Sangihe

Rombongan Bupati Me'Daseng di Tatim

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 17 November 2018 08:37   260 kali

TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE melaksanakan kunjungan kerja Me'Daseng, di pendopo Kelurahan Batulewehe Kecamatan Tahuna Timur (Tatim), sekitar pukul 10.20 Wita, Jumat (16/11/2018).

 

Turut hadir antara lain, Kapolres Kepulauan Sangihe dan mencakup wilayah Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) AKBP Sudung Ferdinan Napitu, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tahuna Letkol Laut (P) Donny Aribowo, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Benhur Takasiaheng, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe Ny Ririswati Gaghana Katamsi, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe Ny Rahel Hontong Sasamu, Koramil 1301 Tahuna, Ketua Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Manado Tri Chandra Kartika.

 

Tiba di lokasi Me'Daseng, rombongan Bupati disambut acara adat dan bertemu masyarakat yang telah menunggu, meskipun sempat diguyur hujan diperkirakan selama 20 menit. 

 

Mengawali pelaksanaannya, diawali dengan doa bersama, serta penyampaian laporan Sekretaris Kecamatan Tahuna Timur, Farida Fatah SP yakni menaikan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa boleh hadir dan mengikuti kegiatan kegiatan Me'Daseng, dan menyambut para tamu undangan dengan baik. 

 

"Selamat pagi dan selamat datang di Kecamatan Tahuna Timur. Untuk kondisi Kecamatan Tahuna Timur terdiri dari 8 kelurahan, penduduk sebanyak 12.671 jiwa dan 3.766 kepala keluarga (KK), pemilih hasil perbaikan sebanyak 9.229 jiwa. Penerapan pajak bumi dan bangunan (PBB) senilai Rp248 juta lebih, terealisasi senilai Rp 175 juta lebih atau sekitar 70,78 persen serta sebanyak 455 KK miskin," ungkapnya. 

 

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk pelaksanaan kegiatan Me'Daseng selama dua hari. Untuk hari pertama sejumlah kegiatan dilaksanakan,  di antaranya sosialisasi sejumlah program dari OPD, layanan kesehatan oleh dokter spesialis dan rumah sakit daerah Liun Kendage Tahuna. Dan untuk hari kedua juga sejumlah kegiatan dilaksanakan. 

 

"Sebelum Me'Daseng, beberapa kegiatan dilaksanakan yakni pelayanan pembayaran PBB di Kel Batulaewehe, Bina Lansia dan pemasagan KB, pendataan tenaga terampil bersertifikat oleh Dinas Tenaha kerja, Dukcapil layanan KTP E, KTP Anak, dan pelaksanaan pasar murah," kata dia. 

 

Sementara itu, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME mengatakan, yakni menyampaikan amanah saat diterima oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara. "Beberapa hal yang disampaikan beliu yakni Presiden. Salam Bapak Presiden bagi seluruh masyarakat Sangihe. Beliu pernah datang tahun 2015 lalu.  Pesan beliu menjaga ketenteraman, keamanan dan harmoni di tengah masyarakat," kata dia. 

 

Bupati juga menyampaikan beberapa hal terhadap kondisi di Sangihe, termasuk penerimaan ASN tahun ini. Yakni dari 31 kabupaten, juga di Sangihe untuk kondisi penerimaan ASN, tak sampai 8 persen. Di Sangihe hanya diterima sebanyak 26 orang dari seribu lebih peserta. "Bupati juga makan satu meja dengan Presiden. Itu hal yang membanggakan. Juga ada usulan agar grade diturunkan, atau sesuai urutan hasil ujian. Mudah-mudahan usulan kedua bisa diperhatikan," tandasnya. 

 

Bupati juga menambahkan, usulan yang disampaikan juga yakni termasuk sanksi bagi aparatur sipil negara (ASN) karena pelanggaran pidana harus dipecat, dimana di bawah 2 tahun tak dipecat. Tapi instruksi KPK dan Mendagri harus dipecat.

 

"Mudah-mudahan agar aspirasi ini ada solusi, lagipula sampai pensiun tidak mendapatkan dana pensiun. Lagipula kalau tak dipecat maka Bupati diberi sanksi. Dan semua Bupati sampaikan permasalahan ini. Pula permasalahan yang disampaikan yakni aspek perikanan dan perbatasan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, membuat kita menjadi perhatian dari pemerintah pusat dan hal ini menjadi perhatian kita bersama. Acara Me'Daseng kali ini merupakan terakhir pada putaran pertama di Tahuna Timur. Terkait agenda pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan program yang kita capai bersama. Aspirasi dan pelayanan kepada masyarakat,  dorong penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan bagi masyarakat secara optimal," tandasnya.

 

Dia juga menjelaskan, Me'Daseng menjadi inovasi bersama telah menjadi respons dari beberapa pihak yang datang di Kabupaten Kepulauan Sangihe, sehingga inovasi dapat kita wujudkan bersama guna peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
10 Dec 2018 / dibaca 56 kali
TAHUNA (BK): Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) bersama Panitia Adventus dan Natal serta Tahun 2019 melaksanakan Pawai Natal, Sabtu...
Sangihe
08 Dec 2018 / dibaca 21 kali
TAHUNA (BK): Kemampuan melaksanakan program yang ditetapkan tentunya tak lepas peran dari sektoral guna menindaklanjutinya melalui dukungan...
Sangihe
08 Dec 2018 / dibaca 22 kali
TAHUNA (BK): Beragamnya potensi sumber daya alam (SDA) yang dimiliki memerlukan upaya kongkrit untuk melaksanakan seluruh proses...
Sangihe
08 Dec 2018 / dibaca 41 kali
TAHUNA (BK): Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) yang dipimpin Oleh Wakil Ketua MPR RI E E Mangindaan, melaksanakan...
Sangihe
07 Dec 2018 / dibaca 43 kali
TAHUNA (BK): Sejumlah kasus yang ditangani Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Sangihe terus...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.