Sepakbola

Gol Sundulan Runtukahu, Sekelas Gol 'Flying Dutchman' Van Persie di Piala Dunia 2014

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 03 July 2019 16:01   172 kali
PELATIH Herry Kiswanto bersama Eksel Runtukahu saat jumpa pers, usai laga melawan Mitra Kukar. (foto : acha)
MANADO (BK) : Eksel Runtukahu menjadi penentu kemenangan 2-1 Sulut United saat berhadapan dengan Mitra Kukar Kalimantan Timur di Stadion Klabat Manado, Selasa (2/7/2019).
 
 
Golnya di menit ke 91, menghindarkan Sulut United dari hasil imbang, mengingat pelatih Herry Kiswanto menargetkan seluruh pertandingan kandang dengan kemenangan. 3 poin penuh berhasil dicapai berkat gol indah itu.
 
 
Saat jumpa pers seusai pertandingan, Herkis sapaan akrab pelatih sarat pengalaman itu mengatakan gol Eksel sangat berkelas. Gol tersebut juga melalui skema penyerangan yang apik.
 
 
“Golnya sangat berkelas,” ucap Herkis.
 
 
Gol sundulan Eksel Runtukahu sambil terbang mengingatkan kepada striker Timnas Belanda Robin Van Persie. Aksi sundulan terbang Van Persie ke gawang Spanyol pada partai perdana Grub B Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Arena Fonte Nova, Brasil, sangat mirip.
 
 
Pada menit ke 44, Daley Blind mengirimkan crossing jauh dari pinggir kiri lapangan dengan bola melayang menuju kotak penalti di mana Van Persie menanti. Secara tidak diduga, kapten Oranje itu langsung terbang dan menanduknya.
 
Aksi sundulan terbang Van Persie ke gawang Spanyol pada partai perdana Grub B Piala Dunia 2014. (goal.com)
 
 
Bola lantas meluncur di atas kepala Iker Casillas dan mengoyak gawang Spanyol. Gol itu menjadi gol penyeimbang karena pertengahan babak pertama Xabi Alonzo membawa Spanyol unggul melalui sepakan pinalti. Pada pertandingan itu, Belanda kemudian menghancurkan juara Piala Dunia 2010 dengan skor mencolok 5-1.
 
 
Kembali lagi, gol Eksel Runtukahu juga nyaris mirip dengan Van Persie. Sulut United yang berada di bawah tekanan harus menang di laga kandang, terus melancarkan serangan ke jantung pertahanan Mitra Kukar, meski sudah memasuki waktu injury time.
 
 
Dengan proses yang nyaris sama, tepat di menit ke 91, Ohorella mengirimkan crossing jauh dari pinggir kanan lapangan ke dalam area kotak pinalti. Meski mendapat pengawalan ketat bek lawan, Eksel berlari mengejar dan kemudian terbang untuk menyundul bola.
 
Aksi Eksel Runtukahu menjebol gawang Mitra Kukar dengan gaya menyerupai Robin Van Persie. (dok)
 
 
Bedanya, jika Van Persie menyundul lurus ke arah gawang, Eksel melakukannya dengan agak menyamping. Sundulan Eksel lalu meluncur ke pojok kiri gawang yang dikawal Gerry Mandagi. Gerry bahkan hanya bergerak sedikit lalu menatap bola yang menggetarkan jala gawang.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Sepakbola
Sepakbola
07 Jul 2019 / dibaca 120 kali
MANADO (BK) : Sulut United meraih 3 poin penuh usai mengalahkan Persiba Balikpapan 2-0 di Stadion Klabat Manado, Minggu (7/7/2019). Dua gol...
Sepakbola
07 Jul 2019 / dibaca 117 kali
MANADO (BK) : Sulut United memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di babak kedua. Gol lahir dari tendangan penalti striker Martinus Novianto di...
Sepakbola
07 Jul 2019 / dibaca 123 kali
MANADO (BK) : Sulut United sementara unggul 1-0 atas Persiba Balikpapan, dalam lanjutan Liga 2 2019 di Stadion Klabat Manado, Minggu...
Sepakbola
06 Jul 2019 / dibaca 122 kali
MANADO (BK) : Persiba Balikpapan membawa misi mencuri poin di kandang Sulut United, Stadion Klabat Manado, Minggu (7/7/2019) esok sore....
Sepakbola
05 Jul 2019 / dibaca 186 kali
MANADO (BK) : Pekan ke 4 Liga 2 2019, Sulut United akan menghadapi Persiba Balikpapan di Stadion Klabat Manado, Minggu (7/7/2019). Sulut...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.