Sangihe

Sejumlah Instansi Pemerintah, Swasta Sampaikan Materi di Me’Daseng

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 02 September 2019 07:03   109 kali

TAHUNA (BK): Sejumlah instansi pemerintah dan swasta menyampaikan materi saat Me’Daseng di Gedung Gereja GMIST Sion Enggohe, Enggeho Kampung Bukide, Kecamatan Kepulauan Nusa Tabukan (Nustab), Kabupaten Sangihe, Jumat pekan lalu.

 

Materi pertama disampaikan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Donny Aribowo, yakni tentang pertahanan keamanan wilayah, tentunya harus sejalan seiring. 

 

"Kalau ekonomi meningkat, maka pertahanan keananan juga meningkat. Wisatawan datang, juga membawa pengaruh, bisa pengaruh jelek. Masalah pertahanan, rupiah dolar penting, perekonomian juga penting," kata dia. 

 

"Tadi, saat menggunakan kapal laut, sempat melihat ada cakalang di laut. Kami Lanal Tahuna mengutamakan keamanan dari pelayaran, periksa kapal. Tak cari kesalahan, tapi tingkatkan keselamatan," tandasnya.

 

Ia menyatakan, ada beberapa kasus di laut. Yakni, ada nelayan yang habis bensin saat melaut, orang sakit di kapal, ada kapal yang rusak. "Mohon diperhatikan keselamatan saat melaut dan kapal yang ada agar dirawat," tutupnya. 

 

Kemudian, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Sangihe yang disampaikan Kasi Intel, Erwan Budi SH. Ia menghimbau pemanfaatan dana desa, yakni administrasi dana desa, agar dana desa sesuai peruntukan dan bertanggungjawab.  "Jangan manipulatif, jangan sampai ranah hukum. Betul-betul menggunakan dana desa dengan transparan dan benar," jelas dia.

 

Lanjutnya, penggunaan Informasi Teknologi (IT) untuk berkomunikasi, seperti dua sisi mata uang, teknologi punya sisi kebaikan atau sebaliknya. Pengguna medis sosial, supaya berhati-hati dalam membuat statmen, status, jangan sampai terjerat masalah hukum. 

 

"UU ITE, kalau konten berisi hoax atau berita bohong, kebencian, atau bila ada dimasukan ke grup. Kata kunci, berpikir baru mengetik, jangan mengetik baru berpikir. Jempolmu harimaumu, bijaksanalah dalam media sosial," tambahnya. 

 

Sementara, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1301 Sangihe diwakili Kasdim setempat, Mayor Sonny B Saerang mengatakan, awal September sampai Oktober akan dibuka pendaftaran penerimaan prajurit. "Khususnya pulau terluar, tiga kali penerimaan. Yakni Maret-April, Juli Agustus, dan September-Oktober. Masyarakat yang punya anak berminat masuk TNI AD, bisa daftar di Kodim, atau informasi ke Koramil," kata dia.

 

Berikut, Kapolres Kepulauan Sangihe diwakili Kapolsek Tabut Iptu Yus Tompoh SH. Ia menuturkan, tentang pemeliharaan dan ketertihan masyarakat, ada babinkamtimas, juga menangani masalah bersama.  Tidak semua masalah diselesaikan di kantor polisi, bisa diselesaikan babinkantibmas, bisa selesaikan secara kekeluargaan.

 

"Jangan masalah sedikit, langsung ke Polsek. Ada babinkantibmas, dan ada babinsa. Babinkantibmas bekerja sama dengan babinsa, setiap permasalahan dapat diselesaikan, tak langsung ke kantor polisi. Kecuali kasus berat, yakni aniaya berat, pelecehan seksual," ungkapnya. 
 

Ia menjelaskan, penyelesaian perkara juga bisa secara kekeluargaan, tak semua perkara langsung ke kantor polisi. Setiap permasalahan, pemerintah kampung harus berkoordinasi demgan babinsa dan babinkantibmas. "Ada kasus bisa dimediasi, keluarga. Polisi semaksimal mungkin memediasi. Juga ada masalah tanah, ada desa tak ada register tanah, termasuk perkara perdata," tambahnya.

 

Selanjutnya, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Tahuna menyampaikan sejak September 2018, sudah ada Balai POM di Manente. "Begitu banyak produk via online. Bisa lihat aplikasi chek BPOM, bisa lihat apa terdaftar di BPOM. Ada kosmetik berbahaya, dampak negatif. Ibu-ibu yang menggunakan bisa memutihkan, juga ada bagi pria obat kuat," tandasnya. 

 

Ia mengingatkan, di Sulawesi Utara (Sulut), sudah banyak peredaran obat terlarang. Jika membeli makanan, obat, kosmetik, lihat dil  kadarluarsa. Badan Narkoba Nasional (BNN) Kabupaten Kepulauan Sangihe melalui perwakilan mengutarakan, pada 2019, anggaran yang tersedia sebanyak Rp1,2 miliar diperuntukan untuk sosialisasi kampanye soal narkoba, operasi terpadu, monitoring dan rehabilitasi, sebanyak 50 kampung dan 43 sekolah sosialisasi tentang pencegahan dan pemberantasan narkoba.

