Sangihe

Wabup Irup Hari Otda ke- 23

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 27 April 2019 07:31   137 kali

TAHUNA (BK): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daera (Otda) ke 23, di rumah jabatan Bupati, Kamis. (23/04/2019).

 

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME, para Asisten, Staf Ahli dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kepulauan Sangihe. 

 

Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE yang menjadi Inspektur Upacara (Irup), membacakan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri),  mengatakan, hari ini dapat melaksanakan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke 23 yang bertema meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui yang kreatif dan inovatif.

 

"Tema ini merupakan deskripsi dari eksistensi masyarakat kepada pemerintah meningkatkan SDM dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan. Perjalanan Otonomi Daerah pasca reformasi ditetapkan pada kemajuan yang telah dicapai. Untuk memajukan daerah, dimana masyarakat didorong dan diberikan kesempatan yang luas mengembangkan kreativitas," kata dia. 

 

Lebih lanjut disampaikan dia, terwujudnya kesehahteraan masyarakat melalui pelayanan serta partisipasi aktif. Pula Otonomi Daerah mampu meningkatkan daya saing dan memperhatikan pemerataan, keadilan, keistimewaan, serta potensi keanekaragaman daerah. 

 

"Otonomi Daerah telah mendorong budaya demokrasi dikehidupan masyarakat, juga mampu memberikan nuansa baru dalam sistem pemerintah daerah. Mampu menumbuhkembangkan kebebasan berkumpul, berserikat serta menumbuhkembangkan pikiran secara terbuka seluruh masyarakat, maka masyarakat dapat berpartisipasi secara kultur," jelasnya. 
 

Dia juga menambahkan, dengan netralisasi yang berjalan selama ini maka kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat, menjadi tindakan efisien dan desponsif melalui kebijakan pemerintahan daerah. 

 

"Dalam penyelenggaraan Otonomi Daerah, tidak dapat menganggap masyarakat sebagai konsumen pelayan publik. Tapi dituntut untuk memperlakukan masyarakat termasuk meningkatkan kualitas SDM.Untuk itu semua ASN harus memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik. Sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi di Provinsi dan Kabupaten/Kota," tambahnya.

 

(fad/bk-1)

Komentar ()
Berita Sangihe
Sangihe
05 Dec 2019 / dibaca 69 kali
TAHUNA (BK): Sebagai salah satu wujud kepedulian bagi warga, Babinsa Koramil 1301-04/Manganitu, Sertu Vanderwyn Benjamin membantu pengecoran...
Sangihe
04 Dec 2019 / dibaca 86 kali
TAHUNA (BK): Proses pelatihan Resimen Mahasiswa (Menwa) Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) yang dilaksanakan Kodim 1301/Sangihe memasuki...
Sangihe
04 Dec 2019 / dibaca 79 kali
TAHUNA (BK): Menjelang perayaan Hari Natal 25 Desember 2019, Babinsa Koramil 1301-07/Tabut Serda Rofik Efendi melaksanakan anjangsana dan...
Sangihe
04 Dec 2019 / dibaca 142 kali
TAHUNA (BK): Memasuki hari kedua penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Sulawesi Utara (Sulut) di Kota Bitung, kontingen Kabupaten...
Sangihe
04 Dec 2019 / dibaca 79 kali
TAHUNA (BK)-Babinsa Koramil 1301-02/Siau Serka Eldad Sondole, melaksanakan karya bakti  pembersihan selokan dan badan jalan sepanjang 80...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.