Sangihe

Tiap Bulan 60 Ton Ikan Dijual ke Surabaya

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 08 October 2019 21:54   112 kali

TAHUNA (BK): Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, Ernist Unas SPi MSi mengatakan, untuk proses pengolahan hasil tangkapan ikan laut di Perairan Laut Kepulauan Sangihe dan sekitarnya, tetap dioptimalkan pengelolaannya dengan menggunakan sarana dan prasarana penunjang yang sudah tersedia.


"Ikan laut yang diolah di Pelabuhan Perikanan Dagho, di wilayah Kampung Dagho Kecamatan Tamako, tetap berproduksi. Bahkan hasilnya sudah ada yang dijual ke Surabaya dengan menggunakan Kapal Tol Laut (KTL)," ucapnya, Selasa (8/10/2019).


Dijelaskannya, untuk produksi ikan hasil tangkapan tersebut, dimuat di KTL sebanyak 3-4 konteiner setiap bulannya, sesuai jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya.


"Tiap konteiner diperkirakan bisa memuat sebanyak 15 ton ikan laut. Bila dijumlahkan hingga 4 konteiner, maka diperkirakan sebanyak 60 ton ikan yang dijual ke Surabaya," jelas dia. 


Pula disampaikan, untuk ikan laut yang dijual ke Surabaya dengan KTL tentunya sesuai dengan permintaan pengusaha yang memesannya, secara keseluruhannya jenis ikan malalugis.


"Untuk tempat penampungan hasil tangkapan ikan laut di Pelabuhan Perikanan Dagho yakni pada bagian ABS memanf terbatas, karena hanya bisa menampung sebanyak 8 ton. Usai dari ABS tadi maka akan dimasukan ke coolstorage," tandasnya.


Dia juga menambahkan, terhadap kondisi ini, tentunya kalau ada nelayan yang akan membawa hasil tangkapan ikan laut ke Pelabuhan Perikanan Dagho, maka terlebih dahulu berkoordinasi, agar bisa dipastikan lebih dulu, ketersediaan tempat penyimpanan pada ABS tadi.


"Bisa saja pada ABS tersebut sudah full atau penuh. Jadi bisa ditelepon dulu sebelum dibawa ke Pelabuhan Perikanan Dagho," tambahnya.


(fad/bk-10)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
12 Nov 2019 / dibaca 77 kali
TAHUNA (BK): Atlet panjat tebing Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Gerry Cristian siap berlaga di Pekan...
Sangihe
12 Nov 2019 / dibaca 89 kali
TAHUNA (BK): Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME menjadi inspektur upacara (irup) pada memperingati Hari Pahlawan, di...
Sangihe
11 Nov 2019 / dibaca 66 kali
TAHUNA (BK): Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tahuna langsung menindaklanjuti Keluhan warga Kecamatan Tahuna Timur yang sudah beberapa hari...
Sangihe
11 Nov 2019 / dibaca 78 kali
TAHUNA (BK): Kondisi pelabuhan ferry yang ada di Pananaru Kecamatan Tamako, diduga sangat memprihatikan. Pasalnya, pelabuhan penyebrangan...
Sangihe
10 Nov 2019 / dibaca 60 kali
TAHUNA (BK): Warga di Kampung Pinebetengan Kecamatan Manganitu sempat dibuat heboh. Pasalnya, seorang pria, teridentifikasi berinisial AM (66),...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.