Sangihe

Serat Optik Palapa Ring Masuk Sangihe

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 05 June 2018 19:16   175 kali

TAHUNA (BK): Kepala Dinas  Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs Irklis Sombounaung mengatakan, serat optic palapa ring masuk Sangihe.

 

Palapa Ring merupakan proyek infakstruktur pembuatan serat optik (kabel bawah laut) di seluruh Indonesia dengan panjang kabel 3.600 Kilo Meter (KM), salah satu program pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kala untuk membangun dari pinggiran melalui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). 
 

 

"Kini pembuatan masuk ke wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Proyek infakstruktur pembagunan serat optik ini dilaksakan dalam tiga paket yaitu palapa ring barat, palapa ring tengah dan palapa ring timur sepanjang 3.600 kilometer (km) yang akan melewati kurang lebih 440 wilayah kabupaten/kota," jelasnya.

 

Sombonaung juga menambahkan,untuk Kabupaten Kepulauan Sangihe masuk dalam kategori palapa ring tengah. Dimana palapa ring tengah tersebut merupakan proyek paling besar yang meliputi Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.
 

 

"Kabupaten Sangihe sendiri masuk dalam kategori paket palapa ring tengah, yang secara khusus palapa ring tengah merupakan proyek palapa ring terbesar yang meliputi wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku yang memiliki total panjang serat kabel optik sekitar 2.995 KM dan akan menjangkau 27 wilayah Kabupaten Kota yang sebagian kondisi Teritorialnya masih belum layak secara ekonomi dan bukan merupakan area pembangunan Komersil," tandasnya. 
 

 

Sampai saat ini, tambah Sombounaung, untuk realisasinya mencapai 77,49 persen di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.
Lagipula serat optik tersebut sudah masuk ke wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan sementara dalam proses pelaksanaan.
 

 

"Saat ini pembuatan serat optik tersebut sudah berada di wilayah Sangihe, dan berharap dengan terlaksananya program ini, bisa membuat jaringan di Sangihe lebih baik seperti yang diharapkan oleh Masyarakat," pungkasnya.

 

(fad/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
12 Oct 2018 / dibaca 160 kali
TAHUNA (BK): Sidang Sinode BPL Kerukunan Gereja Masehi Protestan Indonesia (KGMPI) ke IV seluruh Indonesia, digelar di gedung Gereja Ahusu...
Sangihe
12 Oct 2018 / dibaca 113 kali
TAHUNA (BK): Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe Helmud Hontong SE menyerahkan secara simbolis penyaluran honorarim Kepala Lingkungan...
Sangihe
11 Oct 2018 / dibaca 100 kali
TAHUNA (BK): Setelah melalui proses penyelidikan oleh pihak penyidik Kepolisian Resor (Resor)  Kepulauan Sangihe, akhirnya OG alias Olga...
Sangihe
11 Oct 2018 / dibaca 105 kali
TAHUNA (BK): Bencana yang melanda Sulawesi Tengah (Sulteng) khususnya Palu, Sigi dan Donggala, membuat semua komponen bangsa merasa...
Sangihe
11 Oct 2018 / dibaca 101 kali
TAHUNA (BK): Pencairan Dana Desa (Dandes) tahun 2018 di Kabupaten Kepulauan Sangihe hingga saat ini belum full (sepenuhnya) terealisasi....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.