Sangihe

Satu Rumah di Manente Terbakar

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 07 November 2019 06:10   73 kali

TAHUNA (BK): Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kota Tahuna. Yakni satu unit rumah  di Jalan Belimbing RT 08 RW 04 Kelurahan Manente Kecamatan Tahuna, milik Azis Abdul, Rabu (06/11/2019), sekitar pukul 19.30 Wita.


Kronologis kejadian berdasarkan keterangan sejumlah saksi, yakni Okber Karaserang (35), anggota Polri, warga setempat menjelaskan, sekitar pukul 19.30 Wita saksi sedang berada di dalam rumahnya, yang terletak tepat di depan rumah milik Azis Abdul yang saat ini sedang dikontrakan oleh Keluarga Mangadil-Mandalika. Dimana kondisi listrik  saat itu sedang dalam keadaan padam.  Beberapa saat kemudian lampu kembali menyala dan saksi mendengar suara ledakan dari bagian depan rumah Azis Abdul.


Mendengar suara ledakan tersebut, saksi langsung keluar dari dalam rumah dan mendapatkan bagian depan rumah milik Azis Abdul sudah dalam keadaan mulai terbakar.  Melihat hal tersebut saksi langsung meminta pertolongan warga setempat dan bersama-sama berusaha memadamkan api tersebut dengan alat seadanya. Dan kebakaran tersebut berhasil dipadamkan sekira pukul 21.30 Wita.


Menurut saksi, Yohanis Agung (54), warga yang sama, menjelaskan, sekitar pukul 19.00 Wita, saksi sedang berada di dalam rumahnya yang terletak tepat di depan rumah milik Azis Abdul yang beralamat di Jalan Belimbing RT 08 RW 04 Kelurahan Manente Kecamatan Tahuna. Dimana saat itu, kondisi listrik sedang dalam keadaan padam.  Beberapa saat kemudian listrik hidup kembali dan terdengar suara ledakan yang berasal dari depan rumahnya.


Kemudian saksi keluar dari dalam rumah dan melihat api di bagian kamar depan rumah milik Azis Abdul sudah dalam keadaan terbakar. Kemudian saksi bersama warga yang ada sekitar rumah tersebut berusaha memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.


Menurut saksi Renaldi Mangadil (36), tenaga honorer, jug warga setempat, menjelaskan, bahwa saat ini rumah milik Azis Abdul di Jalan Belimbing RT 08 RW 04 Kelurahan Manente Kecamatan Tahuna, sementara dikontrak oleh saksi bersama keluarganya (Keluarga Mangadil-Mandalika).


Sekitar pukul 18.30 Wita, saksi bersama istrinya Yusilfia Mandalika (34), sedang keluar rumah untuk membeli susu di pusat perbelajaan. Kondisi listrik pada saat itu sedang dalam keadaan padam,  saat saksi dan istrinya hendak pulang ke rumah. Saksi mendapati kondisi rumah sudah dalam keadaan terbakar dan masyarakat setempat sedang berupaya untuk memadamkan api dibantu oleh 1 unit kendaraan Pemadam Kebakaran dan 1 unit mobil tangki milik dari PDAM Tahuna.


Saksi juga menjelaskan bahwa, pada saat saksi meninggalkan rumah, kondisi TV saat itu masih dalam keadaan terhubung dengan arus listrik yang saat itu sedang padam. Dan juga terdapat 2 buah lilin yang terletak di atas bangku plastik dengan posisi di lantai ruang tamu, sedangkan yang satunya berada di ruangan dapur.


Berdasarkan keterangan saksi diatas, dapat diduga terjadinya kebakaran disebabkan oleh korsleting arus listrik pada saat lampu kembali menyala sekitar pukul 19.30 Wita. Dimana saksi mendengar adanya ledakan dari depan rumah milik Azis Abdul.


Kapolres Kepulauan Sangihe AKBP Ferdinan Napitu SIK melalui Paur Humas Polres Kepulauan Sangihe Iptu Jakub Sedu membenarkan kejadian itu.


"Dalam kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa,  namun kerugian material diperkirakan sekitar Rp160.000.000. Tindakan kepolisian yakni mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan membantu memadamkan api, melakukan olah TKP dan melakukan Pulbaket terkait peristiwa kebakaran," jelas dia.


(fad/bk-10)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
05 Nov 2019 / dibaca 70 kali
TAHUNA (BK):  Operasi Zebra Tahun 2019 yang dimulai tanggal 23 Oktober hingga 5 November, telah selesai dilaksanakan Satuan Lalu Lintas...
Sangihe
05 Nov 2019 / dibaca 68 kali
TAHUNA (BK): Kecamatan Tahuna Timur tiba-tiba berubah menjadi kawasan kuliner makanan khas Sangihe. Sebelumnya kawasan yang oleh Pemerintah...
Sangihe
04 Nov 2019 / dibaca 75 kali
TAHUNA (BK): Kepala Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, Ir Ade Pella mengatakan, berbagai upaya terus didorong...
Sangihe
04 Nov 2019 / dibaca 73 kali
TAHUNA (BK): Guna menunjang pengelolaan Pelabuhan Perikanan Dagho, Kampung Dagho Kecamatan Tamako, maka akan ditambah lagi sarana dan prasarana...
Sangihe
04 Nov 2019 / dibaca 71 kali
TAHUNA (BK):   Sebagai mitra kerja, Pemerintah Daerah (Pemda) terus berupaya menopang dan mendampingi pengelolaan usaha dan industri kecil...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.