Sangihe

“Setiap Ruangan Kerja harus Ada Dispenser”

Pemkab Gelar HPSN 2019
Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 23 February 2019 09:30   113 kali
Bupati Kabupaten Sangihe, Jabes Gaghana

TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME mengatakan setiap ruangan kerja harus ada dispenser diisi air mineral. Tidak ada lagi air kemasan dari plastic di atas meja.

 

Hal tersebut dikatakan Bupati pada apel hari peduli sampah nasional (HPSN) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kelurahan Santiago  Kecamatan Tahuna, Kamis (21/2/2019) pagi. 

 

Ia menegaskan, setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) membawa tempat air minum sendiri dari bahan non plastik ke kantor. Kemudian setiap ruangan kerja wajib menyediakan dispenser. Sebab, sampah plastik sulit terurai dan berdampak negatif bagi kesehatan manusia. "Jadi semua ASN harus bawa tempat minuman masing-masing, tidak boleh ada air mineral botol atau yang air mineral jenis gelas plastik di setiap ruangan. Hal itu juga dapat diaplikasikan masyarakat," tegasnya.

 

Apel HPSN dihadiri Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, kepala perangkat daerah Pemkab, Camat Tahuna Barat, Lurah Santiago, ASN, tokoh agama, tokoh masyarakat.

 

Bupati bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Dalam sambutan ia mengatakan, hari peduli sampah nasional diperingati setiap tanggal dua 21 Februari sejak tahun 2006, dengan motivasi utama yakni untuk semakin baik dalam pengelolaan sampah sebagai upaya melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia. 

 

"Adapun maksud dan tujuan peringatan HPSN 2019 yakni membangun kesadaran bersama untuk kelembagaan hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah, Mendorong budaya bersih dan produktif di tengah masyarakat dengan dinamika dan partisipasi masyarakat sebagai modal sosial, Meningkatkan peran aktif dan langkah langkah pemerintah daerah serta masyarakat luas dalam pengelolaan sampah, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang permasalan dan solusi untuk mengatasi dimulai dari sumbernya serta membangun sinergitas atas upaya pemerintah daerah dan masyarakat juga dunia usaha dalam pengelolaan sampah," ucapnya.

 

Lanjut Bupati, HPSN 2019 mengangkat tema kelola sampah untuk hidup bersih sehat dan bernilai. Dan Pemkab Sangihe mengusung sub yakni partisipasi masyarakat modal sosial utama hidup bersih dan sehat dan bersih sampah di laut untuk kenyamanan masyarakat.

 

"Saya berharap dengan tema dan sub tema peringatan ini HPSN tahun 2019 ini, mari kita tingkatkan semangat kerja, kebersamaan dalam karya pelestarian lingkungan dan ekosistem melalui dukungan kesadaran dan pemberian diri secara ikhlas demi mengatasi masalah sampah di daerah yang kita cintai ini," tandasnya. 

 

(fad/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
09 Apr 2019 / dibaca 143 kali
TAHUNA (BK): Harga tarif tiket kapal cepat KM Majestik Kawanua diduga terlalu mahal. Pasalnya, tarif dengan pelayaran menempuh Pulau...
Sangihe
09 Apr 2019 / dibaca 83 kali
TAHUNA (BK): Menjelang menjelang Pemilu 17 April 2019 mendatang, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Sangihe mengucap ikrar...
Sangihe
08 Apr 2019 / dibaca 456 kali
TAHUNA (BK): Dilaporkan, sekitar empat bulan tunjangan kinerja guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sangihe belum...
Sangihe
08 Apr 2019 / dibaca 88 kali
TAHUNA (BK): Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Dr R Sigit Hardjanto SH MSi melaksanakan kunjungan kerja (kunker) sehari di wilayah...
Sangihe
06 Apr 2019 / dibaca 53 kali
TAHUNA (BK): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) melaksanakan kegiatan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.