Sangihe

Tertimpa Batang Pohon, Opa Mars Tewas Mengenaskan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 12 February 2020 21:29   189 kali
TAHUNA (BK): Nasib apes menimpa seorang pria, bernama Mars Sasue, 63 tahun, warga Kampung Karatung I Kecamatan Manganitu, tewas mengenaskan. Pasalnya, pria yang berprofesi sebagai petani ini, diduga tertimpa batang pohon saat menebang pohon dengan menggunakan alat pemotong kayu sengsor. Peristiwa ini berlangsung di Kampung Karatung II Kecamatan Manganitu, Rabu (11/02/2020), sekitar pukul 13.00 Wita.     
 
Dari informasi yang diperoleh, menurut saksi Manuel Dumaili (54), warga Kampung Karatung Satu Kecamatan Manganitu, sekitar pukul 08.00 Wita, korban bersama saksi pergi menuju Ke Kampung Karatung Dua Lindongan 1 dengan maksud hendak melanjutkan pemotongan kayu (hoade) milik Keluarga Mare- Purnama. Sekitar pukul 12.00 Wita, saksi mengajak korban untuk makan siang,tetapi korban menolak ajakan makan siang dan menyampaikan kepada saksi bahwa, korban akan makan setelah selesai memotong kayu.    
 
Sekitar pukul 12.30 Wita, saksi kembali melanjutkan pemotongan pohon bersama dengan korban.
Pada saat Kejadian,antara saksi dan korban tidak saling melihat karena terhalang oleh batu. Pada saat itu korban sempat mengingatkan saksi untuk berhati-hati.
Sekitar pukul 13.00 Wita, tiba tiba pohon yang dipotong korban terguling ke arah posisi korban dan menimpa leher sampai punggung korban, dan batang pohon tersebut langsung terguling ke tebing.  
Menurut saksi, korban sempat menghindar di balik batu tetapi batang pohon terlebih dahulu menghantam korban.
Saksi mendekat ke arah korban dan mendapati korban dengan posisi berlutut. Kemudian saksi langsung memberikan pertolongan kepada korban dengan mengangkat bagian punggung belakang korban dan meletakan korban dalam posisi terlentang, dan pada saat itu korban sudah dalam keadaan meninggal dunia. 
 
Kemudian, saksi mencari pertolongan ke pemukiman warga yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari lokasi kejadian. Lalu saksi bersama masyarakat menuju ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban. Setibanya, saksi dan masyarakat membuat tandu untuk mengangkat korban serta melaksanakan doa di lokasi kejadian.  Korban dievakuasi menuju ke jalan raya di Kampung Karatung II, lalu ke rumah duka di Kampung Karatung I dengan menggunakan kendaraan ambulans dari Puskesmas Manganitu. Korban tiba di rumah duka dan tidak dibawa ke Puskesmas untuk melaksanakan outopsi, karena permintaan dari keluarga.   
 
Plh. Danramil 1301-04/Manganitu Dim 1301/Sangihe, Pelda Hendrik Makahanap membenarkan kejadian itu, tindakan yang diambil yakni memerintahkan Babinsa Serda Tri Wijiarto ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengevakuasi dan mencari data korban dan berkoordinasi dengan Polsek Manganitu serta aparat kampung Karatung I.  
 
Senada disampaikan Kapolres Kepulauan Sangihe AKBP Sudung Ferdinan Napitu SIK melalui Paur Humas Polres Kepulauan Sangihe Iptu Jakub Sedu yakni menurut keterangan dari Agustinus Sasue (42), selaku anak korban, warga yang sama, bahwa kejadian tersebut tidak dilaporkan ke pihak kepolisian dan tidak dibawa ke Puskesamas Manganitu untuk dilakukan pemeriksaan, karena oleh pihak keluarga telah menerima kejadian ini sebagai suatu musibah/kecelakaan  dan tidak mempermasalahkan.   
 
"Jenazah akan dimakamkan, Kamis (13/02/2020), sekitar pukul 14.00 Wita. Tindakan Polri yaitu berkoordinasi dengan pihak keluarga sehubungan dengan kejadian tersebut, dan melakukan pulbaket," kata dia.
 
(fad/bk-10)  
Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
25 Nov 2020 / dibaca 84 kali
TAHUNA (BK) : Dalam rangka mencegah penyebaran wabah virus corona atau covid 19, Babinsa Koramil 1301-02/Siau Kopda Aslan, rutin menyambangi...
Sangihe
25 Nov 2020 / dibaca 68 kali
TAHUNA (BK) : Turut peduli dengan pembangunan rumah tempat tinggal hamba Tuhan, Babinsa Koramil 1301-08/Tabteng Serda M Makatengkeng, bersama...
Sangihe
25 Nov 2020 / dibaca 75 kali
TAHUNA (BK) : Selalu dekat bersama masyarakat di wilayah binaanya, Serda Leonard Makitulung anggota Babinsa Koramil 1301-10/Marore tanpa ragu...
Sangihe
25 Nov 2020 / dibaca 53 kali
TAHUNA (BK) : Terjun langsung di wilayah guna menjalin keakraban dan kekompakan bersama warga binaan, Babinsa Koramil 1301-07/Tabut Serka Oth...
Sangihe
25 Nov 2020 / dibaca 82 kali
TAHUNA (BK) : Demi meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat, anggota Babinsa Koramil 1301-07/Tabut Serda Daud Laruanaung,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.