Sangihe

Tiga Orang Tewas di Banjir Bandang Sangihe

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 03 January 2020 14:30   229 kali

TAHUNA (BK): Banjir bandang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Kepulauan Sangihe, sekitar pukul 05.00 pagi, Jumat (03/01/2020). Akibatnya, rumah rusak dan ada korban jiwa.

 

Dari informasi yang diperoleh, hujan deras yang berlangsung di Kabupaten Kepulauan Sangihe, berdampak pada bencana banjir di beberapa wilayah di antaranya Kampung Lebo Kecamatan Manganitu.

 

Sedikitnya, tiga orang meninggal, 1 orang hanyut karena banjir bandang, 2 orang tertimbun longsor, 6 dirujuk ke rumah sakit. Satu rumah hanyut, 4 unit Gereja 1 unit rusak ringan dan jumlah korban pengungsi sebanyak 80 KK. Pemerintah menyediakan empat dapur umum.

 

Peristiwa serupa juga berlangsung di Kampung Belengang Kecamatan Manganitu terdiri dari sebanyak 16 KK mengungsi dan sudah diungsikan ke gedung gereja.

 

Enam rumah rusak, satu rumah hanyut. Korban jiwa tak ada. Ada dua dapur umum yang disediakan.

 

Di Kampung Ulung Peliung Kecamatan Tamako, yakni korban mengungsi sebanyak 25 KK, 6 rumah hanyut, 1 jembatan putus, 174 KK terisolasi di 2 lindongan.

 

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Ir Rivo Pudihang mengatakan, pencarian korban yang tertimbun dam masih dilakukan dan pengobatan korban.

 

"Tim BPBD Kabupaten Kepulauan Sangihe bersama TNI-Polri, instansi terkait dan masyarakat masih terus berupaya melakukan pencarian. Korban yang terluka juga dilakukan pengobatan oleh tim medis," kata dia.

 

Ia menambahkan, penanganan yang dilakukan juga dianyaranya pemberian bantuan makanan siap saji dan kebutuhan pakaian, pembukaan akses jalan yang tertutup oleh longsor pada 4 titik serta pemberian penguatan kepada keluarga korban.

 

(fad/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
25 Jan 2020 / dibaca 61 kali
TAHUNA (BK): Anggota Koramil1301- 09/Tabukan Selatan, Babinsa Serda David Samau secara rutin dan berkesinambungan melaksanakan komunikasi sosial...
Sangihe
25 Jan 2020 / dibaca 53 kali
TAHUNA (BK): Babinsa Desa Bukide Serda Frets Dumais Koramil 1301-02/Siau ikut memantau dan mendampingi pelaksanaan Posyandu oleh Pukesmas...
Sangihe
25 Jan 2020 / dibaca 47 kali
TAHUNA (BK): Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI) John Wempie Wetipo memang sudah kembali ke...
Sangihe
25 Jan 2020 / dibaca 61 kali
TAHUNA (BK): Puluhan tahun, warga Kampung Dalokaweng Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara bergelut dengan keterisolasian akibat akses jalan yang...
Sangihe
25 Jan 2020 / dibaca 65 kali
TAHUNA (BK): Keputusan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) terkait penghapusan Tenaga Harian Lepas...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.