Sangihe

Tamuntuan Tandatangani Pernyataan Dukungan Program Kemitraan BumDes Dalam Pemanfaatan Jaringan Telekomunikasi dan Informasi di Desa

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 27 July 2022 15:36   211 kali
Pj Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan melaksanakan penandatanganan Pernyataan Dukungan Program Kemitraan BumDes dalam pemanfaatan jaringan te
TAHUNA (BK) : Berbagai upaya masih dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe guna mendukung pengelolaan potensi yang dimiliki. Pelaksanaannya termasuk membuat terobosan yang dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan, yakni melaksanakan Penandatanganan Pernyataan Dukungan Program Kemitraan BumDes dalam Pemanfaatan Jaringan Telekomunikasi dan Informasi di Desa. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Badan Aksesbilitas Komunikasi dan Infromasi (BAKTI) Kementerian Kominfo RI, di Jakarta, Selasa (26/07/2022). 
 
 
Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Sarana dan Prasarana Ditjen PPDT Kemendes PDTT, Direktur Pengembangan Kelembagaan  Ekonomi Desa, Ditjen PEI Kemendes PDTT, serta Pejabat yang mendampingi Pj Bupati Kepulauan Sangihe yakni Kadis Kominfo Daerah dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Disamping itu, hadir pula secara virtual, Direktur Infotek Global Network, serta para Kapitalaung 3 desa/kampung dan Ketua Bumdes dari ketiga kampung. 
 
 
Program Kemitraan BumDes dilaksanakan untuk menjembatani kesejangan digital di Indonesia dengan melibatkan BumDes sehingga terjadi kemandirian dan keberlanjutan desa/kampung dalam pemanfaatan telekomunikasi dan informasi mengelola potensi wilayah berbasis digital untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. 
 
 
Manfaat program ini diantaranya : 
1. PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN TELEKOMUNIKASI DAN INFORMASI. Menjawab kebutuhan masyarakat akan hadirnya konektivitas internet yang stabil dan berkualitas. Masyarakat mendapatkan layanan internet untuk kepentingan pendidikan, kesehatan dan pengembangan usaha berbasis digital. 
2. UNIT USAHA BUMDES YANG MENGUNTUNGKAN. BumDes memiliki unit usaha baru bidang teknologi Informasi yang menguntungkan, sehingga akan berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan asli desa (PAD) untuk pembiayaan pembangunan di desa. 
3. PENYEDIAAN LAPANGAN KERJA. Membuka peluang ketersediaan lapangan pekerjaan di desa, sehingga akan mengurangi pengangguran dan urbanisasi angkatan kerja di desa. Memberikan kemudahan dalam peningkatan literasi digital di desa melalui pemanfaatan internet. Peningkatan ekonomi digital di desa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. 
 
 
Pelaksanaan program ini dilakukan pada 3 BumDes yang ada di 3 kampung, yakni Kampung Lenganeng, Kampung Pusunge dan Kampung Utaurano Kecamatan Tabukan Utara (Tabut), sebagai pilot project. Setelah penandatangan Pernyataan Dukungan Pemerintah, pada kesempatan tersebut juga, dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Tripartit dengan BumDes di Kabupaten Kepulauan Sangihe secara daring antara : 
1. Bakti –Internet Service Provider (Isp) PT Infotek Global Network (IGN) – BumDes Aldus (Kampung Pusunge) 
2. Bakti – Isp IGN – BumDes Manggesang (Kampung Utaurano) 
3. Bakti – Isp IGN – BumDes Puncak Anugrah (Kampung Lenganeng). 
 
 
Saat menyampaikan sambutannya, Pj Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan mengatakan, menyambut baik dan memberikan apresiasi dan dukungan penuh pelaksanaan program ini, dengan harapan program ini berjalan baik sesuai manfaatnya dan sustanible sampai pada BumDes lainnya, yang ada di wilayah Kepulauan Sangihe. 
 
 
"Disamping itu juga, diharapkan BAKTI Kominfo ataupun Kementerian terkait dapat memberikan fasilitas kegiatan Capacity Building di desa berupa Pelatihan, Workshop, Seminar terkait ekosistem digital desa, dalam dukungan keberlangsungan program ini. Terimakasih Kepada BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, yang sudah memfasilitasi pelaksanaan Program Kemitraan BumDes melalui Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi Badan Usaha, dan dukungan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, stakeholder dan pihak-pihak terkait," tuturnya. 
 
 
Selain melakukan penandatangan Pernyataan Dukungan Program Kemitraan BumDes, dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan juga, mengajukan Surat Permohonan Kepada Direktur Utama Bakti Kominfo, terkait Percepatan Pembangunan Tower Base Transceiver Station (BTS) di 10 titik/Kampung Blank Spot Wilayah Kepulauan Sangihe dan pengaktifan kembali akses internet dalam membantu pelayanan kesehatan menggunakan internet di 14 Puskesmas Induk Wilayah Kecamatan dan 10 Puskesmas Pembantu yang kondisi wilyahnya susah mengakses internet. 
 
 
"Harapan kami, ini segera dapat direalisasikan. Guna memperluas cakupan jaringan telekomunikasi dan akses internet di wilayah blank spot dan susah jaringan internet dalam mewujudkan program Pemerintah Pusat Menuju Indonesia Digital 2024," tambah Tamuntuan. 
 
(fad/bk-10)  
 
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
27 Jul 2022 / dibaca 212 kali
TAHUNA (BK) : Berbagai upaya masih dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe guna mendukung pengelolaan potensi yang dimiliki....
Sangihe
26 Jul 2022 / dibaca 209 kali
TAHUNA (BK) : Termasuk dalam wilayah binaannya, Serka Vanderwyn Benjamin Babinsa Koramil 1301-04/Manganitu melaksanakan kerja bakti, di SD YPK...
Sangihe
26 Jul 2022 / dibaca 199 kali
TAHUNA (BK) : Perhatian terhadap penanganan sejumlah wilayah pasca terdampak bencana alam beberapa waktu lalu, terus diperjuangkan Pemerintah...
Sangihe
26 Jul 2022 / dibaca 190 kali
TAHUNA (BK) : Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan, menghadiri Apel Kesiapsiagaan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Sulawesi...
Sangihe
25 Jul 2022 / dibaca 228 kali
TAHUNA (BK) : Kepedulian sosial terhadap warga binaan di wilayah tetap ditunjukkan oleh Serda Tri Wijiarto Babinsa Koramil 1301-04/Manganitu....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.