Sangihe

RAPBD Tahun 2020 Resmi Disahkan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 27 November 2019 18:09   259 kali

TAHUNA (BK): Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2020 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe resmi disahkan, Selasa (26/11/2019), sekitar pukul 14.42 Wita, di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Pelaksanaannya yakni melalui rapat paripurna tingkat kedua Ranperda RAPBD Tahun 2020, dipimpin oleh Ketua DPRD Josephus Kakondo, menjelaskan, pembahasan tingkat kedua, 23 hadir anggota DPRD.

"Atas berkat Tuhan Yang Maha Kuasa, dibuka dan terbuka untuk umum. Memasuki tingkat kedua, laporan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dibacakan oleh Sekwan," ucapnya.

Sekretaris Dewan (Sekwan), Aris Pilat mengatakan, mempersembahkan puji dan syukur atas kasih Tuhan Ranperda RAPBD tahun 2020, tekah dibahas, tingkat kedua, RAPBD Tahun 2020 secara efisiensi dan transparans, dibahas Banggar dan Tim Anggaran OPD dan DPRD, secara berjenjang agar dikawal kebijkaan agar sejalan dengab pemerintah pusat, azas2 keadilan dan kepatutan.

Pula Sekwan membacakan sejumlah catatan yang disampaikan oleh fraksi-fraksi melalui pendapat akhir fraksi.
Sementara itu, Ketua DPRD Josephus Kakondo mengatakan, apakah semua anggota DPRD setuju Ranperda RAPBD Tahun 2020, anggota DPRD yang hadir menjawab setuju.

"Dengan demikian setuju ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) RAPBD Tahun 2020, telah disepkati dan disetujui bersama," kata dia.

Selanjutnya dilangsungkan penandtangan berita acara Peraturan Daerah (Perda) RAPBD Tahun 2020.

Bupati dalam sambutannya yang menyampaikan pendapat akhir pemerintah daerah mengatakan, pujian syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa boleh mengikuti kegiatan, memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan DPRD dan anggota DPRD yang telah membahas Ranperda RAPBD Tahun 2020.

"Terjadi diskusi bersama saat pembahasan, setiap koreksi saran dilihat dalam konteks integrasi secara keseluruhannya. Senantiasa berupaya memberikan yang terbaik untuk pembangunan daerah ini," jelas Bupati.

Lebih lanjut disampaikan, ditetapkan menjadi peraturan daerah (Perda), tentunya turut meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan setiap program pembangunan, termasuk pendapat akhir fraksi.

"Kami pemerintah daerah (Pemda) akan menindkalanjuti. Kalau belum ditindaklanjuti, mohon menjadi pertimbangan kita bersama, dan pendapat akhir fraksi untuk dilaksanakan," terang dia.

Pula disampaikannya, kemarin telah terima DIPA, ada tiga hal itu, yang pertama inflasi rica tomat bawang. Kita menjaga harga bahan pokok, agar tidak inflasi.

"Kemarin penyerahan DIPA, dan akan diserahkan kepada Sekda untuk ditindaklanjuti masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Juga menerima penghargaan dari Kementrian Keuangan yakni Wajar Tanpa Mengabaikan Pengecualian (WTP), merupakan kelima kali berturut-turut, menjadi prestasi yang terus kita wujudkan bersama," tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Josephus Kakondo mengatakan, sesudah tiga hari setelah penetapan RAPBD Tahun 2020, dievaluasi ke Gubernur, proses dalam konteks pembahasan bersama, terselenggara secara optimal dan regulasi bersama.

"Terima kasih kepada Bupati, OPD dan seluruh anggota dewan yang hadir," ucapnya.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan DIPA Bupati ke Sekda,  dan penghargaan dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI).

(fad/bk-10)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
12 Aug 2020 / dibaca 57 kali
TAHUNA (BK) : Babinsa Koramil 1301-08/Tabteng, Kopka F Barahama bersama warga binaan bahu-membahu melaksanakan karya bakti pengecoran tiang...
Sangihe
12 Aug 2020 / dibaca 59 kali
TAHUNA (BK) : Di tengah situasi pandemi corona, Kodim 1301/Sangihe menyediakan Fasilitas belajar secara online (Daring) kepada para siswa, di...
Sangihe
12 Aug 2020 / dibaca 45 kali
TAHUNA (BK) : Salah satu bentuk kepedulian aparat teritorial terhadap kesehatan masyarakat khususnya bagi ibu hamil dan balita di wilayah...
Sangihe
12 Aug 2020 / dibaca 46 kali
TAHUNA (BK) : Peran serta Babinsa dalam menjaga kebersihan sekolah di wilayah binaanya pasca pandemi corona. Anggota Babinsa Koramil...
Sangihe
12 Aug 2020 / dibaca 63 kali
TAHUNA (BK) : Komandan Kodim (Kodim) 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP beserta Ketua Persit KCK Cabang XIII Kodim 1301 Koorcab Rem...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.