Sangihe

TNI-Polri Gelar Apel Gabungan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 16 October 2017 21:34   92 kali

TAHUNA (BK): Dalam rangka meningkatkan sinergitas dan menjaga keharmonisan Tentara Nasional Indonesia (TNI)-Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar apel gabungan, Senin (16/10/2017) sekitar pukul 08.00 Wita, di Lapangan Apel Makodim 1301/Satal.

 

Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) yakni Komandan Lanal (Danlanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Setiyo Widodo SE MSi, sedangkan Komandan upacara dijabat oleh Kapten Inf S Sasiang untuk Perwira upacara dijabat oleh Lettu Chb Wangka.

 

Turut hadir Kapolres Sangihe AKBP I Dewa Made Adyana SIK SH MH, Palaksa Lanal Tahuna Letkol Laut (KH) Sutarto Wilson SH MH, Pasprogar Lanal Tahuna Mayor Laut (KH) Totok Prasetidjo SIP MHan, Dandenpomal Lanal Tahuna Mayor Laut (PM) Hendartmo Budi Wibowo SPd,Pasintel Lanal Tahuna Mayor Laut (P) Hotma Maranata SH, Wakapolres Sangihe Kompol H O Bingku, Kasdim 1301/Satal Mayor Inf Sony B Saerang, Kabag Ops Polres Sangihe Kompol Johan D.

 

"Ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita semua dapat berkumpul untuk melaksanakan apel gabungan ini. Apel gabungan yang terselengara merupakan apel gabungan rutin yang dilaksanakan setiap bulan secara bergilir (Lanal Tahuna, Kodim 1301/Satal, Polres Sangihe)," ucap Irup Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Setiyo Widodo SE MSi.

 

Lebih lanjut disampaikan, TNI/Polri yang berada diperbatasan harus memegang teguh Sapta Marga untuk TNI, Tribrata untuk Polisi dan memegang teguh garis komando sesuai makanisme di satuan masing-masing.

 

"Tugas pokok kita adalah menjadi penjaga perbatasan yang sudah cukup sangat berat dikarenakan hampir 96% wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe merupakan lautan dan 4% daratan berupa gugusan kepulauan. Soliditas TNI/Polri harus tetap dijaga sehingga apa yang menjadi tugas pokok kita akan bisa dilaksanakan dengan baik. Saling tolong menolong dalan setiap kegiatan kemasyarakatan seperti halnya Opster yang dilakukan oleh TNI dibantu Polri," tambahnya.

 

Pula disampaikan, belum berakhirnya darurat militer yang ada di Marawi Philipina Selatan, membuat kita harus tetap waspada. Dalam hal ini Kodim 1301/Satal dan Polres Sangihe telah melakukan penebalan-penebalan dalam hal penambahan pasukan diperbatasan yang ditempatkan pulau-pulau terluar. TNI AL di Lanal Tahuna akan melaksanakan Operasi melalui laut sehingga penempatan personil di pulau-pulau tidak bisa dilaksanakan karena keterbatasan.

 

"Cegah dini dan Deteksi dini (Ceni&Deni) yang bersifat taktis bisa langsung disampaikan kepada pimpinan. Sehingga pimpinan bisa melakukan koordinasi lintas instansi untuk mengambil langkah-langkah antisipasi terhadap permasalahan yang ada. Kondisi stabil dan dinamis yang ada diperbatasan harus tetap dipertahankan. Kita (Lanal Tahuna, Kodim 1301/Satal dan Polres Sangihe) yang berbeda matra tetapi kita mempunyai tugas sesuai matra masing-masing. Oleh karena itu berbeda bukan berati tidak satu ibarat organ manusia satu sama lain harus saling mununjang itulah keindahan yang harus tetap kita jaga," pungkasnya.

 

(fad/bk-1)  

  

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
07 Feb 2018 / dibaca 107 kali
TAHUNA (BK): Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe Helmud Hontong SE melantik empat pejabat eselon IV, di ruang serbaguna kantor Bupati...
Sangihe
06 Feb 2018 / dibaca 62 kali
TAHUNA (BK): Topangan terhadap kemandirian wilayah-wilayah  diperhatikan penerapannya melalui tindaklanjut program pemerintah daerah...
Sangihe
06 Feb 2018 / dibaca 56 kali
TAHUNA (BK): Fiber optic segera masuk Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam kaitan membantu kelancaran aksesbilitas komunikasi dan informasi....
Sangihe
06 Feb 2018 / dibaca 73 kali
TAHUNA (BK): Guna memperlancar tahapan pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Sangihe, pemerintah daerah setempat mengupayakan agar...
Sangihe
05 Feb 2018 / dibaca 51 kali
TAHUNA (BK): Potensi yang dimiliki tiap wilayah masih bisa dikembangkan lebih luas lagi, yakni dengan memperhatikan aspek penguatan bersama...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.