Sangihe

Utaurano Jawara Kampung, Angges Jawara Kelurahan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 19 August 2019 20:49   346 kali

TAHUNA (BK): Prestasi berhasil diraih dua wilayah di Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan telah menerima penghargaan terhadap Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan serta Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), usai pelaksanaan upacara dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 74, tanggal 17 Agustus 2019, di Lapangan Gelora Santiago Tahuma, kawasan rumah jabatan Bupati Kepulauan Sangihe, Kelurahan Tona Dua Kecamatan Tahuna Timur.


Kedua wilayah dimaksud yakni, untuk kategori Hasil Evaluasi Perkembangan Desa sebagai jawara atau juara I diraih oleh Kampung Utaurano Kecamatan Tabukan Utara (Tabut), dan kategori Hasil Evaluasi Perkembangan Kelurahan sebagai jawara atau peringkat I yakni Kelurahan Angges Kecamatan Tahuna Barat.


Menurut Kapitalaung atau Kepala Desa Kampung Utaurano Kecamatan Tabut Herdyanto Takapulungan SE, keberhasilan meraih penghargaan dimaksud bukanlah hanya milik pemerintah kampung semata, namun juga milik seluruh publik atau masyarakat Kampung Utaurano.


"Di wilayah kami, telah dikembangkan potensi yang ada yakni pengelolaan lanang bango dan budidaya perikanan air tawar. Terobosan yang diterapkan, yakni sejak anjloknya harga kopra, maka bersama Bumdes dan masyarakat berembuk untuk mengelola potensi di kampung, termasuk lanang bango atau minyak kelapa lokal," ungkapnya kepada awak media, Sabtu (17/8/2019).


Dia juga menjelaskan, untuk produksi lanang bango selama seminggu diperkirakan bisa mencapai 100 botol berukuran sedang seperti botol aqua, dan upaya yang dilakukan saat ini yakni membuat kemasannya.


"Mudah-mudahan saat, Festival Pesona Sangihe, akan ada, dan sudah disiapkan dalam kemasan. Harganya kalau per botol, saat ini dijual Rp12.500, dan sudah ada yang dijual ke beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). Untuk kemasannya, bisa mencapai ukuran isinya 1,5 liter," jelasnya.


Ditambahkannya, selain mengelola lanang bango, juga pemerintah dan masyarakat di Kampung Utaurano menerapkan budidaya perikanan air tawar dengan cara memanfaatkan kolam drainase setempat.


"Drainase bisa dimanfaatkan dengan budidaya ikan air tawar, diantaranya nila, mas, bawal. Masyarakat tentunya ikut diberdayakan untuk mengelola," jelasnya.


Lanjut dia, Kampung Utaurano juga meraih juara II terhadap penilaian Evaluasi Perkembangan Desa di tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).


Sementara itu, secara terpisah, Lurah Angges Kecamatan Tahuna Barat, Meylani Tamalawe SSos, saat ditemui awak media, Senin (19/08/2019), di Kantor Bupati Kepulauan Sangihe, mengatakan, sangat bersyukur diberi kesempatan ikut lomba tingkat kabupaten, yakni meraih juara I Evaluasi Perkembangan Kelurahan.


"Ada prestasi yang diraih, semua karena kerja sama. Masyarakat sungguh luar biasa untuk membangun di Kelurahan Angges, yakni terus berupaya mengembangkan potensi di wilayah Angges," ucapnya.


Lebih lanjut disampaikannya, usai menerima penghargaan, bukan hanya berhenti sampai di sini, tapi memotivasi untuk berbuat dan berkarya bagi masyarakat. Lagipula penghargaan yang diterima, tentunya peran dari semua pihak, termasuk kelompok tani.


"Juga untuk memotivasi manfaatkan lahan dan untuk ekonomi masyarakat. Selain itu, pula dilaksanakan lomba kebersihan dan gentaharum. Dimana lomba ini masih berlanjut di tiap RT, dan juga dibuat di jemaat. Ini merupakan program tahunan, program paling prioritas," tandasnya.


Ditambahkannya, tahun 2018 lalu, memang masih dilakukan pendekatan, termasuk masyarakat yang ada di pinggiran sungai.
"Memulai dengan gertaharum, tentu dampaknya luar biasa bagi masyarakat di Angges," tambahnya.


(fad/bk-10)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
19 Jun 2021 / dibaca 77 kali
TAHUNA (BK) : Guna mengoptimalkan komunikasi sosial (Komsos) di wilayah untuk mencapai hasil yang optimal, Serka Ridatson M Babinsa Koramil...
Sangihe
19 Jun 2021 / dibaca 90 kali
SITARO (BK) : Operasi Yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan (Prokes) terus dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di...
Sangihe
19 Jun 2021 / dibaca 85 kali
TAHUNA (BK) : Menjaga kebersihan lingkungan dan akses jalan guna menunjang segala aspek kehidupan di masyarakat, Babinsa Koramil...
Sangihe
19 Jun 2021 / dibaca 85 kali
TAHUNA (BK) : Guna memperkuat ketahanan wilayah di Perbatasan RI-Filipina, personil Babinsa Koramil 1301-10/Marore terus menjalin komunikasi...
Sangihe
19 Jun 2021 / dibaca 59 kali
TAHUNA (BK) : Dalam rangka menjaga dan merawat kebersihan sarana olah raga agar dapat digunakan oleh masyarakat di wilayah binaannya, personil...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.