Sangihe

Sangihe Diguncang Gempa 5,3 SR

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 06 November 2018 20:32   202 kali
Aparatur Sipil Negara (ASN) berhamburan di luar Gedung Kantor Bupati Sangihe saat gempa Selasa pagi tadi.

TAHUNA (BK): Kabupaten Kepulauan Sangihe Povinsi Sulawesi Utara kembali diguncang gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR), sekitar pukul 10.10 Wita, Selasa (6/11/2018).

 

Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa berlangsung Selasa 6 November 2018, pukul 09.09.51 WIB, dengan posisi yakni latitude : 3.45 dan longitude 125.40, berkekuatan 5,3 SR dan kedalaman 10 kilometer (km), pula berjarak wilayah satu : 21 km Barat Daya Kepulauan Sangihe (Sulut), wilayah 2 : 122 km Barat Laut Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sulut), wilayah 3 : 160 km Barat Daya Kepulauan Talaud (Sulut), wilayah 4 : 228 km Timur Laut Manado (Sulut), wilayah 5 : 2324 km Timur Laut Jakarta (Indonesia). 

 

Dijelaskan Kepala Staf BMKG Stasiun Meteorologi Kelas III Naha Kabupaten Sangihe Sujatno, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. "Gempa terasa kuat karena dekat dengan kepulauan Sangihe hanya 21 km barat daya pulau Sangihe yang merupakan gempa tektonik dangkal kedalaman 10 km,” jelasnya.

 

Sujatno juga mengungkapkan, gempa tersebut tidak ada hubungannya dengan aktivitas gunung berapi di Sangihe. “Belum ada gempa susulan yang tercatat. Masyarakat tidak usah panik dan silahkan beraktifitas seperti biasa,” ungkapnya. 

 

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Revolius Pudihang mengatakan, berdasarkan dampak gempa sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa. 

 

“Anak-anak sekolah dipulangkan ke rumah masing-masing. Kemudian suasana sudah kembali normal. Dan ada longsoran di tepi pantai sepanjang sekitar 75 m kedalaman 0,50-0,75 cm di kelurahan Apeng Sembeka Tahuna dan ini masih dipantau dampak dan penyebab longsor dimaksud,” ungkap Pudihang. 

 

Saat gempa berlangsung, masyarakat di Kota Tahuna dan sekitarnya berlari berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri masing-masing. Bahkan kondisi serupa juga berlangsung di Kantor Bupati Kepulauan Sangihe, para aparatur sipil negara (ASN) dan sejumlah publik atau masyarakat, panik dan lari ketakutan keluar dari gedung.

 

Mereka cepat-cepat turun melalui tangga dari lantai 2 dan 3, meski harus berdesak-desakan. Ternyata saat gempa bumi berlangsung, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME juga berada di kantor bupati. Meski begitu, Bupati tetap tenang dan secara perlahan turun melalui tangga dari ruangan dari lantai 2. Pula beberapa staf atau karyawan Bank Sulutgo yang ada di kantor bupati setempat, juga lari keluar dari dalam ruangan gedung. 

 

"Saat gempa berlangsung, begitu kuat dan sempat membuan panik. Terpaksa harus lari menyelamatkan diri," kata beberapa ASN setempat. Dampak yang dirasakan juga yakni sekolah-sekolah di Kota Tahuna dan sekitarnya, ternyata membuat panik para siswa sekolah yang sementara belajar di dalam ruang kelas. "Kaget saat merasakan gempa yang begitu kuat. Bersama teman-teman langsung lari keluar ruangan," ucap beberapa murid SMP Negeri 1 Tahuna. 

 

Selain itu, warga yang berada di pusat Kota Tahuna, panik. Berlarian keluar dari gedung atau pertokoan menyelamatkan diri. Guna mengantisipasi kemungkinan terburuk, salah satu supermarket setempat yakni Toko Megaria, akhirnya ditutup lebih awal. 

 

Secara terpisah Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana mengimbau kepada masyarakat Sangihe agar tidak panik dan tidak menyebarkan isu yang meresahkan. "Tetap berdoa pada Tuhan. Himbauan agar publik atau masyarakat tetap tenang. Dan tidak mudah terpengaruh dan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait," kata dia.

 

(fad/bk-1) 

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
12 Jan 2019 / dibaca 75 kali
TAHUNA (BK): Meningkatnya kasus demam berdara dengue (DBD) tentunya menjadi salah satu perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan...
Sangihe
11 Jan 2019 / dibaca 73 kali
TAHUNA (BK): Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME menemui Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia (RI) Moeldoko,...
Sangihe
11 Jan 2019 / dibaca 74 kali
TAHUNA (BK): Buntut minimnya pelayanan kapal perintis antarpulau di Kabupaten Kepulauan Sangihe, menyebabkan ratusan penumpang di wilayah...
Sangihe
10 Jan 2019 / dibaca 60 kali
TAHUNA (BK):  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, mengajukan permintaan penambahkan...
Sangihe
10 Jan 2019 / dibaca 76 kali
TAHUNA (BK): Selang Oktober 2018 hingga Januari 2019, terhitung sebanyak 66 kasus penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.