Sangihe

Tidak Sesuai Harga, Lelang SBW Ditunda

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 03 May 2019 18:54   112 kali

TAHUNA (BK): Lagi, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe melelang Sarang Burung Walet (SBW) asal Pulau Kahakitang dan Pulau Kalama Kecamatan Kepulauan Tatoareng sebesar 48,3 kg (bruto), di ruang serbaguna Kantor Bupati Kepulauan Sangihe, Senin (29/4/2019).

 

SBW dimaksud yakni dari Pulau Kahakitang sebanyak 2.3 kg dan Pulau Kalama sebanyak 46 kg. Namun, karena tidak bersesuaian harga ditetapkan pemerintah daerah (Pemda) yakni SBW Pulau Kahakitang senilai Rp7 juta per kilogram dan Pulau Kalama Rp8 juta per kilogram, sedangkan pembeli bertahan pada harga Rp3juta per kilogram, maka ketidakcocokan harga tersebut Pemda terpaksa menunda lelang SBW untuk sementara waktu.

 

"Lelang kita tunda dalam sementara waktu. Nanti kita buka kembali setelah ada penyesuaian harga yang lebih baik,"ungkap Assisten II Ekonomi Pembangunan, Ben Pilat.

 

Padahal, kata Pilat, Maret 2019 belum lama ini, harga lelang sangat maksimal bermain harga di atas Rp7 juta per kilogram untuk SBW Pulau Kahakitang dan Rp8 juta SBW Pulau Kalama per kilogram.

 

"Tetapi lelang kali ini harganya menurun drastis, berbeda dengan yang beberapa bulan lalu. Maka dengan itu kita lakukan penyimpanan selama dua hari sementara menunggu harga pasaran,"tandasnya.

 

Sementara itu, Camat Kepulauan Tatoareng, Nersal Tumbale mengatakan, untuk lelang kali ini berbeda dengan sebelumnya karena dua orang pembeli. Tetapi untuk lelang sekarang ini pembelinya hanya satu orang.

 

"Mungkin pembeli tersebut bertahan pada harga 3 juta per kg, tidak ada saingannya. Berbeda dengan bulan sebelumnya dua orang pembeli jadi mereka bersaing harga. Tetapi kita lihat dalam dua hari ke depan apakah ada pembeli sesuai dengan harga Rp7 juta dan Rp8 juta," kata dia. 
 

Kedua Kapitalaung dua kampong, Pulau Kalama dan Pulau Kahakitang senada mengatakan, sebenarnya jauh sebelumnya kesesuaian harga dan pembeli itu sudah ada negosiasi sebelum SBW dipanen.

 

"Heran lagi harga serendah itu, padahal harga SBW di Kalimatan bermain Rp14 juta per kg. Jadi tinggal menunggu satu dua hari ini bagaimana hasilnya, kalau tidak, tinggal pemda yang membijaki jalan keluar seperti apa," ucap Kapitalaung Pjs Kampung Pulau Kalama A Lahope.
 

Pula ditambahkan Kapitalaung Kampung Pulau Kahakitang B Patandra, kalau sampai belum ada pembeli,  jika diperbolehkan pihaknya sendiri yang akan menjual SBW tersebut. "Entah ke mana, Manado misalnya, asal ada pasaran yang pas, nanti kami yang setor bagian Pemda,"kata Patandra. Dia pula menambahkan, untuk panen SBW Pulau Kahakitang mengalami peningkatan.

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
16 Aug 2019 / dibaca 95 kali
TAHUNA (BK): Sebagai partai politik yang memiliki lima kursi dan suara terbanyak hasil pemilihan legislatif serentak 2019 di Dewan Perwakilan...
Sangihe
16 Aug 2019 / dibaca 92 kali
TAHUNA (BK):  Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sangihe, Novilius Tampi mengapresiasi pembangunan Gedung olahraga...
Sangihe
15 Aug 2019 / dibaca 79 kali
TAHUNA (BK): Berkaitan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke- 74, 78 narapidana di Lemabaga...
Sangihe
15 Aug 2019 / dibaca 89 kali
TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana SE ME, mengukuhkan 30 siswa-siswi yang tergabung dalam Paskibraka 2019, di ruang serbaguna...
Sangihe
15 Aug 2019 / dibaca 60 kali
TAHUNA (BK): Menjelang puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 74, pada Jumat (17/8/ 2019),...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.