Sangihe

Sejumlah Lembaga, Instansi Sampaikan Materi Me'Daseng di Kendahe

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 18 November 2019 05:40   131 kali
TAHUNA (BK): Kehadiran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan utusan atau perwakilan, bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, perbankan, Perusahaan Listrik Negara (PLN), Pusat Stasiun Pengawasan Kelautan dan Perikanan (PSPKP) Tahuna, dan Pegadaian Tahina, saat Me'Daseng Sabtu (16/11/2019), di Kampung Kendahe Satu Kecamatan Kendahe, yakni di gedung Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST) Kalvari Kendahe, telah menyampaikan sejumlah materi Me'Daseng. 
 
Diawali oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Donny Aribowo, yakni lautan, sebagai media lalu lintas transportasi laut, juga adanya kehadiran media sosial (medsos), dimana melalui media sosial juga adanya kepentingan orang per orang. "Suasana kondusif kerukanan antar umat beragama. 
 
Beberapa hari lalu kejutkan ledakam bom, dimana orang tersebur jauh, jangan dimusuhi, terisolir sehingga berbuat demikian. Pula untuk perikanan, agar surat-surat kapal dilengkapi, kapal-kapal diurus surat-suratnya," kata dia. 
 
Kemudian Komandan Distrik Militer (Dandim) 1301 Sangihe yang diwakili Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kasdim) 1301 Sangihe Mayor Inf Sonny B Serang, menyampaikan kalau pak Damdim belum sempat hadir, ada tugas luar, Dandim baru Letkol Infantri Rahmat Kristanto. 
 
"Secara terpogram dari pusat ke daerah, tiap tahun ada penerimaan prajurit. Setahun 3 kali, wfebruari, Juli dan Oktober, yakni 2 tantama, 1 bintara. Terkait dengan penerimaan prajurit, dipahami ada keluarga yg berminat gabung TNI AD, bisa cari informasi ke koramil terdekat, informasi lanjut ke Makodim, pelaksnaan seleksi dan persyaratannya. Yang penting disini, harus mempersiapkan, harus ada persiapan administrasi dan fisik," ucapnya. 
 
Selanjutnya, Pengadilan Negeri (PN) Tahuna, melalui perwakilan atau utusan, menyampaikan, ketua PN Tahuna tak hadir, ada tugas luar, pula saat ini, penerimaan CPNS secara online, cek kembali kalau ada kesalahan penulisan.
 
"Kasus perceraian cukup tinggi, tangani perceraian. Pidana sangat tinggi, kekerasan anak di bawah umur. Juga gugatan tanah, kasus ini harusnya tak perlu ke pengadilan karena ada kapitalaung camat tuk bisa memediasi," jelas dia. 
 
Untuk Kepolisian Resor (Polres)  Kepulauan Sangihe, diwakili oleh Kabag Bimas Iptu Kasombang, mengatakan Kapolres belum bisa hadir, tugas luar daerah. Dan untuk situasi kantibmas di Kendahe, paling rendah tingkat kriminal, bukan karena kami kepolisian, tapi juga masyarakat, sedikit pakai miras, agar untuk dapat menjaga itu. 
 
"Miras rusak rumah tangga. Pula ada media sosial, sangat berpengaruh, postingan bisa membuat masyarakat anarkis, ada paham radikal dan kelompok radikal, tak merasa puas dengan pembangunan oleh pemerintah," kata dia. 
 
Lanjut disampaikan, media sosial bisa mempengaruhi masa depan anak, anak membodohi kita, sebab lebih pintar. Ingat kejahatan itu ada, kalau ada kesempatan. 
 
"Ada penerimaan Polri, BETAH, bersih transparan humanis, tidak menerima suap, Tantama Bintara juga sarjana 2 tahun. Percaya seutuhnya kepada Tuhan, dengan semangat anak-anak agar dijaga kesejatan. Polres Kepulauan Sitaro sudah dibentuk. Standar penilaian berbeda, tahun ini ada dua, satu taruni dan satu taruna. Konsumsi ikan paling pandai, jangan konsumsi miras," tambahnya. 
 
Pula dari DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe, diwakili oleh Tampi, menjelaskan tentang  fungsi DPRD, membentuk Perda, dan membahas, mitra bupati. 
 
"Fungsi anggaran, bahas perda APBD, bahas perubahan APBD, awasi kegiatan pemerintah daerah. Aspirasi dengar pendapat, rapat komisi, DPRD akan turun ke tiap kecamatan dan ada reses bertatap muka dengan masyarajat," tandasnya. 
 
Lalu dari perbankan, sekitar pukul 14.30 Wita, oleh Bank BNI Cabang Tahuna, yakni utusan atau perwakilan Charles Makikama, menjelaskan, bisa memperkenalkan kepada masyarakat, program BNI, layanan BNI, butuh jaringan komunikasi, peralatan yg dibutuhkan masyarakat, terkait usaha membangun pengusaha-pengusaha bidang pertanian. 
 
"Janhan anggap remeh petani, dikelola petani, ke depan BNI program pemerintah membangun dari pinggiran. Harapan kami, KUR khusus bagi petani, kelompok disediakan oleh pemerintah melalui BNI. Hrapan bisa sinergi bekerja bersama-sama, bagaimana mengarahkan kelompok pemuda yang ada untuk bertani," tandasnya. 
 