 

"Laksanakan operasi terpadu. Target 25 rayon, namun baru 6 rayon. BNN sudah miliki Klinik Pratama, bisa laksanakan konseling," ucapnya. Dia juga menghimbau, bagi anak bila kedapatan melakukan pemakai narkoba, perlu diinformasikan kepada BNN, babinsa dan kepolisian. "Jangan segan-segan memberi informasi. Dan jangan kita sendiri jadi korban narkoba. Meminta informasi yang akurat," tambahnya. 

 

Kepala Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kristian Salilo mengatakan, ada penyerahan sertifikat, dilakukan sejak Maret di lima desa, ini program pendaftaran sistematis lengkap.  "Tahun 2025, semua tanah harus terdaftar. Masih banyak tanah yang belum ada serfifikat. Di Sangihe sebanyak 2 ribu, sekitar 1.900 sudah ada. Semua gratis, tak dipungut biaya, ditanggung APBN," jelasnya.

 

"Silahkan ajukan permohonan, lampirkan berkas yang dibutuhkan,usahakan semua peserta harus bisa disertifikat. Seluruh bidang tanah, semua bidang tanah yang belum ada sertifikat agar bisa ada sertifikat. Bukti-bukti lengkap dan tak bermasalah. Jual beli harus sepengetahuan pemerintah desa," tandasnya.

 

Materi selanjutnya disampaikan, Kepala Cabang BSG Tahuna, Alberr Tamaringgi. "Bantuan mesin katinting bagi nelayan sebanyak 3 buah. Dan memberikan bantuan biaya tambah perbaikan perahu," kata dia. Lanjutnya, produk BSG yang ditawarkan, produk digital, semua produk dalam bentuk digital, sms banking, bayar BPJS, tagihan telepon listrik pulsa. Mudah bertransaksi melalui sms banking, bisa HP lama maupun android. 

 

"Sudah tak lagi ada pembatas antara kita dengan perbankan. BSG kredit untuk berbelanja, kalau silver bisa Rp50 juta antar BSG, dengan bank lain Rp25 juta," tukasnya. Pula ditambahkannya, BSG makin ke depan untuk maju ke depan. Ada juga kredit usaha rakyat (KUR), tunggu juknis, bagi yang pernah menikmati KUR tapi bermasalah, lebih baik tidak ajukan KUR.

 

Kasi Intel Imigrasi Tahunasetempat, Aditio Aribowo, menjelaskan, tugas Imigrasi, yakni lintas negara, awasi keluar masuk negara. Di Sulawesi Utara (Sulut) ada lima, yaitu Bandara Sam Ratulangi Manado, Pelabuhan Bitung, Pelabuhan Manado, Pelabuhan Marore, Pelabuhan Miangas. "Bukide, salah satu wilayah yang termasuk perbatasan, bisa gunakan fasilitas border. Warga di sini, bisa menikmati border di Pulau Marore, KTP harus KTP Bukide, gratis, waktu 30 hari ke Filipija, Balut, Batugani," terang dia.

 

Pula disampaikannya, border juga fasilitasi mereka yang tinggal dana perbatasan. Jangan lakukan kegiatan illegal, bisa dipidana. "Warga yang tak miliki kewarganegaraan, permsalahan sudah dari dulu. Di Saranggani Filipina, ribuan diupayakan konsulat jadi warga negara Indonesia," tukasnya. 

 

Dia menambahkan, di Indonesia hanya punya satu kewarganegaraan. Pemerintah kampung bisa mendata belum ada identitas kewarganegaraan. Akan ada pendataan warga yang belum punya  kewarganegaraan. 

 

(fad/bk-1)

 

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
16 Sep 2019 / dibaca 68 kali
TAHUNA (BK)- Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME  menerima penghargaan  Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2019 dari...
Sangihe
14 Sep 2019 / dibaca 69 kali
TAHUNA (BK): Tak hanya menampilkan berbagai potensi daerah, namun juga iven tahunan Festival Pesona Sangihe (FPS) Tahun 2019 juga...
Sangihe
14 Sep 2019 / dibaca 91 kali
TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME memimpin Rapat Kerja (Raker) Bersama organisasi perangkat daerah (OPD), Jumat...
Sangihe
14 Sep 2019 / dibaca 276 kali
TAHUNA (BK): Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe harus berbangga karena bahan baku uang kertas, ternyata menggunakan bahan dasar asli tanah...
Sangihe
14 Sep 2019 / dibaca 132 kali
TAHUNA (BK): Cuaca ekstrim kembali terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan sekitarnya, yakni angin kencang dan gelombang laut yang...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.