Sangihe

Sangihe Jadi Kabupaten Percontohan Pengendalian Rabies Terintegrasi

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 29 May 2019 06:43   135 kali

TAHUNA (BK): Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara menjadi kabupaten percontohan pengendalian rabies terintegrasi.

 

Hal tersebut terungkap saat rapat koordinasi (rakor) Fasilitas Diseminasi Kabupaten Percontohan Pengendalian Rabies Terintegrasi Kabupaten Kepulauan Sangihe, di ruang serbaguna rumah jabatan bupati, Selasa (28/5/2019).

 

Pada kesempatan itu, dihadiri Asisten 1 Pemkab Bidang Pemerintahan, Drs Irklis Natural Sombonaung, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut), dr Kartika Devi Tanos MARS, Kabid Pengendalian Penyakit Hewan yakni drh Hanna Tioho, Dinas Kesehatan Pemprov Sulut, para kepala Puskesmas dan camat di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Sombonaung mengatakan, memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa boleh hadir di acara ini.

 

"Ini sebuah kehormatan dalam acara ini dan memberi apresiasi keoada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini. Kabupaten Kepulauan Sangihe sebagai percontohan Pengendalian Rabies Terintegrasi," kata dia. 

 

Pula disampaikannya, di Kabupaten Kepulauan Sangihe, salah satu endemik raries, salah satu penyumbang kematian akibat rabies, baik pada hewan dan manusia yang terifeksi, menggigit dengan ganas, masyarakat  perlu memahami bahaya rabies, dan berusaha mendapatkan pertolongan. 
 

"Semua hewan anjing wajib divaksin, membuat regulasi peraturan kampung tentang rabies. Melalui kegiatan ini ada rekomendasi untuk Perda rabies," tambahnya. 

 

Sementara itu, Kepala Biro Kesra Pemprov Sulut dr Kartika Devi Tanos MARS menyatakan, kehadiran mereka terkait beberapa agenda. "Sebenarnya hanya sehari saja, namun karena ada beberapa kegiatan yang harus dilaksanakan. Yakni berkaitan dengan kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan. Kami telah datang ke SMP Negeri 3 Tahuna Barat, untuk pendampingan SD SMP SMA," ucapnya. 

 

Pendampingan yang dilakukan, sambung dia, karena SMP Negeri 3 Tahuna Barat, terpilih mengikuti lomba sekolah sehat tingkat nasional. Di Kabupaten Kepulauan Sangihe sudah banyak perubahan, tentunya untuk persiapan mengikuti lomba sekolah sehat tingkat nasional.

 

"Kami mendampingi sekolah, kita sama-sama untuk persiapan tingkat nasional, dan tim dari pusat akan datang menilai. Untuk pembangunan pagar sekolah, semoga sudah ada, dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengapresiasi juga bagaimana apresiasinya untuk ikut lomba ini," tandasnya. 

 

Pula dijelaskannya, Kabupaten Sangihe juga akan dilaksanakan Kabupaten Sehat, penilaian kabupaten sehat dan telah turun berkoordinasi ke beberapa OPD terkait. 

 

"Berkaitan dengan kegiatan fasilitas vaksinasi rabies, ada hubungan koordiansi dengan Kesra, yakni terhadap masalah-masalah apa saja di Sangihe, kejadian luar biasa (KLB) rabies, agar masalah ini dapat ditangani secar cepat dan tepat, agar tidak menyebar. Ada rapat koordinasi, di kepulauan dan dilaksanakan di Sangihe. Rabies juga terkait pariwisata, takutnya wisatawan akan takut," tambahnya.

 

(fad/bk-1) 

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
07 Dec 2019 / dibaca 93 kali
TAHUNA (BK): Danramil 1301-05/Tahuna, Kapten Chb Celsius Wangka, membuka kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial (PPJJT) Semester II TA...
Sangihe
07 Dec 2019 / dibaca 67 kali
TAHUNA (BK): Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika (HJK) TNI AD ke 74 Tahun 2019, Kodim 1301/Sangihe menggelar karya bhakti dengan...
Sangihe
06 Dec 2019 / dibaca 67 kali
TAHUNA (BK): Kepedulian seorang Babinsa terhadap masyarakat di Desa Binaannya merupakan hal yang patut dibanggakan, seperti halnya yang...
Sangihe
06 Dec 2019 / dibaca 80 kali
TAHUNA (BK):Babinsa Sertu Vanderwyn Benjamin anggota  Koramil 04/Manganitu Kodim 1301/Sangihe melaksanakan pendampingan kegiatan Posyandu...
Sangihe
06 Dec 2019 / dibaca 70 kali
TAHUNA (BK): Babinsa Koramil 1301-02/Siau, Sertu Jes Makalare bersama warga melaksanakan kerja bakti pembuatan talud penahan longsor Daerah...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.