Pula ditambahkan, agar bisa berjalan dengan baik, bunga akan disesuaikan lagi, khusus KUR, bisa memberikan dampak yang positif. Menyerap dana dari masyarakat, tetap bersama pemerintah tuk membangun daerah, sebagai putra daerah harapan bisa membanngun daerah. 
 
Kemudian Bank Mandiri Cabang Tahuna, oleh perwakilan yakni Rivo, menjelaskan, kalau Kepala Cabang Bank Mandiri Tahuna, tugas luar kota, ada kedit Bank Mandiri, 3 jenis 
kredit usaja mikro PNS, BMUN,  pegawai swasta, 5 jta-500 juta PNS SK Pegawai, waktu debitur 10 tahun, 0,5, persen, limit ASN bisa sampe 1 milyar. 
 
"Juga KUR, plafon Rp100 juta, 0,5 persen per tahun. Usaha kecil, Rp50 juta sampai 100 juta. Silahkan ajukan kredit, masyarakat yang mau kembangkan usaha," jelas dia. 
 
Kemudian Bank SulutGo (BSG) Cabang Tahuna, melalui utusan atau perwakilan, menyampaikan Kacab BSG Tahuna tugas luar, produk BSG Cabang Tahuna, sms banking, juga prioritas. 
 
"Bisa beli pulsa, tagihan PLN, transfer uang elektronik. Tabungan, ada anak-anaj, juga orangtua. Anak Paud TK, belum miliki KTP, setoran 5 ribu, berikut seribu rupiah, sisihkan biaya tuk anak-anak, kalau ingin menabung," ucapnya. 
 
Berikut dari PLN Cabang Tahuna, melalui utusan atau perwakilan, menjelaskan, kebutuhan listrik di Sangihe sebanyak10 ribu megawatt, tegangan, persiapan akhir tahun, pembangunan PLTS di kecamatan Tahuna. 
 
"Kami berusaha mengganti kabel, pergantian jaringan. Harapan masyarakat agar tidak menanam pohon dibawah jaringan listrik," terang dia. 
Juga ditambahkannya, Pulau Lipang dan Pulau Kawaluso, jaringan audah siap, Lipang pengadaan mesin. Pemasangan listrik 450 dan 900, termasuk kategori 3T, Tabut, nustab, Marore, Tatoareng. Kalau 450 watt, kategori masyarakat miskin. 
 
Kemudian dari PSPKP Tahuna, melalui utusan atau perwakilan, Junaidi Takapaha, menjelaskan pengawasan terhadap kapal-kapal asing, beberapa tahun terakhir kapal-kapal asing dari Filipina. Bulan lalu, 3 kapal asing Filipina, sudah limpahkan ke Kejaksaan. 
 
"Dalam pelaksaan Satu unit kapal kita miliki, sehinga lebih maksimal lagi," ucapnya.
 
Lalu Bank BRI Cabang Tahuna, melalui utusan atau perwakilan, mengatakan, mohon maaf pimpinan cabang BRI Tahuna belum sempat hadir. 
 
"Program mensejahterakan masyarakat, menampung sumber dana dari masyarakat dan salurkan melalui kredit. Petani nelayan, berikan modal, sebagai bank pemerintah, kita harus menggunakan dengan baik. KUR dengan bunga yang rendah," kata dia. 
 
Selanjutnya Pegadaian Tahuna, melalui utusan atau perwakilan, menjeskan, patut mohon maaf, hari Sabtu masih operasional, sebagai suatu kehormatan untuk bisa terundang d tempat ini.
 
"Berkoordinasi dengan pemerintah daerah, membawakan materi. Pegadaian tak melulu gadai emas, tapi juga bisa membantu masyarakat memberi kredit. Bunga yang relatif kecil, tabungan emas, gadai sertifikat, karyawan swasta atau tetap," jelasnya. 
 
(fad/bk-10) 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
30 Nov 2019 / dibaca 64 kali
TAHUNA (BK): Sebagai salah satu bentuk kepedulian bagi masyarakat, Babinsa Koramil 1301-04/Manganitu, terus bergotong royong bersama warga untuk...
Sangihe
30 Nov 2019 / dibaca 95 kali
TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan SangihebJabes Ezar Gaghana SE, bersama Asisten II Harry Wolf, mengunjungi kantor Kementrian Koodinator Bidang...
Sangihe
30 Nov 2019 / dibaca 62 kali
TAHUNA (BK): Kabupaten Kepulauan Sangihe menjadi satu-satunya kabupaten/kota yang menjadi perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menerima...
Sangihe
29 Nov 2019 / dibaca 84 kali
TAHUNA (BK): Guna menunjang pelaksanaan tugas dan tanggungjawab Tentara Nasional Indonesia (TNI), maka diperlukan juga pembinaan komunikasi...
Sangihe
29 Nov 2019 / dibaca 54 kali
TAHUNA (BK): Dalam rangka mendukung program pemerintah tentang jambanisasi bagi masyarakat kurang mampu serta menunjang kesehatan di lingkungan,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.