Sangihe

Sangihe Koleksi 86 Penderita HIV AIDS

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 15 December 2019 20:37   185 kali

TAHUNA (BK): Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr Joppy Thungari MKes mengatakan, untuk penderita HIV AIDS di Kabupaten Kepulauan Sangihe terbilang cukup banyak, yakni berjumlah 86 orang.

"Jumlah kasus HIV AIDS ditemukan dari tahun 2014 hingga tahun 2019 totalnya 86 orang. Dimana, 40 orang diantaranya aktif berobat, 37 orang meninggal dunia, 9 orang belum berobat/ menghilang," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, untuk saat ini, proses penanganannya sudah tersedia alat untuk mendeteksi kalau menderita HIV AIDS, di puskesmas.

"Sudah ada alat diagnosa di puskesmas. Kalau tes positif, maka ada obat gratis diberikan bagi penderita," kata dia kepada awak media, belum lama ini.

Pula dijelaskannya, obat yang diberikan tersebut tidak untuk menyembuhkan, tapi untuk mempertahankan kekebalan tubuh penderita HIV AIDS.

"Supaya bisa tetap bertahan, agar penderita HIV AIDS bisa secara teratur berobat. Saat ini ada yang sementara berobat tapi ada juga yang menghilang," terangnya.

Dia menyarankan bagi semua warga, agar bisa menghindarkan diri dari hubungan seks sembarangan, lagipula sumber penularannya dari penderita.

"Termasuk orang yang sakit tidak berobat. Kalau ada suami atau isteri yang sakit, bisa diperiksa juga agar bisa menjalani pengobatan," tambahnya.

(fad/bk-10) 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
24 Jan 2020 / dibaca 50 kali
TAHUNA (BK): Sebagai seorang Babinsa di wilayah, harus bisa menjadi teladan dan memotivasi warga di desa yang menjadi binaanya. Babinsa Koramil...
Sangihe
24 Jan 2020 / dibaca 46 kali
TAHUNA (BK): Babinsa Serda Junnedi Talangamin  Koramil 1301-02/Siau bersama sama warga bergotong-royong membantu pembuatan rumah Keluarga...
Sangihe
24 Jan 2020 / dibaca 59 kali
TAHUNA (BK): Guna mensinergikan semua komponen masyarakat dalam rangka pencapaian tugas pokok TNI AD, serta menciptakan lingkungan yang bersih,...
Sangihe
24 Jan 2020 / dibaca 76 kali
TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME menghadiri upacara Adat Tulude, Kamis (23/01/2020), di Kampung Dalokaweng...
Sangihe
24 Jan 2020 / dibaca 63 kali
TAHUNA (BK): Puluhan masyarakat, Kampung Bowone mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, untuk namun...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.