkembangan. Sulut terkendali dengan aman selama pandemi, sehingga memberi ruang untuk perkembangan ekonomi," terang dia. 
 
 
Lanjut disampaikannya, kehadiran kami di sini sebagai Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) untuk Gerakan membangun perbatasan di Miangas, karena merupakan kepulauan terluar yang dekat dengan Filipina," tandasnya.  
 
 
Mendagri juga menambahkan, setiap daerah harus melakukan sistem pengelolaan sampah untuk meningkatkan PAD. 
 
 
Sementara itu, arahan juga disampaikan oleh Menko Polhukam RI Prof Dr H Mohammad Mahfud Mahmodin SH SU MIP, yakni target kita tahun 2025 menjadi Indonesia yang maju. Kita berhasil menangani Covid 19. Pertumbuhan ekonomi Indonesia merupakan kedua tertinggi di dunia. 
 
 
"Keberhasilan itu karena partisipasi masyarakat dan Pemerintah Daerah bisa mengatur daerahnya masing-masing. Penanganan KKB di Papua, kita sedang menangani dengan pendekatan kesejahteraan dan operasi teritorial," jelas dia. 
 
 
Pula dikatakannya, pejabat TNI/Polri aktif tidak boleh menjabat Penjabat Kepala Daerah, tapi pejabat TNI/Polri yang ditugaskan di 10 lembaga tertentu bisa menjabat Penjabat Kepala Daerah.
 
 
"Besok kami bersama rombongan BNPP dan juga akan ikut Baznas untuk memberikan sumbangan di daerah perbatasan. Perbatasan secara ekonomi kita anggap sebagai peluang," terangnya lagi.  
 
 
Ditambahkannya, Presiden menyampaikan mari kita bangun dari perbatasan, sehingga BNPP ini dibentuk. 
 
 
"Miangas ini berbatasan langsung dengan Filipina, sehingga bisa menjadi ancaman dan peluang," tutup dia.  
 
(fad/bk-10)  
 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
14 Jun 2022 / dibaca 184 kali
TAHUNA (BK) : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memberikan santunan duka jaminan...
Sangihe
14 Jun 2022 / dibaca 146 kali
TAHUNA (BK) : Sangihe Sertu Righman Antore Babinsa Koramil 1301-08/Tabukan Tengah (Tabteng) melaksanakan kegiatan pengumpulan data (Puldata)...
Sangihe
14 Jun 2022 / dibaca 151 kali
TAHUNA (BK) : Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pembangunan dan...
Sangihe
13 Jun 2022 / dibaca 168 kali
TAHUNA (BK) : Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan memimpin rapat dengan Keasistenan II yakni Bidang Perekonomian dan...
Sangihe
13 Jun 2022 / dibaca 178 kali
TAHUNA (BK) : Kepedulian sosial ditunjukkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) terhadap kesulitan warga binaannya di wilayah. Seperti yang dilakukan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.